bagian 2_bab8

Bagian 2

Kehidupan Yesus dan Muhammad

Bab 8
Hari-Hari Terakhir

  • Muhammad: Tiga tahun terakhir hidupnya

  • Usia: 60 sampai 63

  • Yesus: Bulan-bulan terakhir hidupNya

  • Usia: 35 sampai 36

Saat mendekati akhir hidupnya, baik Yesus dan Muhammad ada dalam posisi puncak pengaruhnya. Dalam bab ini anda akan lihat :

  • Dalam kejayaan mereka memasuki kota yang pernah menolak mereka
  • Instruksi final bagi para pengikut
  • Bagaimana keduanya meninggal

MUHAMMAD KEMBALI KE MEKAH

Delapan tahun setelah berimigrasi ke Madinah, Muhammad telah mencapai level kekuasaan yang baru. Dia memiliki sepuluh ribu pasukan waktu itu, diperintahkan oleh empat pemimpin divisi dan dirinya sendiri.1 bertahun-tahun sebelumnya, saat orang mengolok-oloknya di pasar di Mekah, Muhammad telah memperingatkan mereka, ‘Hai orang-orang Mekah, aku bersumpah didalam nama Allah aku akan datang sebagai pembantai.’2 Ia sekarang siap untuk beraksi sesuai kata-kata itu.

Saat tentara Muhammad bergerak, gurun menjadi hitam oleh kuda dan orang. Kota Mekah mengirim pengintai, termasuk Abu Sufyan, pemimpin karavan yang Muhammad coba serang serang saat ia pertama kali meninggalkan Mekah. Orang ini tertangkap dan ia berdiri di belakang Muhammad, memilih mualaf untuk keselamatan dirinya. Untuk menyelamatkan harga diri pemimpin ini, Muhammad berkata selama penyerangan, muslim akan melindungi siapapun yang berlindung di rumah orang ini. Ia mengirim orang ke Mekah dengan berita ini : siapa yang masuk rumah Abu Sufyan akan aman, siapa yang menutup pintu rumahnya sendiri akan aman dan siapa yang memasuki masjid akan aman’. Saat orang Mekah mendengar hal ini mereka membubarkan diri ke rumahnya dan ke mesjid.3

Saat ia akan memasuki kota, Muhammad memanggil pejuang Ansar untuk menemuinya. Pejuang Ansar ialah mualaf dari Madinah bukan Mekah. Saat mereka mengelilinginya, Muhammad berkata,’apakah kamu lihat tentara Quraish (dari Mekah)?’ ia membuat gerakan tangan dan memerintahkan, ‘pergi dan bantai mereka..’ Bahasa Arab untuk pembantaian ialah gambaran petani mengambil hasil panen dengan sabit. Dnegan kata lain, Muhammad berkata pada mereka ‘potong kepala mereka dari tubuhnya seperti kamu memotong buah dari dahan pohon.’4

Alasan Muhammad memilih Ansar untuk tugas ini ialah, karena Muslim yang berasal dari Mekah mungkin akan ragu membunuh orang dari sukunya dan mantan tetangganya.

Saat prajurit memasuki kota dengan menunggang kuda, beberapa perempuan berlalri keluar dan secara histeris mulai memukul kuda dengan tangannya, memohon prajurit tidak membunuh mereka dan anak-anak mereka. Bayangkan situasi ini! Orang-orang ketakutan dan depresi.5 Mekah hanya menepatkan sedikit pertahanan tentara, dan Muhammad secara mudah mengambil alih.

Divisi Muhammad membawa bendera khusus. Bertulisan hitam dalam 1 kata bahasa arab: Penghukuman.6

Muhammad mengambil alih Kabah
Muhammad menunggangi kudanya melalui jalan-jalan di Mekah sementara orang diam di rumahnya. Ia memasuki Kabah, mencium Batu Hitam, dan mulai berjalan mengelilinginya. Saat ia medekati sebuah patung yang dekat Batu Hitam, ia menusuknya dimata dengan busur yang ada ditanganya. Stelah doa siang, hari yang sama, Muhammad memerintahkan semua berhala di sekitar Kabah dikumpulkan, dibakar dalam api, dan dihancurkan.7 Muslim sekarang akan merawat Kabah (Surah 9:18).

YESUS KEMBALI KE YERUSALEM

Memasuki bulan-bulan terakhir pelayanannya, Yesus juga berada pada puncak pengaruh dan populeritasNya. Pada saat yang sama, Ia memperingatkan muridNya bahwa ia akan dibunuh saat ia tiba di Yerusalem.

Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.

Matius 16:21; lihat juga Lukas 13:31-35

Maka hati murid-murid-Nya itu pun sedih sekali.

Matius 17:23

Meskipun para murid protes, Yesus terus berjalan ke Yerusalem untuk menghadiri hari raya Paskah. Saat ia tiba di kota, Ia membuat cara masukNya dengan cara yang mengejutkan.

Ia meminta muridNya untuk menemukan Keledai muda untukNya, dan Yesus menunggangi itu masuk ke koya. Saat Ia dalam perjalanan, barisan orang banyak memenuhi jalan. Beberapa orang melemparkan jubahnya di jalan di depanNya, sementara yang lain memotong ranting pohon dan menyebarnya di jalan. Mereka riuh memuji Tuhan, dan seluruh kota Yerusalem bergelora (Luk 19:28-44; Mat21:1-11)

Yesus menangisi Yerusalem

Saat Yesus mendekati Yerusalem dan melihat kota itu, Ia menangis, karena Ia tahu masa depan Yerusalem. Ia meratap: Wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! Tetapi sekarang hal itu tersembunyi bagi matamu. Sebab akan datang harinya, bahwa musuhmu akan mengelilingi engkau dengan kubu, lalu mengepung engkau dan menghimpit engkau dari segala jurusan, dan mereka akan membinasakan engkau beserta dengan pendudukmu dan pada tembokmu mereka tidak akan membiarkan satu batu pun tinggal terletak di atas batu yang lain, karena engkau tidak mengetahui saat, bilamana Allah melawat engkau.’

Lukas 19:41-44; lihat juga Matius 23:37-39; Lukas 13:34-35

Nubuatan Yesus terpenuhi kurang dari empat puluh tahun, pada 70 M Jendral Romawi Titus menaklukan dan menghancurkan Yerusalem serta membakar bait suci hingga rata dengan tanah.

Jadi kita telah melihat baik Yesus dan Muhammad di akhir hidupnya memasuki kota yang menjadi pusat kehidupan spiritual dari masyarakatnya. Muhammad kembali sebagai seorang penakluk dan Yesus sebagaimana kita akan lihat, sebagai korban. Pada bagian akhir kita akan lihat bagaimana kedua pemimpin ini meninggal dan apa yang mereka berikan sebagai pesan terakhir kepada pengikutnya.

BANGSA ARAB TUNDUK

Setelah penaklukan Mekah, bangsa dari seluruh tanah Arab yang belum diserang oleh Muhammad mengirim pembawa pesan pada Muhammad berkata,’Kami tunduk padamu’. Sejarah Islam mencatat empatpuluh delapan kelompok berbeda tunduk pada Muhammad tahun itu (9 H). Hanya ada sedikit kantong-kantong perlawanan di Arab, yang Muhammad sukses tundukan.8 Orang-Orang yang ditaklukan wajib membayar zakat, pajak 2,5% dari penghasilan seseorang.

Muhammad mengirim surat kepada pemimpin luar negeri

Sekarang Muhammad telah menaklukan Arab, ia menghubungi penguasa negara diluar Arab dan memanggil mereka menerima Islam dan aturan Islam. Ia mengirim surat resmi dengan segel pribadi ke (1)Kaisar Roma, (2) Raja Iran, (3)Raja Ethiopia, (4)Gubernur Romawi di Mesir, (5) Raja Oman, (6) Raja Bahrain, (7) Raja Syria, (8) Raja Yaman.9 Surat ini memperingatkan penguasa untuk tunduk pada Islam atau merasakan konsekwensinya. Contohnya ialah surat ke Kaisar Roma yang berisi:

Dari : Muhammad, Rasul Allah
Ke: Herocles, Peguasa Roma

Masuklah Islam dan kamu akan selamat. Dan jika kamu menolak tawaranku, kamu bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada dirimu dan rakyatmu.10

Muhammad menggunakan kata selamat yang berarti selamat dari tentaranya, bukan berarti terhindar dari murka Tuhan di hari penghakiman

Ingat duabelas pemimpin yang Muhammad pilih sebelumnya? Sebagian besar mereka sekarang memimpin penyerangan melawan mereka yang menolak tunduk pada otoritas Islam.

Pewahyuan baru tentang Jihad
Pada situasi ini, Muhammad menyampaikan wahyu baru mengenai perlakuan kepada kafir (non-Islam). Ini tercatat di surah 9. mari lihat dua ayatnya :
Mengenai Mushrikun, atau penyembah berhala, wahyu itu berbunyi:

Maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. Kepunglah mereka dan intailah di tempat pengintaian. Jika mereka bertobat dan mendirikan salat (doa) dan menunaikan zakat (pajak derma), maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan.

Surah 9:5

Jadi wahyu memerintahkan muslim memerangi penyembah berhala sampai mereka masuk Islam. Wahyu yang mirip diberikan menyangkut Yahudi dan Kristen dengan satu perbedaan penting.

Perangilah orang-orang yang(1) tidak beriman kepada Allah (2) dan tidak (pula) kepada hari kemudian (3)dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya (4) dan tidak beragama dengan agama yang benar (Islam), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka (Yahudi dan Kristen), sampai mereka membayar jizyah (pajak) dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.

Surah9:29

Muslim dapat memberikan Yahudi dan Kristen tiga opsi:

  1. Masuk Islam
  2. Tetap Yahudi atau Kristen tapi membayar pajak khusus (Jiyah), yang biasanya dikumpulkan tiap tahun,
  3. bersiap diserang.

Muhammad mengangkat gubernur (disebut amir) untuk memerintah atas semua orang, suku dan wilayah yang menerima otoritas Islam (9H).

KOTBAH TERAKHIR MUHAMMAD DI BUKIT ARAFAT

Sekarang ia telah menguasai Mekah, Muhammad memanggil semua muslim untuk berpartisipasi dalam Haji besar, yyang adalah ibadah ziarah tahunan ke Kabah untuk menyembah Allah (Surah 3:97). Ia menghabiskan waktu setahun membuat persiapan peristiwa besar ini, mengirim pembawa pesan ke seluruh bagian Arab mengatakan orang agar datang. Titik puncak dari pertemuan besar ini ialah saat Muhammad berdiri di bukit Arafat dan mengajarkan kotbah terakhir yang dicatat, di kelilingi lebih dari seratus ribu Muslim.11 Ini sangat di kenal sebagai Kotbah di bukit Arafat.

Ini adalah teks apa yang Muhammad katakan seperti yang tercatat dalam sejarah Islam:

Hari ini agamamu telah disempurnakan. Dan kebaikan Tuhan dipenuhi dalam hidupmu. Dan aku bersaksi Islam adalah agamamu. Hai umat Muslim, kamu dilarang menumpahkan darah diantara kalian atau mencuri dari seorang dan lainnya atau mengambil keuntungan satu sama lain atau mengambil wanita atau istri sesama Musli.
Setelah hari ini tidak ada lagi dua agama di Arab. Aku diturunkan oleh Allah dengan pedang ditanganku, dan kekayaanku akan datang dari bayang pedang ini. Dan orang yang tidak setuju dengan aku akan di buat malu dan dianiaya.12

Kotbah ini mempunyai dua bagian: bagian pertama mengatur bagaimana muslim berhubungan sesamanya, contohnya tidak boleh membunuh atau mencuri istri sesamanya. Bagian kedua mengajarkan mereka bagaimana berhubungan dengan non-Muslim. Muhammad menyatakan Allah mengirimkan dirinya sebuah pedang dan kekayaannya akan datang dari itu. Ia menjanjikan penhinaan dan aniaya bagi siapa yang membantaj dirinya. (kotbah ini kontras sekali dengan Kotbah Yesus di Bukit, dimana Yesus berkata: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. [Mat 5:44].)

KEMATIAN MUHAMMAD

Sebelas tahun stelah perpindahannya dari Mekah ke Madinah, Muhammad menjadi sakit dengan demam yang ia derita bertahun-tahun. Kali ini sakitnya sangat serius.

Menurut sejarah Islam, Muhammad menyalahkan demamnya pada percobaan meracuni dirinya stelah ia menaklukan perkampungan Yahudi Kaybar empat tahun sebelumnya. Ia setuju mengampuni hidup orang yang tersisa jika mereka memberikan semua hartanya bagi dirinya. Pada saat itu, seorang wanita Yahudi bernama Zainab menyiapkan makan bagi Muhammad (ingat, Yahudi memiliki hubungan dengan Muhammad bertahun-tahun sebelum ia memutuskan menaklukan mereka).

Zainab menyiapkan domba (atau kambing) di bakar. Ia mengetahui Muhammad suka pada daging bagian bahu, jadi ia menaruh Racun lebih di sana. Tapi ia meracuni seluruh bagian daging juga. Ia membawa keluar daging itu dan menyajikannya pada Muhammad dan temannya. Muhammad mengambil bagian dari bahu dan mulai memakannya, tapi ia merasakan ada rasa yang aneh dari dagingnya. Ia mengeluarkan itu dari mulutnya dan membuangnya. Tapi temannya menyukai daging itu dan memakannya. Ia kemudian meninggal terkena racun.

Muhammad bertanya pada Zainab apa yang telah ia lakukan. Ia menjawab ‘ kamu tau apa yang telah kamu lakukan pada rakyatku. Aku berkata pada diri sendiri, ‘jika ia adalah Raja aku akan memudahkan diri darinya dan jika ia adalag nabi ia akan mengetahui (apa yang telah aku lakukan).’ karena jawaban ini, Muhammad mengampuni nyawanya.

Bagaimanapun, Muhammad percaya racun yang ia makan meyusahkan dirinya selama sisa hidupnya, pada saat sakitnya yang terakhir sebelum ia meninggal, adik dari orang yang meninggal karena racun daging itu mengunjunginya, Muhammad berkata padanya, ‘O Umm Bishr, apa yang kau lihat sekarang (sakitku) ialah hasil dari apa yang aku makan dari domba yang aku makan bersama saudaramu.’13 Selama sakit kronisnya, Muhammad menderita demam dan nyeri selama duapuluh hari dan dirawat di rumah istrinya Aisyah, yang kini berusia delapan belas tahun. Saat ia menjadi begitu sakit untuk memimpin doa, ia memerintahkan pengikut terpercayanya untuk melakukan tugas ini. Saat ia menghembuskan nafas terakhir, ia merebahkan kepalanya di pangkuan Aisyah dan meninggal. 14 Muhammad dikubur di Madinah dan peziarah masih mengunjungi makamnya hari ini.

YESUS MATI

Kisah kematian Yesus sangat berbeda dengan Muhammad, mari kita lihat apa yang terjadi.

Yesus pergi ke Yerusalem untuk merayakan Paskah. Kepala Farisi dan Ahli taurat mencari cara menyingkirkannya, tapi mereka takut melawanNya karena orang mengasihiNya. Peluang mereka datang melalui Yudas murid Yesus, yang sukarela membawa mereka pada Yesus dengan imbalan sejumlah uang.

Setelah makan bersama dengan murid-muridNya, Yesus pergi ke bukit Zaitun untuk berdoa, seperti kebiasaanNya. Yudas membawa sekumpulan orang ke bukit untuk menangkap Yesus. Mereka membawa Ia ke rumah Imam kepala dan saat subuh pemuka agama menanyai Dia. ‘apakah kamu Anak Tuhan?’ mereka bertanya.

‘kamu mengatakan hal benar mengenai Aku’ ia menjawab. Itu jelas adalah penghujatam atas hukum Yahudi. Mereka membawanya ke Pilatus, gubernur yang ditunjuk oleh Roma. Pilatus memutuskan Yesus tidak melakukan kesalahan yang layak mendapatkan hukuman mati. Jadi Pilatus mengembalikan nasib Yesus kepada mereka. Mereka membawa Dia melalui sebuat jalan ke bukit Golgota atau bukit Tengkorak. Di sana Yesus dibaringkan di salib kayu, pancang dipakukan di kaki dan tanganNya pada salib. Dan salib di dirikan di sebuah lobang di tanah. Dan orang menantikan Yesus mati. Beberapa wanita yang telah mengikuti Yesus berdiri memperhatikan.

Saat itu siang hari, tapi langit menjadi gelap selama tiga jam, dan Yesus berseru nyaring ‘ ‘Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.’ Dan Ia meninggal

Lukas 23:46

Batu penjuru iman Kristen ialah yang terjadi pada Yesus stelah Ia mati. Anggota dewan Yahudi yang menentang penyaliban Yesus menerima Izin untuk menurunkan tubuhNya dari salib. Dia membungkusnya dengan kain linen putih dan menempatkannya di makam yang baru. Wanita-wanita yang mengikuti Yesus melihat dimana tubuh itu terbaring. Mereka pergi memperispakan rempah rempah dan parfum untuk meminyaki tubuh itu. Mereka tidak bisa kembali hari berikutnya karena itu hari Sabbath dan menurut hukum Yahudi, mereka berdiam.

Satu hari stelah Sabbath, pagi hari sekali, para wanita kembali ke kubur, dan menemukan batu terguling jauh dari pintu masuk dan tidak ada tubuh di dalamnya. Dua malaikat muncul di depan merak dan berkata, ‘Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit.’ (Lukas 24:5-6). Para wanita itu berlari kembali ke para murid menceritakan apa yang mereka lihat.

Injil mencatat beberapa penampakan Yesus ke murid-murid dan pengikutNya stelah kebangkitanNya.

PESAN TERAKHIR YESUS BAGI PENGIKUTNYA

Pesan Yesus terakhir fokus menjelaskan kebangkitanNya dan menguatkan murid-muridNya untuk menyebarkan pesan itu,

Ia berkata pada mereka: Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Lukas 24:46-47

Lalu Yesus menjanjikan untuk menolong pengikutNya dengan mengirimkan kekuatan penolong. Orang Kristen percaya ini adalah Roh Kudus, yang digambarkan dalam Kisah Para Rasul 2.  Setelah ini Yesus diangkat ke surga dan tidak tampil lagi di depan pengikutNya.

KESIMPULAN

Dalam lima bab anda telah berjalan dalam kehidupan Yesus dan Muhammad berdampingan. Anda telah mengalami bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka dan mengejar tujuan mereka. Ini memberikan anda kerangka yang akan anda butuhkan untuk mengerti apa yang mereka ajarkan. Pengajaran mereka akan menjadi subjek bagian kedua buku ini.

Anda akan memiliki kesempatan untuk membandingkan pengajaran mereka dalam poin kunci berikut :

  • pesan mereka ke dunia
  • pengajaran mereka tentang sesama
  • kesembuhan dan mukzizat
  • arti perang suci
  • kasih
  • doa
  • wanita

Sebelum bab topik-topik ini, saya meletakan alur waktu yang memuat kejadian pokok dalam hidup Yesus dan Muhammad. Alur waktu ini akan menolong anda mengulang biografi yang anda baru baca dan mengerti pengajaran pada bab berikutnya.

Bab 9

Alur Waktu