Diskusi tentang KETUHANAN YESUS bersama saudara Roberto dari Nias

  1. roberto Said:

    on April 11, 2011 at 2:15 pm · Sunting

    puji tuhan
    dalam agama kristen, disebutkan bahwa yesus disalib dibukit golgota bersama penyamun dan perampok…….
    yesus mengatakan .” eloy…..lamma ..sabakhtani” bapak mengapa kau tinggalkanku…
    pertanyaan saya … siapakah bapak yesus…… Apakah ALLAH swt atau yusuf tukang kayu . yang waktu itu bersama bunda MARIA DAN MAGDALENA MENYAKSIKAN PENSALIBAN YESUS dan tampak ragu untuk menyelamatkan yesus….jika demikian yesus penakut untuk mati….(orang suci apalagi jika disebut anak ALLAH TIDAK AKAN PERLU TAKUT MATI .HIDUP MATI SAMA SAJA BAGINYA).

    Allah swt tidak dikenal pada jaman Yesus, sehingga mustahil nama ini yg disebutkan. Begitu juga dengan Yusuf tukang kayu, beliau sudah lama meninggal ketika Yesus disalibkan. Apakah Yesus takut menghadapi kematian? tentu saja, semua manusia normal akan seperti itu. Namun ketaatanNya kepada YHWH serta kasihNya kepada anda dan saya lah yg membuat Yesus rela menanggung penderitaan hingga mati di kayu salib agar kita tidak binasa oleh hukuman dalam kerajaan maut, melainkan beroleh hidup yg kekal.

    Mat 26:39
    Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

    Yoh 3:16
    Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

    kedua. para murid yesus dan pengikutnya pasti akan menolongnya tanpa keraguan….walaupun ajarannya jika dipukul pipi kirimu brikan pipi kananmu….

    Yang ini hanya opini pribadi saudara Roberto yg tanpa dasar, jadi saya tidak perlu menanggapinya.

    JCBU

     

  2. roberto Said:

    on April 26, 2011 at 8:53 pm · Sunting

    ANDA DENGAN JELAS-JELAS MENGATAKAN ……BAHWA YESUS ITU MANUSIA NORMAL YANG TAKUT MATI…….disini saya ragu pakah YESUS itu MANUSIA ATAU TUHAN…..?kalau tuhan dia tidak akan mati dan tidak takut mati sebab .TUHAN YANG MENCIPTAKAN HIDUP DAN JUGA MATI……
    apalagi penjelasan anda tentang Yoh 3:6 . sangat tidak masuk akal………

    Yesus adalah Tuhan yg menjadi manusia, saya rasa tidak sulit bagi anda sebagai orang terpelajar untuk mengerti arti kata “MENJADI” bukan?

    Yoh 3:16 tidak masuk akal bagi anda tidak mengapa karena hal itu adalah knowledge keKristenan berdasarkan Kitab Suci yg saya imani. Pertanyaan saya pada anda, dapatkah anda menyebutkan knowledge salah satu agama di dunia ini yg tidak saya imani namun masuk akal bagi saya? Agama anda mungkin?

     

  3. roberto Said:

    on April 26, 2011 at 8:47 pm · Sunting

    anda mengatakan JELAS-JELAS bahwa yesus ITU MANUSIA normal yang takut mati … disini saya ragu apakah yesus itu ……………MANUSIA ATAU TUHAN … sebab kalau tuhan pasti tidak akan takut mati dan tidak bisa mati….. dia yang membuat hidup dan dia yang membuat mati….jadi YESUS ITU MANUSIA…….BUKAN TUHAN YANG PATUT DISEMBAH…

    Sama seperti jawaban saya sebelumnya

    jadi sungguh aneh….tuhan yang mati untuk korban semua manusia .malah TAKUT MATI….

    Tidak ada yg aneh jika anda mengerti arti kata “MENJADI”.

    SAYA ROBERTO DARI NIAS

    Salam Kasih dari saya kepada saudara ROBERTO DARI NIAS

    JCBU

  4. roberto Said:

    on April 28, 2011 at 7:53 pm · Sunting

    setelah membaca bibel….banyak keraguan yang saya dapatkan tentang ketuhanan…

    Siapapun yg hanya membaca namun tidak disertai pengetahuan (knowledge) keKristenan pasti akan mengalami hal yg sama dengan anda, dan ini merupakan hal yg sah-sah saja

    kalulah tuhan yesus MENJADI manusia mungkin tuhan bapak dahulunya juga suka MENJADI sesuatu……

    Anda mengatakan “mungkin tuhan bapak dahulunya juga suka MENJADI sesuatu” itu justru menunjukan anda sama sekali tidak mengenal knowledge keKristenan tentang penyelamatan umat manusia (bukan sesuatu yg lainnya) yg telah terpisah dari YHWH oleh dosa sehingga berada dalam kuasa maut dan harus binasa.

    saya dahulu suka membaca bibel….namun penuh keraguan lalu saya baca buku budha dan hindu juga penuh keraguan…….dan beberapa buku agama lain….

    Semua kitab suci agama yg telah anda baca dengan penuh keraguan ini memungkinkan anda untuk bersikap kritis dan tidak begitu saja mempercayainya, sehingga anda dapat menggunakan karunia terbaik anda sebagai manusia, yaitu nurani anda untuk menilai apakah agama tersebut mengajarkan kebaikan dan kasih terhadap sesama sesuai dengan atribut dan esensi Tuhan yg benar secara universal, ataukah jusrtu sebaliknya hanya mengajarkan kebaikan dan kasih bagi golongannya sendiri, sedangkan bagi yg tidak segolongan, tuhan ini justru mengesahkan/melegalisasi bahkan sampai memerintahkan anda untuk bertindak anarkis terhadap mereka yg tidak mengakuinya sebagai tuhan dengan dalih menolong tuhan dan agamanya.

    lalu saya baca buku agama islam yang dikenalkan kawan saya….disitu konsep kethanan jelas….yaitu ALLAH tuhan bapak bagi yesus . disini yesus hanyalah seorang nabi yang dilahirkan dari kalangan yahudi dan membawa agama baru (kitab suci baru injil) dan sudah tentu sama seperti nabi sebelumnya dia diancam dan disiksa .

    Pertanyaan saya sederhana.
    1. apakah anda juga kritis dalam membaca buku agama islam yg dikenalkan kawan anda itu, ataukah semua yg anda baca anda telan mentah-mentah?

    2. Beranikah anda memiliki keraguan terhadap buku agama islam yang dikenalkan kawan anda itu, seperti keraguan anda terhadap buku-buku agama yg anda baca sebelumya jika terdapat suatu ajaran yg bertentangan dengan nurani anda sebagai manusia serta bertentangan dengan moral kemanusiaan secara universal?

    (sayang sekali dalam alkitab para nabi sebelumnya yang tersebut dalam alkitab. Noah, abraham,solomon,david dll.di identikan orang hina ,berzina,pemabuk,incest dll) (anda mungkin tahu maksud saya).

    saya sangat mengerti maksud anda, justru ini membuktikan tidak ada satupun manusia yg tidak berdosa, tidak juga para nabi-Nya. Justru disinilah terlihat kemaha adilah YHWH yg tidak menutup-nutupi dosa perbuatan seseorang sekalipun orang tersebut adalah nabi pilihan-Nya. DOSA ADALAH DOSA.

    lukas,matius,yohanes,markus itu membuat bible sesudah yesus wafat mereka menurut saya mereka bukan nabi tapi murid yesus.

    Saya setuju dengan anda, memang tidak ada satupun murid Yesus yg menjadi nabi, mereka disebut para rasul.

    dan saya yakin banyak ayat-ayat alkitab yang diubah oleh pendeta kristen terutama waktu kebobrokan moral di jaman pertengahan.demi berbgai kepentingan. anda bisa baca sejarah tentang itu.

    Sejarah yg mana maksud anda? Bagaimana dengan ayat-ayat Alkitab yg ditulis jauh sebelum sejarah yg anda sebutkan itu terjadi dan masih terpelihara hingga hari ini?

    Silahkan anda baca disini

    anda tahu bagaimana sifat orang romawi zaman itu merekA MENUHANKAN pemimpin mereka dan orang yang dianggap punya kelebihan.(yesus punya mukjizat menyembuhkan orang buta,lumpuh
    bahkan menghidupkan orang mati).

    Jika anda berbicara tentang sejarah tanpa adanya referensi yg mendukung, maka anda sebenarnya hanya sekedar mendongeng saja.

    semua itu hanya mukjizat dalam islam kemmpuan itu juga diberikan bagi nabi sebelumnya tapi sesuai dengan keadaan yang mereka alami.

    Saya rasa hampir semua agama mengandung hal-hal yg supranatural, tidak ada yg aneh dengan hal itu.

    bahkan yesuspun menolak untuk dipanggil tuhan…

    Itu menurut anda, tidak demikian dengan knowledge keKristenan.
    Yoh 13:13
    Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

    BISA ANDA LIHAT DALAM INJIL BARNABAS…(BARNABAS MURID YESUS ASLI YANG DISURUH MENULIS FIRMAN ALLAH BUKAN YOHANES,MARKUS,LUKAS,MATIUS) TIDAKKAH ANDA MAU MEMIKIRKAN HAL DEMIKIAN……
    SILAHKAN BUKA WEBSITE SAYA DARRUNNADAH.WORDPRESS.COM)

    Jika saya menjadi anda, tentunya saya malu jika kebenaran telah diketahui namun masih tetap berpegangan pada sebuah kepalsuan.
    silahkan anda baca disini
    dan disini: Mengapa Injil Barnabas Dicap Palsu oleh Guru Besar Islam?

    NB: Website anda ketika saya buka adalah seperti ini:
    darrunnadah.wordpress.com doesn’t exist

    JCBU

     

  5. roberto Said:

    on April 30, 2011 at 12:40 pm · Sunting

    salam
    silahkan klik darunnadah.wordpress.com mudah-mudahan connect

    Terima kasih, sudah saya buka dan saya baca link tersebut dengan judul ‘KETERANGAN NAMA NABI MUHAMMAD SAW DI ALKITAB AKHIRNYA TERKUAK‘ apakah benar artikel ini yg anda maksudkan? atau ada judul yg lainnya, karena dalam halaman tersebut terdapat beberapa judul artikel yg berbeda.

  6. roberto Said:

    on April 30, 2011 at 12:45 pm · Sunting

    situs isa muhamad itu adalah situs orang orang pluralis,

    Justru itu saya sengaja memberikan anda link tersebut agar fakta yg dipaparkan adalah dari pihak yg netral, apakah anda keberatan untuk itu?

  7. roberto Said:

    on Juni 14, 2011 at 9:17 pm · Sunting

    Syalom saudara Robert…

    saya keberatan…karena mereka tidak punya landasan berpijak dan mencampur-campur sesuatu yang berbeda…dari blog itu banyak terdapat artikel yang bisa anda baca.

    Jika anda keberatan itu adalah hak anda. Mengenai landasan berpijak saya yakin masing-masing penulis akan mencari dan menganalisis suatu sumber yg paling dapat dipercaya sebagai argumen dari kesimpulannya, sehingga tulisan tsb dapat diterima sebagai suatu tulisan atau informasi yg paling mendekati kebenaran. Selebihnya tergantung dari individu yg membacanya, apakah tulisan tersebut logis dan dapat diterima akal sehat ataukah tidak, karena suber-sumber tersebut dapat dicari dan dibuktikan secara langsung kebenarannya oleh individu pembacanya yg kritis.

    dalam analisa anda tentang buku yesus dan muhamad anda menggunakan Alquran..dan beberapa hadis…tetapi anda salah penafsiran dan beberapa ayat anda potong…terutama tentang ayat rampasan perang buat nabi.

    Dear Mr. Robert, sepertinya anda salah paham disini :)

    Yang menganalisa dan menulis buku Yesus dan Muhammad itu adalah Dr. Mark A. Gabriel, PhD. Beliau lahir sebagai seorang Muslim dengan nama Muslim juga. Selain pengetahunannya mengenai ajaran Islam semenjak masih kanak-kanak (NON-AKADEMIS), Berikut ini akan saya kutipKOMPETENSI AKADEMIS beliau :

    – Gelar sarjana, magister dan doktoral di bidang sejarah dan budaya Islam dari Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

    – Peringkat kedua di dalam kelas dari 6.000 siswa saat lulus dari strata 1. Peringkat ini berdasarkan nilai kumulatif dari ujian tertulis dan lisan pada setiap akhir masa ajaran.

    – Salah satu pengajar termuda yang pernah bekerja di Al-Azhar. Ia mulai mengajar setelah lulus paska sarjana dan selama menyelesaikan studi doktoral.

    – Profesor terbang. Universitas mengirim dia ke negara-negara Timur Tengah sebagai dosen sejarah Islam.

    Universitas Al-Azhar adalah universitas Islam yang paling dihormati dan berwibawa di dunia, telah berdiri lebih dari 1.000 tahun.
    Al_Azhar_University

    Al_Azhar_University

    Selain pencapaian akademik, Dr. Gabriel telah mempunyai pengalaman praktek sebagai imam di sebuah masjid di pinggiran kota Kairo.

    Setelah Dr Gabriel menjadi Kristen, ia mendalami pendidikan Kekristenan. Kualifikasinya di pendidikan Kekristenan termasuk :

    – Disciplieship Training School dengan Youth With a Mission di Cape Town, Afrika Selatan.

    – Gelar magister di agama dunia dari Universitas Kristen Orlando, Florida (2001).

    – doktoral di Pendidikan Kristen dari Universitas Kristen Orlando, Florida (2002).

    – Diangkat sebagai anggota dari Masyarakat Alumi Oxford, September 2003.

    tentang hal itu silahkan baca artikel saya di blog tersebut diatas
    penafsiran anda tentang hadis yang anda kemukan perlu di kaji ulang karena dalam islam juga terdapat beberapa hadist palsu. sehingga perlu dikaji tentang keaslian hadis tersebut melalui ilmu yang disebut tafsir hadis….

    Maaf sebelumnya, mengenai ilmu yang disebut tafsir hadis ini, bolehkah saya tau KOMPETENSI AKADEMIS apa yg anda miliki? Bukannya saya mau membanding-bandingkan, tetapi hal ini sangat penting bagi saya agar saya mempunyai pegangan untuk mempertimbangkan siapakah yg lebih kompeten untuk menafsirkan hadis dengan ilmu tafsir hadis tsb. Apakah Anda saudara Robert ataukah Dr. Gabriel.

    ini adalah keterangan saya…tapi akhirnya saya bisa ucapkan lakum di nukum wali yadin…untukmu agamu untukku agamaku…
    maaf karena suatu kesibukan saya.saya baru bisa kirim comment..

    Terimakasih banyak saudara Robert, pendapat-pendapat, buah pikiran dan masukan dari anda sangat berarti sekali bagi saya dan pembaca blog saya ini. Saya sangat berharap dilain kesempatan kita dapat bertukar pikiran kembali.

    GBU

    Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.
    (Matius 7:15-20)

  8. roberto Said:

    on September 13, 2011 at6:50 pm · Sunting

    saya roberto dari nias…..benarkah yesus itu tuhan sedangkan dia selalu minta pada tuhan dan dia berkata utsan tuhan?
    Yohanes 17:1

    Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: “Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.1. Tuhan berbicara kepada Tuhan (juga)
    2. Tuhan meminta kepada Tuhan (juga)
    3. Tuhan Anak dan Tuhan Bapa = 2 Pribadi yang berbeda
    4. Padahal dijelaskan dalam Alkitab Tuhan itu Esa:
    – Ulangan 6:4
    – 1 Timotius 1:17
    – Markus 12:29
    – Markus 12:32
    5. Layak-kah Yesus (Tuhan Anak) Disebut Tuhan dan Disembah..?
    Yohanes 17:2
    Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya.1. Yesus bukan satu-satunya yang diberikan hidup kekal
    2. Tuhan Allah memberi kuasa kepada “Tuhan” Anak (juga)
    3. Si Pemberi Kuasa dan Si Penerima Kuasa = 2 Pribadi yang berbeda.Yohanes 17:3
    Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.1. Allah adalah Satu-satunya Tuhan
    2. Yesus Kristus Utusan Tuhan
    3. Penjelasan 2 subjek yang dipisahkan dengan koma = 2 Pribadi yang berbeda

    Yohanes 17:4
    Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.
    1. Subjek A memuliakan Subjek B = 2 Subjek berbeda derajat dan kemuliaan
    2. Subjek A menyelesaikan tugas dari Subjek B = 2 Subjek berbeda status
    3. Subjek B memberi perintah kepada Subjek A = 2 Subjek berbeda kekuasaan

    Shallom…
    Atas semua pertanyaan saudara roberto sudah saya berikan 1 buah buah ayat sebelumnya bahwa Yesus membenarkan diriNya adalah Tuhan.
    Yoh 13:13
    Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

    Mengenai pribadi Subjek A & B yg Anda bawa hanya bisa dimengerti jika anda paham akan knowledge keKristenan, karena yg anda coba pahami itu adalah penggenapan atas janji Allah untuk menyelamatkan umatNya yg telah jatuh ke dalam dosa sejak manusia pertama. Sehingga “KETUHANAN YESUS” tidak bisa dipahami hanya berdasarkan penggenapannya saja, tetapi juga berdasarkan janji serta nubuatan-nubuatan yg ada dalam PL sehingga kita mempunyai suatu bukti bahwa Yesuslah yg ditunjuk sebagai IMANUEL (Allah beserta kita).

    Yesaya 7:14
    Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

  9. roberto Said:

    on September 13, 2011 at 6:59 pm · Sunting

    untuk mendapatkan iman islam mengapa anda mengambil dasar dari orang kristen…walaupun mengaku mantan islam…walaupun saya idak punya gelar sepeti dia tapi saya bisa mengetahui alquran dan hadist ..mana hadist yang dibuat-buat oleh kalian atau tidak….titel sarjana tidak menjamin kemapanan seseorang dala berilmu apalagi dia mengatakan dia manatan alazhar mesir…. cb anda ambil refernsi tentang islam dari murni islam sepeti quraisy shihab, hamka, dll….

     

    • febrina Said:

      on Desember 6, 2011 at 2:35 am ·Sunting

      Saudara robert ykk….

      Saya harap anda dapat membedakan antara “keimanan” dan “pengetahuan”! Jika anda mengatakan bahwa ada seorang manusia yg sanggup membelah bulan dengan pedangnya berdasarkan “keimanan” anda, maka saya akan menghormati “kepercayaan” anda bahwa orang tersebut mampu membelah bulan….tetapi menurut pengetahuan dan bukti-bukti serta data yg ada dari jaman dahulu hingga saat ini adalah sesuatu yg sangat menggelikan apabila kita mempercayai kisah membelah bulan ini bukan hanya sekedar dongeng semata, terlebih apabila dianggap sebagai suatu kebenaran yg sungguh-sungguh terjadi…segala sesuatu ada sejarahnya, dari sejarah itulah kita akan memiliki pengetahuan-pengetahuan yg lebih akurat atas sesuatu yg terjadi dimasa lalu. Disinilah letak permasalahannya, kredibilitas apa yg ada miliki agar saya dan pembaca blog saya ini lebih mempercaya “iman Islam” anda dari pada “pengetahuan Islam” dari seorang Dr. Gabriel yg kopetensi akademiknya telah saya postkan sebelumnya.

80 thoughts on “Diskusi tentang KETUHANAN YESUS bersama saudara Roberto dari Nias

  1. […] Diskusi tentang KETUHANAN YESUS bersama saudara Roberto dari Nias Like this:SukaBe the first to like this post. […]

    • benny mengatakan:

      mmmm

      • mursyid mengatakan:

        sesuatu yang benar harus bisa di buktikan secara logika. sama saja menjadi saksi di pengadilan tampa bukti omong kosong semuanya

        Saya sangat setuju dengan Saudara, dan semoga logika sadara sudah benar mengenai pencipta yang mempunyai kuasa untuk menjadi seperti ciptaanya, dan bukannya mempertanyakan ciptaan yang ingin menjadi seperti penciptanya seperti analogi yang Saudara tunjukan. Terlepas dari itu, saya melihat pemikiran dan logika Saudara dan menjadi sangsi dengan kemampuan ‘si pencipta’ yang mungkin selama ini Saudara mursyid sembah, apakah dia mampu dan mempunyai kuasa menjadi seperti ciptaanya yang katanya semua itu dapat terjadi hanya dengan mengatakan ‘kun fayakun’. :)

        JCBU

  2. benny mengatakan:

    logika dapat menghambat sifat kemanusiawian dalam iman kristen.

    Shallom…
    logika yang seperti apa maksud Saudara Benny yang dapat menghambat kemanusiawian dalam Iman Kristen?

    Apakah yang menghambat kemanusiawian dalam Iman Kristen adalah logika seperti dibawah ini :

    Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. (Matius 5:43)

    Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. (Matius 5:43-44)

    Atau

    fa-idzaa insalakha al-asyhuru alhurumu fauqtuluu almusyrikiina haytsu wajadtumuuhum wakhudzuuhum wauhsuruuhum wauq’uduu lahum kulla marshadin fa-in taabuu wa-aqaamuu alshshalaata waaatawuu alzzakaata fakhalluu sabiilahum inna allaaha ghafuurun rahiimun

    Artinya :
    Apabila sudah habis bulan-bulan Haram itu [630], maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu dimana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. Kepunglah mereka dan intailah ditempat pengintaian. Jika mereka bertaubat dan mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan [631]. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi maha Penyayang.

    [630] Yang dimaksud dengan bulan Haram disini ialah: masa 4 bulan yang diberi tangguh kepada kamu musyrikin itu, yaitu mulai tanggal 10 Zulhijjah (hari turunnya ayat ini) sampai dengan 10 Rabi’ul akhir.

    [631] Maksudnya: terjamin keamanan mereka. (surah / surat : At-Taubah Ayat : 5)

    Apakah yang berikut ini lebih manusiawi lagi menurut logika Saudara Benny?

    idz yuuhii rabbuka ilaa almalaa-ikati annii ma’akum fatsabbituu alladziina aamanuu saulqii fii quluubi alladziina kafaruu alrru’ba faidhribuu fawqa al-a’naaqi waidhribuu minhum kulla banaanin

    Artinya :
    (Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah beriman”. Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka [599].

    [599] Maksudnya: ujung jari disini ialah anggota tangan dan kaki. (surah / surat : Al-Anfaal Ayat : 12)

  3. benny mengatakan:

    logika dapat menghambat sifat kemanusiawian dalam iman kristiani…

  4. herman mengatakan:

    Orang buta melihat, Orang lumpuh berjalan Berbahagialah orang yang tidak menolak ” YESUS”…

    • mursyid mengatakan:

      siapa kah yang membuat kursi,, ??? seseorang bertanya !! apakah suatu saat kursi tersebut bisa menjadi seperti yang menciptakannya???

      Shallom Saudara Mursyid…

      Saya akan balikan Analogi Anda dan cobalah Anda renungkan mengenai siapa yang mempunyai kuasa untuk menjadi apa :

      siapa kah yang membuat kursi,, ??? seseorang bertanya !! apakah suatu saat yang menciptakannya bisa menjadi seperti kursi tersebut???

      JCBU

  5. rongtar boys mengatakan:

    kpd mr roberto klw bagi sy adalah anda bisa di juluki org yg hanya mengandalkan asumsi2 dr argument2 anda yg tdk jlas itu dan anda bisa di beri gelar srjana asumsi itu yg prtma bgi anda, yg kedua persolan pengetahuan, anda itu belajrnya di mana sich? apakah lebih tinggi sekolahnya di banding Dr gabriel yg akademiknya sudah jelas? itu pertnyaan pertma bg anda, dan pertnyaan berikutnya, sudah sejauh mana anda mendalami isi alkitab dan 2 lagi kitab suci yg anda tuliskan? sehingga anda bisa menyimpulkan isi drpada kitab trsebt? ataukah anda hanya menghyal saja mengenai hal ini. btul apa yg dikatakan saudara sy di atas bedakan dulu apa itu pengetahuan dan keimanan.apa itu filsafat materialis dan dogma? pahaman yg anda gunakan dlm mengkaji isi kitab ini apa kira2? NOTE: susah brdiskusi dengan anda krn anda sendiri tdk tahu apa itu trinitas, dan jikalau anda paham mengenai trinitas ini maka dengan sendirinya anda akan paham dan tidak bertanya-tanya lagi dengan asumsi2 anda yg tdk jelas, di katakan pintar padahal bodoh, salam hangat ………

    • roberto mengatakan:

      anda mengataan saya Roberto seorang pembuat asumsi…. bukankah Iman and sendiri adalah bersumber dari asumsi…. kalau tidak percaya .. silahkan sebutkan satu saja ayat yang mengatakan kalau yesus itu mati untuk dosa adam… waris…… roberto..dari nias

      Karena sama seperti SEMUA ORANG mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula SEMUA ORANG akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. (1 Kor 15:22)

      Saya telah membuktikan dengan ayat seperti yang Saudara minta, dengan demikian iman saya adalah berdasarkan Alkitab, bukan berdasarkan asumsi seperti Anda.

      • roberto mengatakan:

        saudara febrina ayat yang anda maksud adlah ucapan paulus… dan dia bukan seorang murid yesus…. bandingkan petrus sendiri yang merupakan murid terdekat dengan yesus sudah sering sekali dimaki dan dimarahi yesus karena dia mengikuti ajaran manusia…. apalagi paulus yag jelas-jelas musuh yesus ketika hidup dan jadi kristen ketika yesus sudah wafat……… yang saya maksud adalah ucapan yesus bahwa dia mati untuk menebus dosa adam….. karena ini juga merupakan salah satu dasar iman kristen hasil buatan paulus bukan yesus

        Shallom Saudara Roberto…
        Paulus bukanlah murid Yesus ketika Yesus belum dipermuliakan, tetapi Paulus justru menjadi satu-satunya murid dan diutus oleh Yesus sendiri secara langsung ketika Yesus telah dipermuliakan.

        Kis 9:3-6
        Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.
        Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?”
        Jawab Saulus: “Siapakah Engkau, Tuhan?” Kata-Nya: “Akulah Yesus yang kauaniaya itu.
        Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat.”

        Dalam riwayat tersebut sungguh terlihat kuasa pengampunan Tuhan serta kesanggupannya untuk mengubah seseorang yang jahat menjadi baik. Saya yakin, jika yang dikejar-kejar dan dianiaya oleh Saulus adalah pengikut panutan saudara, maka ketika panutan saudara berkesempatan bertemu dengan Saulus dengan kuasa seperti yang dimiliki oleh Yesus pastilah Saulus akan mati saat itu juga, minimal apabila tidak punya kuasa sepeti Yesus maka pedangnyalah yang akan memenggal leher Saulus. Dan kita tidak akan pernah mengenal Paulus yang telah bertobat dari segala kejahatannya, melainkan hanya mengenal Saulus sang penganiaya yang mati dalam kejahatannya.

        Saudara Roberto, apakah begitu sulitnya jika saudara memakai sedikit saja logika saudara untuk memahami perkataan Yesus ini :

        Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. (Yohanes 3:17)

        mari kita uji logika saudara,

        Jika Yesus datang ke dalam dunia ini untuk menyelamatkan, maka menurut saudara dari hal apakah dunia ini diselamatkan?

      • roberto mengatakan:

        baik… saya tidak bisa balas dibawah….

        Sudah saya duga jawaban Saudara ini :)

        anda masih nyata-nyata meangagungkan paulus….

        Maaf, saya tidak mengagung-agungkan Paulus…saya sama dengan Palus yang hanya mengagungkan Kristus Tuhan sebab Dialah yang layak terima segala pujian baik di bumi baik di sorga.

        bukankah kesaksian dua orang lebih baik dari satu dan kesaksian orang hadir lebih kuat dari tidak hadir……jadi kesaksian paulus itu tidak bisa dipakai karena dia tidak hadir ketika yesus menyampaikan ajarannya…….

        bagaimana saudara tau bahwa Paulus tidak hadir waktu Yesus mengajar? Apakah karena tidak tercatat nama Paulus sebagai salah seorang yang hadir ketika Yesus mengajar orang banyak baik di Yerusalem, Galilea ataupun tempat lainnya seperti yang banyak terdapat dalam kitab Injil?

        lalu apakah hanya melalui paulus ajaran yesus diketahui…. tidak murid yesus banyak dan paulus bukan salah seorang mereka…

        Betul sekali, karena ajaran Yesus sendiri sudah tercatat dalam Injil, dan Injil inilah yang diberitakan oleh Paulus dan para Rasul yang lainnya, dan mereka bersama-sama memberitakan Injil yang sama pula, jika tidak tentulah Paulus tidak akan diakui sebagai seorang Rasul Kristus, namun nyatanya hal ini tercatat sebaliknya dimana Tuhan sendiri yang meminta kepada murid-muridNya agar mengkhususkan Paulus untuk tugas yang ditentukan oleh Tuhan Sendiri, hal ini tercatat dalam Kis 13:1-3

        Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus.
        Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”
        Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.

        paulus sendiripun mengakui bahwa ada kisah yesus yang diajarkn yang berbeda dengan yang dia… yaitu galatia: 3 …(paulus menuhankan yesus sudah pasti kalau berbeda tidak menuhankan yesus) pauluspun mengaku kalau dia hanya orang yang percaya pada yesus setelah berbangkit…….. makanya saya katakan mana yang lebih kuat kesaksian satu orang atau banyak orang

        Jelas kesaksian banyak orang, dan yang Paulus ajarkan adalah apa yang disaksikan oleh orang banyak, yaitu semua yang tercatat dalam kitab Injil, dimana para saksi mencatat Injil ini adalah saksi mata yang bukan hanya dengar cerita yang sudah terjadi beratus-ratus tahun sebelumnya sehingga sangat mudah untuk diselewengkan menjadi inji-injilan yang isinya pasti akan sangat berbeda seperti yang Paulus dan Para Rasul lainnya ajarkan, yaitu Injil yang benar yang dicatat oleh saksi mata…
        Dan apa yang Paulus katakan terbukti sekitar enam ratus tahun kemudian dengan munculnya injil abal-abalan dari seorang buta huruf yang kisahnya sangat lucu karena terjadibya “FACE OFF” pada pengkhianat sehingga menjadi serupa dengan orang suci….penghinaan yang sangat merendahkan sekali bagi seorang manusia, apalagi terhadap orang yang diakui sebagai seorang yang suci.

  6. Alcent mengatakan:

    ada beberapa pertanyaan mendasar yang butuh penjelasan tentang keTuhanan Yesus yang membingungkan saya dan penjelasan yang tidak saya mengerti, mungkin bisa dijelaskan oleh pakar seperti anda, dan semoga lebih mudah di pahami :

    Shallom saudara Alcent, semoga penjelasan yang akan saya sampaikan untuk menjawab kebingungan saudara bisa saudara saudara pahami dan saya akan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan saudara dengan sesederhana mungkin.

    1. Siapakah Yesus ini sebenarnya berdasarkan knowledge kristen ? ( maaf ini masih membigungkan ), apakah ia TUHAN yang MENJADI manusia ? ataukah dia ANAK TUHAN ?

    Yesus adalah Tuhan yang menjadi manusia, dan penjelasan mengenai hal ini terdapat dalam kitab Injil Yohanes pasal 1
    Sedangkan Anak Tuhan adalah gelar atau sebutan yang diberikan oleh orang-orang kepada Yesus pada saat itu, sedangkan Yesus sendiri menyebut dirinya dengan sebutan ‘Anak Manusia’. Namun Yesus tidak menampik dan bahkan membenarkan ketika ada yang menyebut dirinya Tuhan.

    2. Jika ia TUHAN yang MENJADI manusia ,
    a. apakah ia pernah MENJADI manusia juga di zaman sebelumnya (zaman Musa, Noah dll ) ?

    Tidak pernah

    b. jika tidak pernah MENJADI manusia di zaman sebelumnya, apakah ada alasannya ? mengapa ?

    Karena memang demikianlah janji Allah sejak semula untuk menyelamatkan manusia, ketika manusia jatuh kedalam dosa. Yaitu hahwa Yesus akan menggenapi kitab nabi-nabi, karena jika tidak ada nubuatan maka tidak ada pula yang akan digenapi ketika tiba saatnya Allah datang kedunia untuk menebus dosa manusia.

    3. Jika dia ANAK TUHAN ,
    a. maka apakah disebutkan di alkitab siapa tepatnya nama ayah YESUS ini ?

    Sebagai Manusia yang digelari Anak Allah, tentu saja Yesus menyebut Allah sebagai Bapa-Nya.

    b. apa bedanya seorang YESUS dengan ADAM ? YESUS dilahirkan oleh seorang IBU (manusia) dari ayah (TUHAN), sedang ADAM hadir tanpa ada IBU yang melahirkan ? (Tolong dijelaskan dengan knowledge kristen.)
    Allah membentuk manusia (Adam)

    ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. (Kej 2:7)

    Allah menjadi manusia (Yesus)
    Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. (Mat 1:18-25)
    Yang menjadi perbedaan adalah Adam menjadi manusia karena Tuhan menghembuskan nafas hidup kedalam hidungnya, tetapi Yesus berasal dari Roh Kudus. Untuk memahami perbedaan ini saudara harus mengetahui knowlege kekristenan mengenai Roh Kudus ini.

    c. Jika YESUS ANAK TUHAN , apakah berarti TUHAN itu sendiri punya orang tua sebelumnya ? ( maaf, knowledge kristen saya masih sangat dangkal mohon bisa dijelaskan )

    Pertanyaan saudara untuk point ini sudah terjawab pada point no.1 diatas mengenai Yesus disebut sebagai Anak Tuhan itu.
    Dikatakan pada Yohnes 1:1, pada mulanya adalah Firman…dst. Tidak disebutkan pada mulanya adalah orang tua Tuhan, jika demikian pastilah isi Yohanes 1:1 tidak akan memakai kata ‘PADA MULANYA’.

    4. YESUS hadir sebagai Juru Selamat dan menebus dosa manusia, bukankah demikian ?

    Ya benar.

    apakah ini berlaku untuk SEMUA MANUSIA, dari mulai ADAM sampai manusia terakhir yang kelak lahir di dunia ?

    Ya, berlaku untuk semua manusia.

    baik yang mempercayai KETUHANAN YESUS ,mau pun mereka YANG TIDAK PERCAYA sama sekali ?

    Hanya bagi mereka yang melakukan apa yang diajarkan oleh Yesus saja yang menerima keselamatan, dan tidaklah mungkin mereka yang tidak percaya melakukan apa-apa yang diajarkan oleh Yesus, karena jika demikian maka dia adalah orang yang percaya kepada Yesus.

    5. Mengapa YESUS sebagai TUHAN harus/mau Menebus dosa manusia ?

    Karena inilah yang Yesus Katakan :
    Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yoh 3:16)

    6. Apakah kata ‘tebusan” di sini sama halnya dengan tebusan yang biasa kita (manusia) lakukan ?

    Ya, sama seperti itu

    Jika sama maka kepada siapa YESUS menebus dosa tersebut ?

    Kepada Maut.

    Jika berbeda maksudnya, mohon dijelaskan ?

    Penebusannya sama, yang berbeda adalah kemampuannya.

    7. Jika Yesus mau mengorbankan dirinya sebagai penebus dosa, apakah artinya YESUS yang akan ada di neraka sedang semua manusia yang ditebus dosa oleh YESUS ada di surga ?

    Pengorbanan yang Yesus lakukan untuk menebus dosa manusia adalah melalui kematiannya dalam daging agar dapat turun dan merebut kunci-kunci kerajaan maut, dan maut tidak dapat berkuasa atas kekekalan Yesus sehingga dagingnyapun bangit pula pada hari yang ke tiga.

    8. Jika semua manusia dosanya ditebus oleh YESUS, maka tidak ada perbedaan antara seorang pendosa dengan seorang santo ?

    Tidak ada perbedaan bagi yang ditebus karena penebusan itu untuk seluruh manusia, namun perbedaanya akan tampak setelah ia ditebus, apakah hidup dalam ajaran Yesus atau masih terus berbuat dosa.

    (benarkah demikian ? betapa besar kasih YESUS, lalu untuk apa ada NERAKA ? untuk iblis saja kah ?)

    Allah tidak pernah menciptakan neraka, neraka ada karena adanya dosa. Dan memang iblislah yang seharusnya berada disana, bukannya manusia. Karena iblis telah memberontak melawan Allah.

    9. Jika YESUS mengorbankan dirinya untuk menebus dosa manusia sebagai juru selamat, apakah artinya manusia tidak perlu mempertanggungjawabkan segala perbuatannya ? (maaf jika ini benar, secara logika sangat tidak adil, bagi mereka yang taat beribadah, dan egois sekali manusia karena membebankan dosa pada Tuhan YESUS … mungkin anda bisa menjelasakan. )

    Penubusan yang Yesus lakukan adalah untuk menebus dosa waris yang diwariskan oleh manusia pertama pada semua keturunannya termasuk saudara dan saya sehingga kita semua telah jatuh ke dalam kuasa maut, yang atinya dosa tersebut memang sudah melekat pada diri kita sejak kita lahir ke dunia ini. Sedangkan segala dosa pribadi yang kita perbuat akan dipertanggungjawabkan oleh masing-masing individu.

    10. Apakah Kedudukan YESUS dan PAUS setara ?

    Jelas ada perbedaan kedudukan antara yang disembah dan yang menyembah.

    kenapa ada peraturan PAUS dalam alkitab ? bukankah alkitab firman TUHAN ?

    Bisakah saudara tolong tunjukan peraturan-peraturan PAUS tersebut dalam alkitab?

    Dari manakah ketetapan tanggal 25 Desember sebagai kelahiran YESUS ?

    Tanggal 25 Desember ditetapkan hanya untuk MEMPERINGATI hari kelahiran Yesus, bukan diyakini sebagai hari kelahiran-NYA.

    11. Kenapa pohon Cemara berhias lampu yang menjadi simbol ?

    Hanya Tradisi dan tidak ada sangkut pautnya dengan ajaran keKristenan, sama seperti ketupat yang terbuat dari pita untuk hiasan hari raya umat Islam.

    Terima kasih

    Terimakasih kembali, JCBU..

    • Alcent mengatakan:

      Terima kasih atas jawaban anda, diskusi ini sangat menarik dan membuka cakrawala saya…

      Namun ada beberapa hal lagi yang mungkin bisa anda jelaskan pada saya… karena masih terasa ambigu

      Shallom…kembali kasih saudara Alcent

      1. Jika Yesus adalah Tuhan yang MENJADI manusia dan anda /alkitab mengatakan dia TIDAK PERNAH MENJADI manusia pada zaman-zaman sebelumnya , dan kehadiran Yesus adalah untuk menebus dosa hanya untuk orang-orang yang PERCAYA PADA KETUHANAN YESUS dan MENGIKUTI AJARAN YESUS.

      PERTANYAAN :
      Bagaimana dengan nasib orang-orang terdahulu saat Tuhan BELUM MENJADI MANUSIA (YESUS belum hadir di tengah manusia ), bukankah mereka belum mengenal dan mengakui KETUHANAN YESUS dan ajaran YESUS sendiri ? sehingga sudah dipastikan mereka tidak mengikuti ajaran YESUS, bukankah artinya YESUS tidak akan menebus dosa mereka yang tidak percaya pada YESUS, seperti yang anda jelaskan :
      “Hanya bagi mereka yang melakukan apa yang diajarkan oleh Yesus saja yang menerima keselamatan,.. ”
      (Maaf, apakah itu cukup adil ? )

      Saya akan kembali mengutip penjelasan saya pada posting sebelumnya :

      Karena memang demikianlah janji Allah sejak semula untuk menyelamatkan manusia, ketika manusia jatuh kedalam dosa. Yaitu hahwa Yesus akan menggenapi kitab nabi-nabi, karena jika tidak ada nubuatan maka tidak ada pula yang akan digenapi ketika tiba saatnya Allah datang kedunia untuk menebus dosa manusia.

      perhatikan kalimat yang saya tebalkan hurufnya, bukankah janji Allah itu sudah ada sejak semula? ketika manusia jatuh kedalam dosa? jika demikian maka janji kedelamatan ini sudah ada sejak manusia pertama. Oleh kerenanya semua orang yg percaya kepada janji Allah akan pula diselamatkan. Percaya pada Allah dan janji-janjinya inilah yang disebut dengan IMAN.
      Jadi berdasarkan IMAN kepada Janji Allah inilah Mereka yang hidup sebelum kedatangan Allah dalam rupa manusia yang kita kenal sebagai Yesus akan diselamatkan juga.

      2. Dalam Al-Kitab (Yoh 3 : 16)
      Karena inilah yang Yesus Katakan :
      Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

      ” Allah mengaruniakan Anak-Nya yang Tunggal ”
      pertanyaan saya :
      apakah YESUS adalah ALLAH ?
      jika YA berarti ayat tersebut mengatakan bahwa … TUHAN mengaruniakan dirinya sendiri , betul begitu ?

      Benar dan Tepat sekali seperti yang saudara pahami itu.

      3. Apakah YESUS adalah TUHAN yang MAHA BERKUASA atas segala sesuatu ?

      ya

      4. Anda mengatakan :
      ” Pengorbanan yang Yesus lakukan untuk menebus dosa manusia adalah melalui kematiannya dalam daging agar dapat turun dan merebut kunci-kunci kerajaan maut, dan maut tidak dapat berkuasa atas kekekalan Yesus sehingga dagingnyapun bangit pula pada hari yang ke tiga.”

      a) Mengapa YESUS harus menebus dosa pada MAUT ?

      Tidak harus, tetapi Allah melakukan hal itu Karena kasih-Nya

      b) apakah MAUT LEBIH BERKUASA dari KEKUASAAN TUHAN itu sendiri ? sehingga ia menginginkan tebusan dari daging TUHAN yang MENJADI manusia ?

      Yang menginginkan penebusan tersebut bukanlah MAUT, tetapi Tuhan sendirilah yang mengingininya karena kasihnya terhadap manusia yang tidak mempunyai kuasa untuk menyelamatkan dirinya sendiri dari MAUT. Allah menjadi daging dalam rupa manusia untuk melakukan penebusan adalah karena kekudusan dan keadilan-NYA.

      Yang harus anda pahami pada titik ini adalah apa yang dimaksud dengan maut, bukan mengenai siapa yang lebih berkuasa. Saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai hali ini.
      Allah adalah Hidup, jika tidak ada Allah maka tidak ada pula kehidupan. Saat manusia pertama jatuh kedalam dosa ia telah terpisah dari Allah oleh karena kekudusan Allah tidak dapat bersatu dengan dosa. Jadi yang dimaksud dengan “KUASA MAUT” itu adalah ketiadaan ALLAH, sama seperti gelap karena ketiadaan cahaya.

      Dari penjelasan saya yang singkat ini semoga anda dapat memahami apa yang dimaksud dengan “KUASA MAUT”.

      c) Jika Tuhan menciptakan Adam dengan menghembuskan kehidupan, Lalu siapakah yang menciptakan MAUT ?

      MAUT tidak diciptakan, semoga penjelasan saya diatas sudah cukup untuk menjawab pertanyaan Saudara ini.

      d) Jika Tuhan yang menciptakan MAUT mengapa TUHAN harus menebus sesuatu (dosa) pada hal yang Dia ciptakan ?

      :)

      e) Jika BUKAN TUHAN yang menciptakan MAUT lalu SIAPA ? dan siapa yang LEBIH DAHULU HADIR ?

      Mohon Saudara renungi penjelasan saya mengenai pertanyaan Saudara pada No. 4b diatas.

      5. Anda mengatakan :
      ” Allah tidak pernah menciptakan neraka, neraka ada karena adanya dosa. Dan memang iblislah yang seharusnya berada disana, bukannya manusia. Karena iblis telah memberontak melawan Allah. ”

      a) Apakah ini artinya Neraka tercipta dengan sendirinya ? atau iblis yang menciptakan/ menyebabkan adanya neraka karena pemberontakannya (dosa) ? atau karena dosa waris ?

      Penjelasan saya masih senada dengan No.4 diatas.

      6. Anda mengatakan :
      ” Penubusan yang Yesus lakukan adalah untuk menebus dosa waris yang diwariskan oleh manusia pertama pada semua keturunannya termasuk saudara dan saya sehingga kita semua telah jatuh ke dalam kuasa maut, yang atinya dosa tersebut memang sudah melekat pada diri kita sejak kita lahir ke dunia ini. Sedangkan segala dosa pribadi yang kita perbuat akan dipertanggungjawabkan oleh masing-masing individu. ”

      PERTANYAAN :
      Dosa pribadi yang kita perbuat tersebut akan kita pertanggungjawabkan kepada siapa ?

      Kepada Tuhan, diri sendiri dan orang-orang yang kepadanya kita telah berbuat dosa.

      Apakah ada hukumannya ?

      ya ada

      seperti apa hukumannya ?
      Saudara pernah berbohong, mencuri, mencaci maki, menganiaya orang tak bersalah, memperkosa, merebut istri orang, membunuh orang tanpa alasan, dst. apakah menurut anda ini perbuatan dosa atau bukan?
      Jika ya apakah yang Saudara rasakan dari setiap tindakan-tindakan Saudara itu? itulah hukumannya.
      Jika tidak, saya tidak percaya saudara masih bisa memposting di blog My Family ini :)

      karena YESUS hadir hanya untuk menebus dosa waris (seperti yang anda katakan di atas )

      Apakah sekarang Saudara sudah bisa membedakan Dosa Warisan dan Dosa Pribadi?

      7. Anda mengatakan :
      ” Tidak ada perbedaan bagi yang ditebus karena penebusan itu untuk seluruh manusia, namun perbedaanya akan tampak setelah ia ditebus, apakah hidup dalam ajaran Yesus atau masih terus berbuat dosa. ”

      PERTANYAAN :
      Apakah ini artinya ada sebuah reinkaranasi ? seperti ajaran Hindu atau Budha ? atau seperti apa ? ( mohon penjelasannya )

      Bukan reinkarnasi, tetapi hidup dengan meninggalkan segala pebuatan-perbuatan dosa yang pernah kita lakukan dan tidak melakukannya lagi. Sebaliknya kita justru harus hidup dengan segala kebaikan-kebaikan yang diajarkan oleh Yesus.

      8. Jika Tuhan hadir MENJADI MANUSIA dalam wujud YESUS, dan kehadiran Tuhan dalam wujud YESUS adalah untuk MENEBUS DOSA WARIS manusia kepada MAUT , maka apakah di dalam al-kitab dijelaskan UNTUK APA MANUSIA DICIPTAKAN di dunia ?
      TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.(Kej 2:15)

      apakah manusia hadir hanya untuk ditebus dosa-dosanya kelak oleh sang Juru Selamat ?

      Tidak, manusia tidak memerlukan penebusan apabila dengan kehendak bebasnya tidak melanggar perintah Allah

      ataukah ada misi lain dibalik penciptaan manusia itu sendiri ?

      Allah menciptakan manusia meurut gambar dan rupa-Nya, Allah ingin memberkati dan memberikan kasih-Nya yang berlimpah-limpah kepada ciptaanya, dimana ciptaanya tersebut dengan kehendak bebasnya mengasihi Allah pula.

      9. Siapakah yang menetapkan tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran YESUS ? dan mengapa tanggal 25 Desember apakah ada penjelasan secara sejarah ? ( karena di dalam alkitab tidak ada penjelasannya )

      Untuk Point ini saya rasa Saudara bisa mencari tau dengan fasilitas-fasilitas yang ada di intrenet untuk mencari sejarah mengenai natal yang disepakati tanggal 25 Desember.

      Terima kasih

      Kembali Kasih…JCBU

      • Alcent mengatakan:

        1. Apakah YESUS adalah TUHAN yang MAHA BERKUASA atas segala sesuatu ?

        Anda Menjawab :
        ya

        Anda mengatakan :
        ” Pengorbanan yang Yesus lakukan untuk menebus dosa manusia adalah melalui kematiannya dalam daging agar dapat turun dan merebut kunci-kunci kerajaan maut, dan maut tidak dapat berkuasa atas kekekalan Yesus sehingga dagingnyapun bangit pula pada hari yang ke tiga.”

        Kebingungan saya :

        Anda mengakui YESUS adalah TUHAN yang MAHA BERKUASA atas segala sesuatu.

        namun , di pernyataan anda yang lain Anda mengatakan :
        ” Pengorbanan yang Yesus lakukan untuk menebus dosa manusia adalah melalui kematiannya dalam daging agar dapat turun dan merebut kunci-kunci kerajaan maut, dan maut tidak dapat berkuasa atas kekekalan Yesus sehingga dagingnyapun bangit pula pada hari yang ke tiga.”

        PERTANYAAN :

        MENGAPA YESUS sebagai TUHAN YANG MAHA BERKUASA atas segala sesuatu harus bersusah payah menebus dosa (waris) dengan kematian dan MEREBUT kunci-kunci kerajaan maut ?

        Bukankah jika YESUS adalah TUHAN YANG MAHA KUASA atas segala sesuatu , BISA LANGSUNG MEREBUT KUNCI-KUNCI KERAJAAN MAUT ? Tanpa HARUS mewujudkan diri menjadi manusia ? Mengapa pula TUHAN HARUS MEREBUT KUNCI-KUNCI KERAJAAN MAUT ? Bukankah HANYA DENGAN KUASA-NYA segala sesuatu dapat dipenuhi dan dilakukan ? seperti hal-nya menciptakan Adam ?
        Bukankah dengan KUASA dan KASIH-NYA , TUHAN TINGGAL MENGAMPUNI DOSA-DOSA (WARIS) HAMBANYA (ADAM).

        Karena selain Maha Kuasa, Tuhan pun Maha Adil.

        Jika saya anak seorang raja yang mempunyai kuasa untuk menghukum maupun membebaskan saya ketika saya melakukan suatu tindakan kejahatan yang saya lakukan dan sayapun dibebaskan oleh karena kuasanya sebagai raja, sementara Saudara melakukan hal yang sama dengan saya, namun dihukum dengan seberat-beratnya oleh ayah saya, sang raja yang berkuasa tsb, apakah menurut anda bisa? jelas bisa bukan? tetapi apakah ini adil? silahkan Saudara simpulkan sendiri.

        2. Apakah isi Al-Kitab semuanya adalah perkataan YESUS ?

        tidak.

        Alkitab bukan seperti kitab yang jatuh dari surga, Alkitab berisi sejarah, pengajaran-pengajaran dan perbuatan-perbuatan Tuhan dalam menolong maupun menghukum umatnya.

        3. Tentang konsep DOSA WARIS, saya menemukan 2 pasal berikut :

        Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak TIDAK AKAN TURUT menanggung kesalahan ayahnya dan ayah TIDAK AKAN TURUT menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya. (Yehezkiel 18:20)

        Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang (Adam), dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada SEMUA orang, karena SEMUA orang telah berbuat dosa. (Roma 5:12)

        Jika Ayah dan anak saja TIDAK AKAN TURUT menanggung kesalahan, maka kenapa kesalahan Adam harus ditanggung semua orang ?
        menurut saya ini agak kontradiktif, menurut anda apakah mungkin TUHAN menyampaikan suatu hal yang ambigu ? atau meralat ucapannya ? ataukah itu adalah pernyataan dua orang yang berbeda ( YESUS dan PAULUS ) ?

        Sejak semula sebelum jatuh kedalam dosa, manusia mempunyai kehidupan yang kekal dalam firdaus, tidak ada sakit penyakit disana. Tetapi setelah manusia jatuh kedalam dosa, manusia mulai mengalami sakit penyakit dan kematian daging, terlebih lagi membuat manusia terpisah dari Allah dan menyebabkan kematian rohani. Bukti dosa ini diwariskan adalah saya dan Saudara pasti pernah sakit dan yang pasti akan mati, segala macam penyakit dan kematian daging inilah dosa yang kita wariskan dari Adam sekalipun kita tidak pernah berbuat jahat, toh faktanya kematian akan menghampiri kita berdua.

        Esensinya berbeda dengan ayat yang Saudara kutip dari kitab Yehezkiel, itu adalah dosa pribadi. Saudara mencuri, maka Saudara yang akan dihukum, bukan anak, bapak, adik dan yang lainnya, dan akan terbukti seperti itu.

        Mungkin sulit bagi Saudara untuk membedakan apa itu dosa waris dan dosa pribadi. Mungkin sebaiknya anda pahami dulu apa arti kata dari WARIS/WARISAN.

        4. Jika YESUS menebus dosa dengan disalib, siapa yang menyiapkan proses penebusan dosa itu sendiri ?

        Allah lah yang menyiapkannya karena penebusan ini adalah inisiatif Allah, dan Allah pula yang menggenapinya dalam rupa manusia.

        5. Anda mengatakan :
        ” Hanya bagi mereka yang melakukan apa yang diajarkan oleh Yesus saja yang menerima keselamatan, dan tidaklah mungkin mereka yang tidak percaya melakukan apa-apa yang diajarkan oleh Yesus, karena jika demikian maka dia adalah orang yang percaya kepada Yesus. ”

        ajaran YESUS yang mana yang harus umat kristen lakukan ?

        Anak yang berumur delapan hari HARUSLAH disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu. (Kejadian 17:12) , (Kejadian 17:13), (Kejadian 17:14), (Kejadian 21:4)

        ini adalah perjanjian Allah dengan BANGSA ISRAEL, bangsa yang DIKUDUSKAN, karena melalui bangsa ISRAEL inilah janji keselamatan digenapi, bukan melalui bangsa Indonesia, malaysia apalagi bangsa keturunan Imael.

        Silahkan saudara baca di kitab Kejadian 17:1-27

        Allah tidak pernah membuat perjanjian ini dengan bangsa lain, sehingga bangsa-bangsa selain dari pada bangsa Israel (Abraham dan keturunannya serta orang-orang yang berada dibawah tanggung jawabnya secara langsung) tidaklah perlu untuk disunat.

        Apakah Saudara disunat? jika ya, lantas apa arti sunat ini bagi Saudara?

        atau

        Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal BERSUNAT atau TIDAK BERSUNAT TIDAK MEMPUNYAI sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih. (Galatia 5:6)

        Allah memang tidak pernah mengikat perjanjian sunat dengan bangsa manapun selain bangsa ISRAEL, tetapi karya kesalamatan Allah didalam Yesus berlaku untuk semua orang dari segala bangsa.

        Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Mat 28:18-20)

        .

        ( jadi bersunat sesuatu yang diHARUSkan atau sesuatu yangTIDAK BERARTI ? Mana yang lebih kuat kedudukannya dari kedua ayat di atas ? )

        Tidak ada yang lebih kuat atau lemah, yang ada adalah kepada siapa perjanjian itu diikat yang ditandai dengan penyunatan.

        Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat. (Yohanes 19:40)

        atau

        pada saat umat kristen meninggal dikenakan pakaian lengkap ( seperti yang berlaku saat ini ) , siapakah yang mengajarkan hal tersebut ? apakah hal tersebut termasuk ajaran YESUS ? atau tergantung adat yang berlaku ? seperti hal-nya adat Yahudi yang mengkafani…. Jika memang bergantung adat, kenapa hampir semua umat kristen di seluruh dunia pada saat meninggal memakai pakaian lengkap ?

        Tidak semua ADAT YAHUDI adalah ajaran Yesus, bahkan yesus sendiri berkata :
        Tetapi jawab Yesus kepada mereka: “Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu? (Mat 15:3)
        jadi untuk apa ikut-ikutan adat Yahudi? Apalagi sampai dipocong-pocongin segala, memangnya semua orang Kristen itu Yahudi?

        Sebagai keturunan Yahudi, Yesus hidup ditengah-tengah bangsa Yahudi dan adat-istiadatnya, tetapi Yesus tidak pernah sekalipun mengajarkan apabila adat-istiadat ini akan menyelamatkan seseorang. Sebaliknya, sering kali Yesus mengkritik adat-istiadat ini. Dan juga apa keuntungannya sebagai orang Indonesia yang tinggal di Indonesia tapi hidup dengan adat-istiadat yahudi?

        5. Bagaimana penjelasan anda tentang ayat berikut :

        Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)

        YESUS mengatakan dia HANYA DIUTUS kepada umat ISRAEL. lalu apa maksudnya , satu ayat menjelasakan hadir untuk menebus dosa semua manusia (seperti yang anda katakan) di ayat lain ” HANYA diutus untuk umat ISRAEL, bagaimana dengan umat yang bukan ISRAEL ?

        Karena memang hanya melalui bangsa Israel lah janji Allah itu digenapi. Dan setelah tergenapi semua janji itu berkatalah Yesus:

        Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai.” Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.(Yoh 19:30)

        Dan untuk bangsa yang lain keselamatan ini dianugrahkan setelah semua yang tertulis dalam kitab para nabi digenapi oleh bangsa Israel, itulah sebabnya mengapa setelah kebangkitanNya barulah Yesus berkata :

        Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”(Mat 28:18-20)

        6. Apakah seluruh isi Al-Kitab wajib dipercayai ?

        Ya

        7. Mengapa beberapa umat kristen ada yang tidak memakai beberapa kitab sebagai acuan ? bukankah itu berarti meniadakan ajaran di dalamnya yang disebut sebagai ajaran YESUS ?

        Maaf, Saudara menuntut referensi dari saya, sekarang Saudara sendiri tidak menunjukan referensi justru ketika anda MENUNJUK pada beberapa umat kristen, dan hal ini bisa-bisa disalah artikan menjadi fitnah.

        JCBU

      • harver mengatakan:

        slmt pgi,,,
        Saya tertarik terhadal pernyataan Nabi Isa As yang mengatakan bahwa
        ” Ajaranku belumlah sempurna umatku, setelah ku akan ada Nabi lain sebagai Penyempurna ”
        saya mendapatkan pernyataan ini di salah satu blog yang orang nasrani sekitar 3tahun yg lalu..tapi kenapa ayat ini tidak dapat saya temukan lagi ?
        terima kasih :)

        Shallom Saudara Harver…
        Mungkin ayat yang saudara pernah baca itu bukanlah ayat yang bersumber dari kitab Injil, karena nama “Nabi Isa As” tidak dikenal pada saat kita Injil tsb ditulis 2000 tahun yang lalu, sehingga ayat tersebut memang tidak ada dalam Kitab Injil Nasrani/Kristen. Entahlah, mungkin saja ayat tersebut didapat dari suatu sumber tertentu yang berhubungan dengan apa yang ditulisnya. Tapi yang jelas jika itu adalah blog orang nasrani tidak serta merta yang bersangkutan sedang membicarakan ayat-ayat Injil bukan? Mengenai hal ini bisa dilihan ketika yang punya blog tsb menggunakan nama “Nabi Isa As”. :)

        JCBU…

    • chondro mengatakan:

      Tuhan Pencipta alam semesta raya dan isinya, setiap detik, menit, jam ada makhluk yg hidup baru dan mati…..knp yesus yg anda yakini sbg Tuhan disalip mpe mati yg anda mksd sbg penebusan dosa umatnya. artinya ketika yesus mati siapa yg mmberi kehidupan baru dan kematian makhluknya sedangkan yesus telah mati pula wkt itu?

      Shallom Saudara Chondro…

      Saudara mengakui bahwa Tuhanlah pencipta alam semesta raya dan isinya, yang artinya mempunyai kuasa yang tidak terhingga (Maha Kuasa), namun ketika Tuhan itu berkehendak mengambil rupa dalam wujud manusia Saudara serta merta menghilangkan kemaha kuasaanNya dan menjadinya sesuatu yang mustahil dapat dilakukan oleh Tuhan.

      Menurut saya pribadi, apabila ada tuhan yang tidak mampu membuat dirinya menjadi apapun seperti yang Dia kehendaki, maka tuhan ini tidaklah mungkin dapat menciptakan alam semesta raya dan isinya sehingga tidak layak untuk disebut apalagi disembah sebagai Tuhan.

      JCBU

  7. Alcent mengatakan:

    Dari penjelasan-penjelasan yang ada sampaikan , jujur saya katakan ‘bahwa saya semakin bingung ‘ (maaf). Karena begitu banyak penjelasan yang tumpang tindih dan berputar-putar.

    Shallom..

    Tidak mengherankan jika Saudara menganggap saya berputar-putar, karena Saudara tetap pada pemahaman Saudara bahwa Tuhan haruslah seperti apa yang Saudara pikirkan. Disinilah letak perbedaan pemahaman kita mengenai Tuhan umat Kristen. Saudara membatasi kuasa Tuhan haruslah sesuai dengan apa yang mampu anda pikirkan, sedangkan saya berada pada pemahaman bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan, pemahaman inilah yang membuat Saya percaya bahwa Tuhan Maha Kuasa.

    TENTANG KETUHANAN YESUS.

    1. Anda menyatakan YESUS adalah TUHAN YANG MENJADI (manusia) berdasarkan Yohanes pasal 1 dan
    Yoh 13:13
    “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.”

    anda mengatakan ” Sedangkan ANAK TUHAN adalah GELAR atau sebutan YANG DIBERIKAN oleh orang-orang kepada Yesus pada saat itu, sedangkan YESUS sendiri MENYEBUT DIRINYA dengan sebutan ‘ANAK MANUSIA’. Namun Yesus tidak menampik dan bahkan membenarkan ketika ada yang menyebut dirinya Tuhan.

    ( BINGUNG :
    1. Mengapa YESUS menyebut dirinya ANAK MANUSIA ? (sedang orang menggelarinya ANAK TUHAN ) , kalau YESUS (memang)TUHAN , mestinya ia memberikan ketegasan dengan menyebut dirinya Tuhan BUKAN Anak Manusia ( sehingga tidak membuat suatu hal yang ambigu).

    Yang harus Saudara pahami adalah misi Tuhan menjadi manusia saat datang kedunia. Jika Saudara paham mengenai ini maka Saudara akan mengerti mengapa Yesus tidak menyebut dirinya Tuhan, Tetapi Dia pun tidak dapat berdusta dengan mengatakan bahwa Dia bukan Tuhan ketika ada orang-orang yang menyebutnya Tuhan, karena Tuhan akan konsisten dengan kekudusanNya sehingga tidak dapat mengatakan sebaliknya karena itu artinya Dia berdusta dan bertentangan dengan kekudusanNya sendiri.

    Banyak sekali pasal yang menuliskan bahwa Yesus selalu menyebutkan dirinya adalah Anak Manusia ( beberapa di antaranya adalah Yoh 9 : 37 ; Lukas 12 : 5 ; Matius 26 : 63-64 ) Tidakkah ini memilik arti sendiri ? seseorang yang (dianggap Tuhan atau anak Tuhan oleh orang-orang malah senantiasa menyebut dirinya adalah Anak Manusia ? )

    Tidak, sama sekali bukan seperti yang Saudara pikirkan. Yesus menyebut dirinya sebagai ANAK MANUSIA karena semua nubuatan yang tertulis dalam kitab para nabi haruslah digenapi dalam diriNya (Allah yang menjadi manusia).

    2. Jika dia (memang) TUHAN mengapa dia (Yesus) tidak MELURUSKAN orang-orang yang menyebutnya ANAK TUHAN agar orang-orang tidak menyebutnya ANAK TUHAN karena dia-lah TUHAN itu sendiri, sehingga orang-orang tersebut langsung menyebutnya TUHAN , tetapi Yesus malah sering menyebut dirinya Anak Manusia ? Tidakkah ini memiliki arti tersendiri ? Bahwa Yesus sebenarnya memang Anak Manusia yang dikirim Allah untuk mengajarkan kebajikan ?
    * Anak Manusia yang TAKUT MATI , Anak Manusia yang senantiasa BERDOA PADA Tuhannya ( Mat 26 : 39),

    Terima kasih, apa yang Saudara nyatakan adalah bukti bahwa Yesus adalah benar-benar manusia dengan segala kelemahan-kelemahan dan pengharapan manusia.

    * Anak Manusia yang diistimewakan oleh Allah hingga dia dapat duduk berdampingan dengan Yang Maha Kuasa ( Mat 26 : 63 – 64 ) , Jika Yesus Tuhan yang menjadi Manusia bagaimana Tuhan duduk di sebelah kanan Tuhan ? artinya Tuhan ada 2 ?

    Sekali lagi saya berterimakasih, apa yang Saudara nyatakan adalah bukti bahwa Yesus adalah Tuhan. jumlah 2 yang Saudara hitung adalah sangat kecil bagi Kuasa Allah yang MAHA HADIR, dimana pada saat yang bersamaan Tuhan berada disisi Saudara dan saya, yang mana kita sama-sama tau bawa kita berada ditempat yang berbeda bukan?

    ( Terus terang konsep Tuhan yang MENJADI (manusia) yang Anda paparkan jika dihubungkan dengan beberapa pasal dalam alkitab sendiri itu menjadi SANGAT MEMBINGUNG kan )

    Saya rasa tidak jika Saudara mempunyai pemahaman akan Kuasa Tuhan.

    3. Anda seorang pembaca alkitab yang baik bukan ? Dapatkah anda memberikan beberapa pasal yang menyatakan secara TEGAS perkataan Yesus itu sendiri yang mengatakan ” Aku adalah Tuhan yang menjadi manusia ” ? ( seperti yang anda jelaskan/yakini)

    Luar biasa, Saudara menuntut saya untuk menunjukan perkataan Yesus haruslah seperti yang Saudara diktekan?
    Saya akan memberikan 1 ayat pada saudara, tetapi maaf jika saya tidak bisa memberikan seperti yang Saudara diktekan.

    Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan. (Why 21:6)

    YESUS TUHAN YANG MENJADI MANUSIA DILAHIRKAN

    Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. (Mat 1:18-25)

    menurut anda itulah saat dimana Tuhan menjadi manusia dalam wujud Yesus.

    PERTANYAAN :
    1. Apakah pada saat itu Tuhan sudah menjadi manusia ? menanti di rahim Maria untuk dilahirkan selama 9 bulan ?

    Tentu, semua manusia normal begitu juga kan?

    2. Pada saat Tuhan yang menjadi manusia dalam wujud YESUS dilahirkan sebagai Bayi yang begitu lemah, apa yang dapat diperbuat Tuhan yang menjadi bayi manusia ? Lalu bagaimana alam semesta ini berjalan ? dan kelahiran-kelahiran anak manusia lainnya dapat terjadi siapa yang memberi mereka kehidupan, sedang Tuhan sendiri pada saat itu TELAH MENJADI MANUSIA dalam fase bayi manusia yang lemah ? Apakah menurut anda Yesus bayi ini tetap 100 % Tuhan yang Maha Berkuasa atau dia telah menjadi 100 % manusia yang penuh keterbatasan ?

    Mohon Saudara pahami arti kata “MAHA HADIR” yang merupakan salah satu dari Kuasa Tuhan.

    PENEBUSAN DOSA

    Menurut anda ,penebusan dosa :

    HANYA BAGI MEREKA YANG MELAKUKAN APA YANG DIAJARKAN oleh Yesus SAJA YANG MENERIMA KESELAMATAN, dan TIDAKLAH MUNGKIN mereka yang TIDAK PERCAYA melakukan apa-apa yang diajarkan oleh Yesus.

    tapi di lain pendapat anda mengatakan :

    Oleh karenanya semua orang yg percaya kepada janji Allah akan pula diselamatkan.

    ( BINGUNG :
    di satu sisi anda mengatakan HANYA bagi mereka yang melakukan apa yang diajarakn Yesus, tapi dilain kesempatan anda mengatakan SEMUA orang yang percaya kepada janji Allah… tentunya anda memahami bukan makna kata HANYA dibanding kata SEMUA … ????
    Satu sisi harus mengikuti ajaran Yesus agar selamat, tapi di satu sisi cukup dengan percaya pada janji Allah saja)

    Yesus dan Allah adalah satu, yaitu Tuhan Yang maha Kuasa. Janji Allah adalah Firman Allah, tanpa firman maka tiada pula janji Allah, inilah yang dijelaskan pada Injil Yohanes pasal 1 :

    Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. ay 1

    Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. ay 2

    Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. ay 14

    jadi barang siapa percaya pada janji/firman Allah, artinya dia percaya kepada Yesus sang firman yang hidup.

    AJARAN YESUS

    Apakah anda yakin umat kristen sudah melaksanakan ajaran Yesus dengan benar seperti yang ada di dalam alkitab ?
    1. Apakah umat kristen sujud sebagaimana sujudnya Yesus
    Mat 26:39
    Maka Ia maju sedikit, lalu SUJUD dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

    Sudah tentu Sama seperti Yesus. Pasal tsb mengisahkan dimana Yesus sujud dan berdoa sebagaimana yang diajarkanNya kepada kami agar jangan melakukan ibadah seperti orang MUNAFIK.

    Matius 6:
    (ay 5) Dan apabila kamu berdoa,
    janganlah berdoa seperti orang
    MUNAFIK. Mereka suka
    mengucapkan doanya dengan
    berdiri dalam rumah-rumah ibadat
    dan pada tikungan-tikungan jalan
    raya, supaya mereka dilihat
    orang. Aku berkata kepadamu:
    Sesungguhnya mereka sudah
    mendapat upahnya.
    (6) Tetapi jika engkau berdoa,
    masuklah ke dalam kamarmu,
    tutuplah pintu dan berdoalah
    kepada Bapamu yang ada di
    tempat tersembunyi. Maka
    Bapamu yang melihat yang
    tersembunyi akan membalasnya
    kepadamu.
    (ay 7) Lagipula dalam doamu itu
    janganlah kamu bertele-tele
    seperti kebiasaan orang yang
    tidak mengenal Allah. Mereka
    menyangka bahwa karena
    banyaknya kata-kata doanya akan
    dikabulkan.
    (ay 8) Jadi janganlah kamu seperti
    mereka, karena Bapamu
    mengetahui apa yang kamu
    perlukan, sebelum kamu minta
    kepada-Nya.

    2. Apakah dalam beribadah umat Kristen mematuhi apa yang diperintahkan Yesus dalam (Keluaran 30 : 1 – 6) ?

    Luar biasa…, saya panjang lebar memberikan pemahaman mengenai Yesus adalah Allah yang menjadi manusia padahal Saudara sendiri sudah mengakui itu pada pertanyaan Saudara ini (perintah Yesus kepada Musa -+ 2000 tahun sebelum Dia datang sebagai manusia :)

    Semua yang ada dalam kitab perjanjian lama sudah digenapi oleh Allah dalam diri Yesus, sehingga setiap orang telah dilayakkan untuk bertemu langsung dengan Allah, dimana hal ini ditandai dengan terbelahnya tabir pemisah ruang maha kudus pada bait suci saat kematian Yesus di kayu salib. (Mat 27:51)

    3. Apakah umat Kristen mematuhi perintah Yesus untuk tidak membuat patung seperti yang diungkapkan pada pasal ( Keluaran 20 : 4 ; Imamat 26 : 41 ; Ulangan 4 : 23 ; Ulangan 5 : 8) ?
    ( Kenyataan sekarang : ada banyak patung yang ada di beberapa gereja dan rumah umat Kristen lain, rumah anda mungkin ? )

    Ayat selanjutnyalah yang merupakan kunci mengapa tidak diperbolehkan membuat patung. Saudara mualai tidak Fair :)

    Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku, (Keluaran 20 : 4-5)

    Masih banyak ajaran Yesus dalam kitab yang tidak dilakukan oleh umat kristen, sebagai pembaca alkitab mungkin anda bisa mencarinya.

    oya? bagaimana bisa tanpa pemahaman yang benar Saudara menghakimi orang?

    Jika memang demikian apa mungkin akan selamat atau diselamatkan ?

    Kalau membuat patung lalu menyembahnya, ya jelas tidak bisa diselamatkan….tetapi jika membuat patung hanya untuk karya seni atau sebagainya bukan untuk disembah kenapa tidak? Larangannya pun tidak ada.

    PENEBUSAN DOSA

    anda mengatakan bahwa Yesus menebus dosa kepada MAUT

    Pengorbanan yang Yesus lakukan untuk menebus dosa manusia adalah MELALUI KEMATIANNYA dalam daging agar dapat turun dan merebut kunci-kunci kerajaan maut,

    Lalu apa makna ucapan Yesus dalam Lukas 23 : 46
    ” Lalu Yesus berseru nyaring , ” Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu kuSERAHkan NYAWAku. Dan sesudah berkata demikian ia menyerahkan nyawanya. ”
    Artinya Yesus tidak dapat mati jika tidak atas kehendaknya sendiri untuk menyerahkan nyawanya, lalu :

    Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut. (Why 1:17)

    Jadi apakah MAUT ini adalah BAPA (TUHAN) ? Tentu saja anda menyangkalnya karena anda mengatakan KUASA MAUT adalah Ketiadaan Allah.
    Lalu Jika Tuhan sudah mejadi manusia, dalam pasal tersebut pada Tuhan yang mana (lagi) Yesus menyerahkan nyawanya ? Bukankah Tuhan yang Tunggal sudah mengaruniakan dirinya sendiri dalam wujud manusia (Yesus) ? sesuai pendapat anda yang mengacu pada

    Yoh 3 : 16
    Karena inilah yang Yesus Katakan :
    Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga IA TELAH MENGARUNIAKAN ANAK-Nya yang TUNGGAL, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

    ( Bagaimana menurut anda ? )

    Menurut saya, alangkah baiknya jika Saudara belajar untuk memahami arti kata sederhana ini “MAHA HADIR”.

    Apa yang saya tanyakan di atas adalah pertanyaan yang terus timbul dari setiap penjelasan anda yang tumpang tindih, dan tolong disertakan dalil dalam alkitab untuk setiap penjelasan anda untuk mendukung itu semua, seperti Yesus menebus dosa pada Maut… itu dicantumkan pada pasal apa ?

    Sudah saya cantumkan diatas, kalau bukan pada maut, lantas untuk apa Yesus memegang kunci-kuncinya.

    Bukan pendapat pribadi seperti halnya PAULUS yang notabene tidak pernah bertemu YESUS tapi ajaran PAULUS yang paling banyak diikuti oleh Umat Kristen. ( Mohon maaf… tap kenyataan yang terjadi jika anda mau melihat sekeliling memang seperti itulah adanya )

    Memang bukan pendapat pribadi, tapi pendapat rame-rame, doktrin yang sangat islamiah sekali, namun bukanlah begitu adanya :)

    Namun yang saya lihat anda begitu teguh dengan Iman Kristen anda. Yakinkah anda akan beroleh hidup kekal ? seperti yang dijanjikan di

    Yoh 3 : 16
    Karena inilah yang Yesus Katakan :
    Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga IA TELAH MENGARUNIAKAN ANAK-Nya yang TUNGGAL, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak
    binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

    Yakinkah anda dengan Iman anda pada Yesus anda dapat meminum racun tanpa celaka, seperti yang dijanjikan di Markus 16 : 18 ?

    Tentu, 100000000000000000000% saya yakin karena keselamatan didalam Yesus bukanlah keselamatan yang mudah-mudahan :)

    Apa pun jawaban anda atas pertanyaan saya , saya sangat menghargainya. Semoga ini menambah dan membuka cakrawala pemikiran dan hati kita akan sebuah kebenaran yang hakiki yang tidak saja dapat diterima oleh hati namun juga secara rasio. Karena hati dan akal senantiasa harus berjalan beriringan.

    Saya sangat setuju dengan Saudara.

    Mohon Maaf saudara Febrina, sepertinya saya harus meninggalkan diskusi ini, karena saya tak beroleh pemahaman apa pun kecuali kebingungan-kebingungan yang sama.

    Terimakasih Saudara Alcent, senang berdiskusi dengan Saudara walaupun saudara masih bingung, bahkan untuk bisa memahami arti kata yang sangat sederhana seperti “MAHA HADIR”, namun saya sangat menghargai keingitahuan Saudara semoga diskusi kita ini dapat membuka wawasan pembaca blog My Family.

    JCBU

    • Alcent mengatakan:

      Saudara Febrina yang terhormat,
      Ada yang harus saya luruskan di sini agar tidak timbul kesalahpahaman :
      1. Saya tidak pernah memaksa anda untuk mencari perkataan Yesus harus seperti apa yang saya katakan. Saya hanya meminta anda memberikan referensi/dasar yang (lebih) tepat dari al-kitab/bibel ketika anda dengan yakin mengatakan bahwa “ YESUS adalah Tuhan yang MENJADI manusia “ , karena saya berpikir jika anda begitu yakin mengatakan hal itu, pastilah ada satu ayat yang mungkin terlewati oleh saya, yang dengan TEGAS menyebutkan hal tersebut sehingga dapat menguatkan keputusan Konsili I di Nicea yang menetapkan bahwa Yesus adalah Tuhan, sehingga konsep “ Yesus adalah Tuhan yang menjadi manusia “ bukan hanya sekedar dogma lagi . Tapi jika memang tidak ada… ya anda tidak perlu emosi. Saya cukup menghargai usaha anda.
      Karena berdasarkan literatur sejarah yang saya baca penetapan bahwa Yesus adalah Tuhan itu diambil atas dasar Konsili I di kota Nicea yang kemudian disahkan oleh Kaisar Konstantin pada tahun 325 M ( Bukankah begitu ? ). Yang menimbulkan hukum buang bagi yang menolak hasil keputusan tersebut, hal ini menimpa kaum Arian karena kaum ini menolak konsep Yesus adalah Tuhan, karena mereka berpendapat bahwa Yesus adalah makhluk ciptaan Tuhan. (Jadi berdasarkan sejarah Yesus disahkan sebagai Tuhan pada tahun 325 M oleh Kaisar Konstantin. Berarti sebelum 325 M Yesus belum sah menjadi Tuhan, karena masih ada perbedaan pendapat di kalangan umat Kristen pada waktu itu ).

      Shallom Saudara Alcent…
      Sebelumnya saya ingin sampaikan bahwa saya sedikitpun tidak terbawa emosi, saya hanya ingin tau apakah Saudara memerlukan pemahaman saya atas pertanyaan saudara itu? Dan nyatanya Saudara mengklarifikasi pertanyaan tersebut. Mengapa saya berbuat demikian? tidak lain karena saya pun memerlukan pemahaman saudara atas apa yang telah dan akan saya sampaikan. Saya yakin Saudara mempunyai pikiran yang baik untuk mencerna isi ataupun maksud dari suatu pernyataan yang dikemukakan.

      Saya sudah memberikan Anda ayat dimana Yesus membenarkan bahwa diriNya adalah Tuhan dan ketegasan itu dinyatakan oleh Yesus sendiri, jadi ketegasan seperti apalagi yang Saudara inginkan? Namun begitu saya akan meberikanmya lagi untuk Saudara.

      Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.” (Yoh 8:58)

      Aku dan Bapa adalah satu.” (Yoh 10:30)

      Saya kira pikiran anda cukup baik untuk menangkap apa maksud dari perkataan-perkataan Yesus diatas.

      Untuk masalah Konsili I di Nicea, saya tidak tau Saudara membaca sejarahnya dari sumber yang mana sehingga timbul pernyataan klasik seperti yang Saudara sampaikan ini :
      “(Jadi berdasarkan sejarah Yesus disahkan sebagai Tuhan pada tahun 325 M oleh Kaisar Konstantin. Berarti sebelum 325 M Yesus belum sah menjadi Tuhan, karena masih ada perbedaan pendapat di kalangan umat Kristen pada waktu itu ).”

      Supaya tidak salah dalam mengambil kesimpulan, sebaiknya Saudara baca saja dulu mengenai Konsili I di Nicea disini ==> Konsili I di Nicea

      2. Seperti yang sudah saya katakan, bahwa Tuhan menganugerahkan hati dan akal kepada manusia untuk digunakan berpikir dan memilah mana yang benar atau salah secara rasional sehingga diperolehlah sebuah KEBENARAN bukan PEMBENARAN. Dan saya tidak merasa memaksakan TUHAN harus sesuai apa yang saya inginkan, karena Tuhan Maha Kuasa sedang saya /kita hanya manusia ciptaanNya yang tak punya kuasa apa pun kecuali atas kehendakNya. ( Setujukah anda dengan pendapat saya ? ), saya hanya mencoba bersikap rasional saja dalam memikirkan kebenaran konsep Ketuhanan yang anda gulirkan, karena jika tidak maka untuk apa akal diberikan pada manusia. Kalau rasio/akal dan hati tak digunakan apa bedanya manusia dengan binatang ? ( Apakah anda masih setuju dengan saya ? ). Seperti yang disebutkan dalam :
      (Amsal 10 : 21)
      Bibir orang benar menggembalakan banyak orang, tetapi orang bodoh mati karena kurang akal budi.

      Saya sangat setuju dengan saudara

      3. Saya setuju dengan anda bahwa Tuhan Maha Hadir, dalam arti Tuhan dapat HADIR di mana pun dan kapan pun . Logikanya KEHADIRAN TUHAN TAK BERBATAS RUANG DAN WAKTU. Sampai sini apakah saya salah menafsirkan arti MAHA HADIR ? Jika anda setuju dengan saya bahwa KEHADIRAN TUHAN TAK BERBATAS RUANG DAN WAKTU, maka silahkan anda teruskan membaca e-mail ini . Jika TIDAK , maka berhentilah sampai di sini , hapus e-mail ini dari folder anda.

      Saya sutuju dengan Saudara.

      4. TUHAN MAHA HADIR, TIDAK BERBATAS RUANG DAN WAKTU, artinya Dia bisa hadir di mana pun dan kapan pun tanpa ada yang membatasi. Dia bisa hadir di masa lalu, masa kini, dapat hadir dalam diri anda ( saat anda mengajak pada hal kebajikan ), namun Dia juga dapat hadir dalam diri saya atau orang lain atau dapat hadir di Planet Mars atau Pluto sekali pun atau mungkin di galaksi lain , Setujukah anda dengan pendapat saya ? Jika Ya maka mari kita lanjutkan.
      a. Tuhan Maha Hadir, Dia dapat hadir dalam diri anda sekarang (dalam perbuatan anda yang baik ), apakah hal ini menyebabkan anda menjadi Tuhan ?

      Maaf Saudara Alcent, pada point 4a ini saya tidak setuju jika Saudara mengartikan Tuhan = perbuatan baik saya.

      b. TUHAN MAHA HADIR, TIDAK BERBATAS RUANG DAN WAKTU artinya TIDAK ADA SATU PUN yang mampu membatasi gerakNya bukan ? ( Apakah anda masih setuju ? Jika anda tidak setuju maka anda tutup dan hapus saja e-mail ini sekarang, Jika Setuju maka silakan dilanjutkan kembali )

      Namun konsep yang anda gulirkan bahwa TUHAN MENJADI MANUSIA (YESUS), secara rasional, bukankah konsep anda ini telah MEMBERIKAN RUANG itu sendiri kepada TUHAN , dengan Manusia sebagai ruangNya , dengan adanya Ruang maka akan ada batas ? ( bukankah begitu ? ) dan sepeti yang selalu anda tekankan pada setiap diskusi di blog ini agar kita selalu memahami kata MENJADI. Sehingga dengan memberikan Ruang (manusia) pada TUHAN (pada saat Tuhan menjadi manusia ( Yesus)) , maka apakah konsep TUHAN MAHA HADIR TIDAK BERBATAS RUANG DAN WAKTU masih dapat dipakai ?

      Tuhan sebagai yang Maha Hadir tidak terbatas ruang dan waktu, Tetapi ketika Tuhan MENJADI manusia, manusianya inilah yang terbatas ruang dan waktu, bukan keIlahianNya.

      Rasio dan hati saya mengatakan bahwa KEHADIRAN TUHAN YANG MAHA KUASA TIDAK AKAN DAPAT DIBATASI OLEH APA PUN BAHKAN RUANG DAN WAKTU SEKALI PUN. sedangkan kehadiran MANUSIA sangat amat dibatasi oleh ruang dan waktu. (Salahkah saya jika menyatakan bahwa KUASA TUHAN terhadap ruang dan waktu pasti lebih besar dari MANUSIA ?, Jika saya salah, tolong tunjukkan di mana letak kesalahannya ? )
      Maka saya melihat di sini bahwa sifat TUHAN dan MANUSIA itu BERBEDA
      Maka kesimpulan yang dapat saya ambil TUHAN TIDAK SAMA DENGAN MANUSIA, sehingga Tuhan (Allah) ≠ Yesus ( Manusia). Tuhan lebih besar (kuasaNya) dibanding manusia, karena manusia tak dapat berbuat apapun melainkan menurut kehendak Tuhan.

      Tuhan ≠ dengan manusia, karena manusia diciptakan.
      Yesus = Tuhan, karena di dalam Yesus sang Firman yang hidup segala sesuatu diciptakan

      karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.(Kol 1:16)

      Sama seperti yang dinyatakan dalam (Yohanes 14: 28).
      “Kamu telah mendangar, bahwa aku telah berkata kepadamu:
      Aku pergi, tetapi aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi aku, kamu tentu akan bersukacita karena aku pergi kepada Bapaku, sebab Bapa lebih besar dari pada aku.”.

      ( Yohanes 5 : 30)
      “Aku tidak dapat beruat apa-apa dari diriku sendiri. Aku
      menghakimi sesuai dengan apa yang aku dengar, dan panghakimanku adil, sebab aku tidak menuruti kehandakku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus aku”

      (Matius 24: 36)
      Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.”

      ( Salahkah kesimpulan saya ini ? Apakah saya memaksakan sifat Tuhan menurut keinginan saya ? Jika saya salah, maka apa yang benar menurut anda ?)

      Yang harus Saudara pahami adalah ketika Tuhan menjadi manusia, maka tubuh/fisik manusiaNya tentu akan tunduk kepada hukum-hukum alam, jika tidak maka Ia tidak bisa disebut sebagai manusia. Namun demikian kita dapat melihat keIlahianNya dari perbuatan-perbuatan yang telah diperbuat oleh Yesus yang justru bertentangan dengan hukum alam. Hal ini sudah dijelaskan pada Kitab Ibrani 2:9
      Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia

      Apakah ada penyanggahan terhadap ketiga pasal ini ? Jika ada ayat/pasal yang menyanggah maka ayat/pasal mana yang lebih kuat kedudukannya ? Apa yang menyebabkan ada pasal/ ayat yang kedudukannya lebih kuat dibanding yang lain ?

      Tidak ada kedudukan yang lebih tinggi atau lebih rendah dalam setiap ayat-ayat Alkitab, yang ada adalah ayat yang satu akan menguatkan atau menjelaskan ayat yang lainnya, yang tentu saja masih ada kaitan atau hubunyanya dengan ayat yang dimaksud, seperti yang saya berikan ayat diatas untuk menjelaskan bagaimana keadaan Tuhan Saat MENJADI manusia.

      Sekali lagi kita sudah sepakat dalam diskusi ini untuk mencari kebenaran kita harus menggunakan modal dasar yang telah dianugrahkan Tuhan kepada kita yaitu akal dan hati , sebagaimana yang disebut dalam

      (Amsal 10 : 21)
      Bibir orang benar menggembalakan banyak orang, tetapi orang bodoh mati karena kurang akal budi.

      Analogi Tuhan Menjadi Manusia ( Maha Pencipta MENJADI CiptaanNya ) :
      Jika anda membuat kue, maukah anda menjadi kue ?
      Atau lebih spesifik lagi maukah seorang pencipta menjadi ( seperti ) yang diciptakannya ? ( Tukang mebel menjadi mebel, Pencipta software menjadi software dlsb)
      saya yakin banyak yang akan menjawab TIDAK, karena hal itu secara logika pastilah akan membatasi geraknya dan menurunkan derajatnya sebagai the creator, karena PENCIPTA ≠ CIPTAANNYA
      Karena PENCIPTA (pastilah) lebih hebat dari CIPTAANNYA.

      ( Jika saya salah, apa yang benar menurut anda ? )

      Yang salah adalah analogi Saudara, dimana ciptaan yang Saudara sebutkan satu pun tidak ada yang mempunyai karakteristik seperti penciptanya.

      Jika Saudara membuat kue, apakah Saudara juga sekalian memberikan kue itu kemampuan supaya dengan kehendak bebasnya untuk mengasihi Saudara sebagai sang pencipta kue tersebut?

      Jika Saudara tukang meubel, apakah Saudara juga sekalian memberikan meubel itu kemampuan supaya dengan kehendak bebasnya untuk mengasihi Saudara sebagai sang pencipta meubel tersebut?

      Jika Saudara pencipta software, apakah Saudara juga sekalian memberikan software itu kemampuan supaya dengan kehendak bebasnya untuk mengasihi Saudara sebagai sang pencipta software tersebut?

      1 Yohanes 4:7-21 = Allah adalah kasih
      Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. (ayat 10)

      Mengapa Tuhan sedemikiannya mengasihi manusia? Karena manusia bukan dibuat seperti saudara membuat kue, tukang yang membuat meubel maupun programer membuat software. Manusia diciptakan segambar dengan Tuhan, jadi sangatlah memungkinkan masuk akal dan logis apabila Tuhan berkehendak menjadi manusia yang memamg merupakan gambar dirinNya sendiri.

      Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. (Kej 1:27)

      5. TUHAN MENJADI MANUSIA UNTUK MENEBUS DOSA MANUSIA PADA MAUT
      Entahlah mohon maaf sekali lagi bahwa rasio dan hati saya sulit menerima penjelasan anda yang bisa dibilang ambigu.
      Anda meyakini Tuhan MAHA KUASA & MAHA MENGASIHI, tapi di sisi lain anda/bible mengatakan Tuhan menjadi manusia untuk menebus dosa manusia pada maut. Pertanyaan yang kerap muncul dalam benak saya :
      a. Sebenarnya manusia itu berdosa kepada siapa ? Tuhan atau Maut ?

      Ya jelas kepada Tuhanlah manusia itu berdosa, dan maut adalah konsekuensinya

      b. Kalau manusia itu berdosa pada Tuhan karena tidak mematuhi perintahNya, lalu kenapa Tuhan yang harus mempertanggungjawabkan dosa manusia (menebus dosa) kepada Maut ? bukankah manusia yang harus menebus dosa mereka pada Tuhan ? karena merekalah berdosa pada Tuhan.

      Hal ini sudah pernah Saudara tanyakan dan saya jawab pada diskusi kita sebelumnya :

      Yang menginginkan penebusan tersebut bukanlah MAUT, tetapi Tuhan sendirilah yang mengingininya karena kasihnya terhadap manusia yang tidak mempunyai kuasa untuk menyelamatkan dirinya sendiri dari MAUT. Allah menjadi daging dalam rupa manusia untuk melakukan penebusan adalah karena kekudusan dan keadilan-NYA.

      (Amsal 10 : 21)
      Bibir orang benar menggembalakan banyak orang, tetapi orang bodoh mati karena kurang akal budi.

      c. Tuhan menjadi manusia untuk menebus dosa pada maut, untuk merebut kunci-kunci dari kuasa maut. Kembali saya tanyakan jadi siapa yang lebih berkuasa di sini ? Tuhan atau Maut ?

      ini adalah pertanyaan yang sama dari diskusi kita sabelumnya, dan jawaban yang sama pula yang akan saya berikan :

      Yang harus anda pahami pada titik ini adalah apa yang dimaksud dengan maut, bukan mengenai siapa yang lebih berkuasa. Saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai hali ini.
      Allah adalah Hidup, jika tidak ada Allah maka tidak ada pula kehidupan. Saat manusia pertama jatuh kedalam dosa ia telah terpisah dari Allah oleh karena kekudusan Allah tidak dapat bersatu dengan dosa. Jadi yang dimaksud dengan “KUASA MAUT” itu adalah ketiadaan ALLAH, sama seperti gelap karena ketiadaan cahaya.

      Dari penjelasan saya yang singkat ini semoga anda dapat memahami apa yang dimaksud dengan “KUASA MAUT”.

      mungkin sebelumnya saya tidak menebalkan huruf yang seharusnya menjadi perhatian lebih buat saudara, tapi sekarang saya sudah melakukannya. Silahkan Saudara yang mengedepankan rasionalitas Saudara untuk mencerna penjelasan yang saya kemukakan.

      Atau akan saya berikan analoginya seperti ini :

      Pemerintah membuat peraturan yang berupa larangan keras bagi siapapun warga negaranya agar tidak memberontak kepada pemerintah, dan siapa saja yang melanggar larangan itu akan dihukum dengan dimasukan kedalam penjara.
      Saudara sudah tau dan mengerti akan aturan itu, tetapi entah dari mana, tiba-tiba datanglah seseorang menghampiri Saudara lalu membujuk saudara dengan segala tipu muslihat agar Saudara menlanggar aturan yang berlaku ini. Saudara akhirnya terbujuk dan menjadi seorang pemberontak sehingga Saudara melanggarnya, lalu ditangkap dan dimasukan kedalam penjara sesuai dengan peraturan tersebut.
      Ketika di didalam penjara, selama Saudara menjalani masa hukuman Saudara otomatis kehilangan hak-hak saudara sebagai warga negara beserta hak asasi saudara untuk menikmati kebebasan.

      KUASA MAUT, sama dengan PENJARA seperti analogi saya diatas. Sebagaimana penjara berkuasa atas kebebasan Saudara, demikian pula MAUT berkuasa atas hidup Saudara.

      Sekarang pertanyaanya, sebagai seorang terhukum, mampukah Saudara mengupayakan agar Saudara terbebas dari hukuman tersebut? Usaha apa yang dapat Saudara lakukan didalam penjara untuk menebus kesalahan Saudara dimana semua hak saudara sebagai warga negara sudah tidak Saudara miliki lagi?

      Saya katakan pada Saudara, satu-satunya cara agar saudara dapat memperoleh hak dan kebebasan Saudara kembali adalah jika ada seseorang diluar sana yang tidak cacat hukum bersedia untuk MENEBUS Saudara. Karena tidak mungkin seseorang yang cacat hukum dapat membebaskan seorang terhukum yang lainnya….dan tentu saja, si PENEBUS ini haruslah bersedia MEMBAYAR HARGA yang setimpal dengan pelanggaran yang Saudara perbuat, dalam pengertian bahwa harus ada yang DIKORBANKAN dari apa yang dimilikinya, Karena jika tidak, maka tidak ada keadilan disitu, akibatnya akan kacau-balaulah negara yang hukumnya tanpa keadilan.

      Bagaimana jika tidak ada yang menebus? Bukankah Saudara harus menjalani hukuman tersebut selama waktu yang telah ditentukan, walaupun selama menjalani masa hukuman Saudara berusaha berbuat baik, tetapi vonis telah dijatuhkan, sebaik apapun sikap dan perbuatan Saudara selama di dalam penjara tidak akan mengurangi sedetikpun masa hukuman yang harus Saudara tanggung hingga genap waktunya.

      Sekarang mari kita renungkan sejenak, bagaiman jika hukuman yang harus kita tanggung karena kesalahan kita sendiri adalah hukuman MATI?
      Adakah jalan keluar lainnya untuk menyelamatkan hidup kita dan terhindar dari hukuman mati tersebut? Sebagai contoh nyata, saya saya sangat yakin bahwa Amrozi dan kawan-kawannya setelah dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan, selama mereka dipenjar melakukan hal-hal yang baik. Tetapi sebagaimana kita ketahui bersama, sebaik apapun kelakuan mereka tidak bisa membebaskan mereka dari vonis hukuman mati tsb. Saat tiba waktunya eksekusipun dilaksanakan dan semuanya mati. Seperti inilah keadaan manusia yang telah berdosa dan jatuh kedalam KUASA MAUT sehingga harus binasa.

      Saya berharap Saudara Alcent dapat lebih memahami mengenai apa yang dimaksud dengan “KUASA MAUT” itu. Dan bisa membedakan antara “KUASA MAUT” dengan “PENGUASA ALAM MAUT”.

      Untuk yang terakhir ini akan saya tuliskan artikelnya, jadi tidak perlu kita bahas sekarang.

      (Amsal 10 : 21)
      Bibir orang benar menggembalakan banyak orang, tetapi orang bodoh mati karena kurang akal budi.

      Jika Tuhan MAHA KUASA lalu mengapa harus merebut/berebut kunci dengan Kuasa Maut dengan mengorbankan diri ? bukankah dengan ke MAHA KUASAan NYA, Tuhan dapat dengan mudah mengambil alih atau membuat kunci baru dan mengalahkan Maut ? atau hal ini dikarenakan sifat Maha Kuasa Tuhan hilang dan harus merebut kunci dari kuasa Maut karena Tuhan (telah) menjadi manusia ? dan dengan keberhasilanNya merebut kunci dari maut maka ia bisa kembali kepada sifatNya (semula) ? , maaf itu hanya pertanyaan yang kerap menggelitik, karena itulah letak ambigunya MAHA KUASA tapi harus menebus demi merebut sesuatu. (Jika hal ini terjadi bukankah itu menyebabkan hilangnya sifat Maha Kuasa Tuhan itu sendiri ?

      Yang membuat abigu adalah pola berpikir Saudara sendiri. Mohon Saudara pahami, Tuhan Adalah Tuhan yang tidak melepaskan Ke”MAHA”anNYa untuk Ke”MAHA”anNya yang lain. Jika Tuhan itu adalah Tuhan yang MAHA KUASA, MAHA ADIL dan MAHA KUDUS (SUCI), maka Dia tidak akan Menggunakan KEMAHA KUASAANNYA jika itu menghilangkan KEMAHA ADILAN dan KEMAHA KUDUSAN-NYA dengan melakukan suatu hal yang tidak adil.

      salahkah akal saya sebagai manusia yang lemah memposisikan/mengharapkan Tuhan adalah Maha Hebat, karena Dia tempat memohon segala sesuatu ?

      Apakah Saudara mengharapkan Tuhan yang MAHA HEBAT namun tidak MAHA ADIL dan TIDAK KUDUS? Dapatkah Tuhan yang seperti ini dijadikan tempat memohon segala sesuatu?

      Jika tidak demikian maka apa bedanya Tuhan dengan Manusia ? )

      Apakah menurut Saudara Tuhan yang Maha Hebat namun tidak MAHA ADIL dan TIDAK KUDUS akan menjadikannya lebih baik daripada manusia sehingga pantas untuk Saudara jadikan tempat memohon segala sesuatu?

      Analoginya seperti ini :
      Jika anda adalah Raja yang berkuasa, banyak orang yang meminta bantuan dan pertolongan dari anda mulai dari pejabat sampai pengemis. Jika ada pengemis yang datang pada anda untuk membantunya mengambil/menebus makanannya yang direbut oleh preman, maka pertanyaannya apakah untuk menolong menebus makanan pengemis itu pada preman maka anda harus menjadi pengemis juga atau cukup menggunakan kuasa anda ?

      Analogi Saudara tidak berhubungan sama sekali dengan penebusan yang dimaksud. pengemis dalam analogi Saudara itu tidak disebutkan apakah ia pernah membangkang terhadap perintah-printah saya sebagai raja, dan dinyatakan bersalah sehingga ketika hal itu terjadi, status si pengemis adalah sebagai seorang yang terhukum dengan dakwaan membangkang perintah saya, raja yang berkuasa.

      Saudara Alcent, saya minta Saudara dapat memberikan analogi dengan menggunakan rasio mengenai hal apa yang sedang dibahas, supaya kita dapat mencari kebenaran yang sebenarnya, bukan pembenaran seperti yang Saudara sampaikan diatas.

      6. Jika anda yakin bible/alkitab 100% firman Tuhan. Ada hal yang ingin saya tanyakan , sebelumnya Anda dan saya sepakat mengakui bahwa Tuhan pastilah MAHA KUASA , tapi bagaimana pendapat anda tentang ayat-ayat berikut yang saya temukan dalam bible :
      (Kejadian 6: 6 – 7).
      maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.
      Berfirmanlah TUHAN: “Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Akumenyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka.”

      ( menurut anda layakkah Tuhan yang MAHA KUASA menyesal seperti sifat manusia ? Mengapa ? Bukankah Tuhan MAHA HADIR dan MENGETAHUI? Dia pasti Maha Tahu apa yang diperbuatNya. )

      Saudara Alcent, sekali lagi Saya minta Saudara untuk menggunakan rasio sebelum bertanya. Sekarang tolong jawab pertanyaan saya ini:

      Sudara mengatakan bahwa menyesal itu adalah sifat yang ada pada manusia, dan Anda bermaksud untuk menyampaikan bahwa pada Tuhan tidak ada sifat menyesal itu, betul?
      Pertanyaan saya adalah, darimana asal sifat menyesal yang ada dalam diri manusia itu?
      Manusia sendirikah yang menciptakannya?
      jika iya, tolong Saudara tunjukan manusia yang pertama kali menciptakan sifat menyesal itu. Silahkan.

      Tuhan MAHA HADIR dan MENGETAHUI namun Ia juga menciptakan manusia dengan dianugrahi kehendak bebas, sehingga manusia dapat mengasihi Tuhan dengan kehendak bebasnya.

      Analogi berikut menjelaskan juga mengapa analogi Saudara pada point 4 tidak tepat.

      Anggaplah Saudara seorang programer yang menciptakan sebuah software yang dapat bebicara sebanyak kosakata yang Saudara ketahui. Lalu software tsb Saudara program agar mengeluarkan suara yang mengatakan “aku mengasihi kamu Alcent…aku mengasihi kamu Alcent”. Kemudian Saudara seting programnya agar setiap kali Saudara menggunakan software tsb keluarlah suara program yang bunyinya “aku mengasihi kamu Alcent…aku mengasihi kamu Alcent” selama software tsb diaktifkan.

      Yang ingin saya tanyakan,
      1. Apakah Saudara dapat MERASAKAN adanya kasih dalam software ciptaan Saudara?
      2. Apakah RASIONAL dan MASUK AKAL apabila Saudara Alcent membalasnya dengan mengasihi software tersebut

      Jika jawaban Saudara untuk kedua pertanyaan saya ini adalah “TIDAK”, maka saya anggap Saudara sudah paham bagaimana manusia diciptakan berikut kehendak bebasnya.

      (Yesaya 42: 13).
      Aku membisu dari sejak dahulu kala, Aku berdiam diri, Aku menahan hati-Ku; sekarang Aku mau mengerang seperti perempuan yang melahirkan, Aku mau mengah-mengah dan megap-megap.

      ( bagaimana menurut anda ? mengapa Tuhan yang MAHA KUASA mengap-mengap tak berdaya ?)

      Apa bukti mengap-mengap di ayat itu sama dengan tak berdaya? Mengapa Saudara yang selalu mengedepankan Rasio namun tidak mampu untuk mengenali BAHASA KIASAN dalam ayat tersebut sehingga mengartikannya secara harfiah seperti itu?

      Tidak dapat saya bayangkan bagaimana jadinya kalau suatu saat nanti Saudara mendengar seseorang disebut sebgai ANAK EMAS dan Saudara akan berkutat dengan rasio Saudara yang dikarenakan si anak emas ini bukan terbuat dari emas :D

      ( Keluaran 31 : 17 )
      Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya, sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat.”

      ( Apakah Tuhan yang Maha Kuasa juga butuh istirahat ? Mengapa ? )

      lho…Saudara Alcen ykk, Haruskan saya menjelaskan pada Saudara yang selalu mengingatkan untuk menggunakan rasio? Apakah Saudara belum tau kalau berhenti bekerja itu butuh – tidak butuh dimana-mana namanya ya ISTIRAHAT, istirahat dari kegiatan yang sedang dilakukan namun bukannya berarti tidak melakukan apa-apa. Saya melihat Saudara mengansumsikannya seolah-olah Tuhan itu kelelahan dan butuh istirahat begitu? Bukankah sudah jelas pada hari ketujuh itu Tuhan berhenti dari perkerjaan mencipta langit dan bumi beserta isinya? Dan memang, setelah itu sudah tidak ada lagi yang diciptakan oleh Tuhan, kecuali yang diciptakan oleh Yesus untuk menunjukan KEILAHIANNYA. So…harus pakai kata apalagi untuk menjelaskan berhenti bekerja itu = ISTIRAHAT

      ( Kejadian 3: 8-10)
      “ Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman. Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?”
      Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.”

      ( Menurut anda apakah Tuhan memiliki kaki seperti manusia, mengapa ?

      Karena manusia diciptakan segambar dengan Tuhan.

      Saya sungguh heran dengan logika Saudara yang awal-awalnya menjunjung tinggi rasio, seperti sudah pernah saya jelaskan pada diskusi sebelumnya, dan pada diskusi kali inipun saya cantumkan kalau manusia itu dijadikan segambar dengan Tuhan, bukan Tuhan yang segambar dengan manusia. Jika manusia mempunyai kaki, itu berarti gambaran dari Tuhan yang mempunyai kaki. Apakah harus saya jelaskan lagi apa artinya SEGAMBAR?

      Mengapa Tuhan menanyakan keberadaan manusia ? Bukankah kita sepakat Tuhan itu Maha Kuasa dan Maha Hadir ? )

      Pasal yang Saudara bawa adalah tentang kejatuhan manusia kedalam dosa. Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha Hadir itu bukannya tidak tau manusia itu berada dimana, tetapi Tuhan ingin menunjukan bahwa ketika manusia melanggar perintahnya, maka saat itu juga manusia tsb terpisah dari Tuhan. Namun dibalik kisah itu tersirat bahwa Tuhanlah yang sejak awal berinisiatif untuk mencari manusia, dimana manusia justru takut dan ingin bersembunyi dari hadapan Tuhan karena dosanya.

      ( Hati saya terluka, rasio saya berontak membaca pasal-pasal tersebut betapa KeMAHA KUASan TUHAN dilecehkan, siapakah yang melakukannya ? Tuhan sendiri atau kesalahan manusia ? Apakah anda merasakan hal yang sama dengan saya saudara Febrina ? )

      Saya tidak merasakan hal yang sama dengan Saudara, dalam Alkitab Semua ke”MAHA”an Tuhan tidak pernah dilecehkan, Saudaralah yang mencoba untuk melakukannya dengan mengabaikan Ke”MAHA”an Tuhan yang lainnya demi Ke”MAHA KUASAAN” saja seperti buah pikiran yang sudah Saudara sampaikan pada point 5c diatas.

      7. Jika anda tetap berpegang teguh bahwa Yesus adalah Tuhan , maka kembali saya katakan bahwa Iman Kristen anda sangat kuat, lebih besar dari biji sawi. Apakah anda menjadikan bible sebagai pedoman dalam hidup ? apakah anda yakin bible merupakan 100 % Firman Tuhan tanpa cela sedikit pun dan dapat dibuktikan kebenarannya ?

      Berpedoman pada pasal
      (I Tesalonika 1 : 10 )
      “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik”

      maka sudahkah anda menguji kemampuan anda untuk bicara dalam berbagai bahasa baru (tanpa kursus), bicara pada gunung , meminum racun maut tanpa celaka dan dapat menyembuhkan orang sakit hanya dengan meletakkan tangan anda di atas mereka ? , seperti yang dijanjikan Tuhan pada salah satu pasal :

      ( Matius 17 : 20 )
      Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.
      (Markus 16 : 17 – 18 )

      “Tanda-tanda ini akan menyertai orang – orang yang percaya : mereka akan mengusir setan-setan demi namaku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya di atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

      Sudahkah anda mengujinya ?

      Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!” (Mat 4:7)

      Saudara Alcent, Anda persis seperti (maaf) iblis ketka mencobai Yesus dengan menggunakan Firman Tuhan.

      Terima kasih saudara Febrina anda masih mau membaca e-mail ini sampai akhir. Kini semuanya terserah pada anda. Anda sebagai pemilik blog ini berhak dan berkuasa untuk memilih memposting e-mail ini berikut jawaban anda agar para pembaca blog ini benar-benar memahami esensi sederhana MAHA HADIR yang sebenarnya baik dari perspektif saya atau anda atau dari diri mereka sendiri , atau anda boleh menghapus dan membuangnya sebagaimana yang dilakukan oleh Kaisar Konstantin terhadap tulisan Arius. 

      Saya tidak pernah melakukan hal seperti itu, semua pemikiran yang masuk di blog My Family ini tidak perna ditambah ataupun dikurangi, saya rasa Saudara Alcent dapat mengkonfirmasinya sendiri dengan melihat diskusi kita ini.

      Mengenai tulisan Arius itu saya sudah berikan linknya diatas, silahkan Saudara pelajari lagi.

      Terima Kasih atas jawaban anda, semoga Kebenaran Hakiki akan esensi Tuhan yang sebenarnya benar-benar kita temukan.   

      Amin…JCBU

      • vincent mengatakan:

        . Puji Tuhan Yesus kristus berbahagialah org yg pcy padaNya dan tdk sperti org2 farisi yg munafik terus menghujat Yesus .
        Ampunilah mereka Tuhan

    • surealis mengatakan:

      Tolong jelaskan tuan yesus dalam yoh13:13 menjadi Tuhan yesus, kl memang injil itu kitab suci seharusnya tdk ada kerancuan atau ajaran yg menyesatkan di dalamnya.

      Shallom…

      Karena ada beberapa pertanyaan yang sama, maka saya akan sekaligus menjawabnya dibawah :)

  8. dicky1211 mengatakan:

    Kalau boleh format kolomnya yg enak dibaca dong,jangan tinggal satu kolom memanjang kebawah.thanks.

    Shallom Bro Dicky…

    Terimakasih atas masukannya :)

    JCBU

  9. roberto mengatakan:

    saya roberto dari nias…..
    lama tidak mampir kesini…… terus terang saya tidak tahu kalau anda buat khusu ruang perdebatan…. saya sangat senang… dari debat dahulu itu beum usai….. saya akan senang sekali jika kita lanjutkan….

    Shallom Saudara Roberto dari Nias

    Senang sekali Anda masih sudi untuk mampir di blog My Family ini.

    Seperti yang sudah saya jelaskan, blog My Family sengaja membuat satu ruang khusus untuk diskusi agar tidak mengganggun artikel-artikel yang ada kerena komentar-komentar yang berkembang menjadi suatu diskusi yang mana diskusi-diskusi tersebut sangat memungkinkan akan melebar dengan topik yang sangat jauh dari isi artikelnya.

    Saya sangat senang jika bisa melanjutkan diskusi-diskusi kita terdahulu yang saudara anggap belum usai, dan semoga diksusi kita dapat diambil manfaatnya oleh para pembaca blog My family ini.

    JCBU

  10. roberto mengatakan:

    pertama kita bahas tentang ketuhanan yesus…. berasal dari sumber alkitab….. dan nantinya kita bahas tentang isa as dalam alquran

    Sebelum memulai pembahasan kita menurut topik yang saudara anggkat diatas, pertama-tama ijinkan saya untuk memastikan 1 hal mengenai Yesus dalam Alkitab dan Isa As dalam Al-quran.

    Apakan menurut Saudara Roberto Yesus dan Isa As adalah tokoh/oknum yang sama?

  11. roberto mengatakan:

    tapi sebaiknya tanpa moderasi….. biar fair…

    Maaf, saya tidak bisa memenuhi permintaan Saudara. Anda bisa lihat pada statistik spam yang diblokir yang saat ini berjumlah hingga > 700, jika tidak dimoderasi, tentunya hal ini akan sangat mengganggu diskusi kita. Selain itu juga ada beberapa bloger yang menulis komentar dengan menggunakan nick name yang tidak pantas untuk ditayangkan pada blog My Family ini karena menggunakan kata-kata yang berbau pornografi. Saya harap Saudara roberto dapat mengerti dengan keadaan ini.

    Sekedar saran saja, alangkah baiknya jika Saudara juga membuat sebuah akun blog atau akun jejaring sosial khusus yang dapat diakses oleh pembaca blog My Family sehingga dapat memuat tulisan saudara sendiri dari diskusi kita ini, dan saya akan menyertakan link Saudara tersebut dalam setiap posting diskusi kita. Bukankah ini cukup fair? karena jika saya merubah tulisan Saudara, maka pembaca blog My family dapat langsung mengkonfirmasi kebenarannya dengan membaca langsung dari tulisan di blog atau jejaring sosial milik Anda itu. Apakah Saudara roberto setuju dengan saran saya ini?

  12. Alcent mengatakan:

    Saudara Febrina,

    Shallom Saudara Alcent

    Anda mengatakan saya mirip Iblis, karena ‘mencobai’ Tuhan ? whoaa… kasar sekali…

    Maaf, saya tidak bermaksud kasar. Saya hanya menunjukan adanya persamaan karakter pada yang mendorong orang untuk mencobai Tuhan dengan karakter iblis seperti yang terdapat pada ayat yang sudah saya tunjukan sebelumnya :)

    Satu lagi kontradiktif yang saya tangkap… (atau kebingungan anda hendak mengamalkan ayat yang mana dalam bible) , menguji SEGALA SESUATU ( (I Tesalonika 1 : 10 ) ) , atau TIDAK MENCOBAI TUHAN (Mat 4:7)

    Saya sama sekali tidak melihat kontradiktif seperti yang saudara maksudkan, untuk menunjukan itikad baik saya justru akan menunjukan ayat yang benar sebab I Tesalonika 1 : 10 bukanlah mengenai apa yang saudara maksudkan, yang benar adalah I tesalonika 5:21

    Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.(I tesalonika 5:21)

    Apakah menurut saudara Alcent jika saya meminum racun seperti yang saudara suruh maka saya telah melakukan sesuatu yang baik..??? dan apa manfaatnya bagi Anda dan orang lain..???

    Jika anda memang memiliki Iman yang kuat pada Yesus sebagai Tuhan, tentu anda pun akan percaya 100 % dengan apa yang di firmankan oleh Yesus tanpa ada keraguan sedikitpun, dan semua yang di firmankan Yesus sebagai Tuhan pasti TERBUKTI NYATA, karena TUHAN MAHA BENAR dan TIDAK PERNAH BERBOHONG.

    Jadi pertanyaan saya setelah anda beriman pada Yesus apakah Benar anda bisa berbicara/mengerti bahasa apa pun hanya dengan beriman pada Yesus, seperti yang dinyatakan pada ayat tersebut ? (hal ini tidak perlu diuji bukan? Karena kalau memang Benar pasti hal itu akan terjadi dengan sendirinya).
    karena setahu saya teman-teman saya yang beriman pada Yesus saat ini untuk memahami bahasa Inggris saja mereka harus mengambil kursus dulu, mungkin saja anda berbeda dengan mereka.

    Apakah jika teman saudara itu dengan sendirinya bisa berbicara/mengerti bahasa apapun maka artinya dia telah melakukan sesuatu baik..??? apa manfaatnya bagi anda dan orang lain..???

    Tentang meminum racun, anda tidak perlu melakukannya jika anda tidak yakin akan selamat.

    Saya sangat yakin apabila suatu saat nanti saya meminum racun bukan dengan kesengajaan yang bertujuan untuk mencobai Tuhan seperti anjuran saudara atau dengan tujuan menyombongkan diri sendiri, maka 100% saya yakin pada kasih karunia Tuhan yang akan menjauhkan dan melindungi saya dari efek buruk racun tersebut :)

    Saya mengerti, mungkin anda bingung membedakan ayat-ayat di bible mana yang merupakan firman Tuhan mana yang merupakan hasil pemikiran manusia ( seperti yang anda katakan sebelumnya, bahwa bible bukan kitab yang turun dari langit , karena beberapa bagian isinya merupakan tulisan manusia).

    Tidak ada hal yang membingungkan dalam Bible, semua jelas dan dapat dimengerti yang mana Firman Tuhan dan mana yang perkataan manusia.

    Anda mengatakan tidak ada yang kontradiktif ayat-ayat pada bible namun menguatkan satu dengan yang lainnya. Menurut anda mana yang BENAR dari penjelasan beberapa pasal-pasal berikut :

    1. Siapakah anak Daud yang kedua ?
    a.Kileab (II Samuel3: 2-3).
    b.Daniel (I Tawarikh 3: 1)

    a. (II Samuel3: 2-3) :
    Hati Amnon sangat tergoda, sehingga ia jatuh sakit karena Tamar, saudaranya itu, sebab anak perempuan itu masih perawan dan menurut anggapan Amnon mustahil untuk melakukan sesuatu terhadap dia.(ay 2)
    Amnon mempunyai seorang sahabat bernama Yonadab, anak Simea kakak Daud. Yonadab itu seorang yang sangat cerdik.(ay 3)

    b. (I Tawarikh 3:1):
    Inilah anak-anak Daud yang lahir bagi dia di Hebron; anak sulung ialah Amnon, dari Ahinoam, perempuan Yizreel; anak yang kedua ialah Daniel, dari Abigail, perempuan Karmel;

    kontradisinya dimana? dan juga II Samuel3:2-3, tidak menyebutkan nama Kileab..

    Sebenarnya yang bingung dengan ayat-ayat Bible itu saudara atau saya..???

    2. Tuhan menyesal atau tidak ?
    a. Tuhan tidak punya sifat menyesal ( I Samuel 15: 29, Bilangan 23: 19) .
    b. Tuhan menyesal dan pilu hati karena telah menciptakan manusia yang akhirnya cenderung berbuat jahat di muka bumi (Kejadian 6: 5-6).
    Tuhan menyesal setelah mengacungkan tangan ke Yerusalem (II Samue124: 16).
    Tuhan menyesal karena telah merancang malapetaka (Yeremia, 26: 3, Yeremia 42: 10, Keluaran 32: 14).

    a. Tuhan tidak punya sifat menyesal dalam menghukum seseorang yang telah melanggar perintahnya, hal ini terjadi bukan hanya pada raja Saul saja seperti yang terdapat pada I Samuel 15:29 tersebut, bahkan terhadap pada para nabiNyapun seperti Musa, Tuhan sama sekali tidak menyesal atas hukuman yang diberikan kepadanya karena Tuhan konsisten dengan kekudusanya. Yang Tuhan sesalkan adalah setiap orang yang telah dijadikan menurut rupa dan gambarnyaNya namun melakukan kejahatan yang sama sekali bertentangan dengan kekudusanNya. Kejadian 6: 5-6 yang saudara tunjukan pada point ‘b’ justru memperjelas mengenai hal apa yang membuat Tuhan menyesal.

    Sebenarnya untuk mengetahui hal apa yang membuat Tuhan menyesal, dan hal apa yang Tuhan tidak punya penyesalan atasnya sudah tertera jelas pada I Samuel 15 yang saudara anggap sebagai kontradiksi tsb.


    I Samuel 15:29

    Lagi Sang Mulia dari Israel tidak berdusta dan Ia tidak tahu menyesal; sebab Ia bukan manusia yang harus menyesal.”

    ayat ini menjelaskan bahwa Tuhan tidak menyesal saat akan menghukum Saul karena menlanggar perintahNya dengan hukuman bahwa jabatan Saul sebagai raja Israel akan diberikan kepada orang lain.

    Sekarang mari kita lihat apa yang Tuhan sesalkan pada ayat terakhir di perikop yang sama tsb.
    I Samuel 15:35

    Sampai hari matinya Samuel tidak melihat Saul lagi, tetapi Samuel berdukacita karena Saul. Dan TUHAN menyesal, karena Ia menjadikan Saul raja atas Israel.

    Pada ayat ini Tuhan bukan menyesal karena menghukum Saul. Tuhan menyesal karena telah menjadikan Saul sebagai raja atas Israel yang seharusnya taat pada perintah Tuhan ketika diberikan kepercayaan untuk menjadi raja atas umatNya, namun ternyata Saul justru melanggar perintah Tuhan.

    b. Ayat-ayat yang saudara berikan ini justru memperjelas mengenai hal-hal apa saja yang membuat Tuhan menyesal dan hal-hal apa saja yang tidak akan Tuhan sesalkan seperti yang telah saya jelaskan diatas.

    Satu hal lagi yang harus kita pahami, MENYESAL adalah suatu hal yang dimiliki oleh Tuhan dan dikarunikan hanya kepada manusia saja dari semua yang telah diciptaanNYa. Pernahkah Saudara memperhatikan seekor anjing ketika tuannya pulang setelah bepergian? bagaimana dia mengekspresikan kegembiraannya dengan berloncat-loncat atau menggoyangkan ekornya. Binatang dapat merasakan suatu perasaan gembira, begitu juga dengan perasaan sedih atau takut. Tetapi binatang tidak mempunyai perasaan menyesal, sejauh yang diketahuinya hanyalah pelajaran yang membuatnya jera jika melakukan sesuatu yang menyakiti dirinya sendiri, tetapi binatang tidak mempunyai rasa menyesal apabila melakukan sesuatu menyakiti sesamanya. Memiliki perasaan MENYESAL inilah yang membedakan manusia dengan binatang. Dengan mempunyai perasaan menyesal manusia dapat menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. MENYESAL bukanlah suatu hal yang konotasinya negatif, justru sebaliknya MENYESAL adalah suatu hal yang positif yang dapat memperbaiki serta membangun karekter manusia menjadi lebih baik sehingga manusia dapat melakukan sesuatu yang benar ketika telah melakukan sesuatu yang salah. Tanpa mempunyai rasa menyesal, manusia akan menjadi seperti binatang, demikian juga dengan Tuhan yang tidak memiliki rasa menyesal adalah sama seperti binatang.

    Ketika saudara menyuruh anak saudara untuk belajar tetapi dia terus saja bermain tanpa memperdulikan apa yang saudara katakan padanya, lalu saudara memarahinya serta menepuk pantatnya agar dia mau memperhatikan saudara dan melakukan apa yang sudara katakan apakah saudara menyesal telah melakukan hal itu?

    Sebaliknya, penyesalan akan timbul dalam diri anak saudara karena dia tidak menghiraukan seaudara selaku orang tuanya dan memilih untuk tetap bermain sehingga membuat saudara marah kepadanya, namun suatu saat nanti ketika telah dewasa dan menjadi orang yang sukses dia akan mengerti bahwa penyesalannya itu mendatangkan suatu kebaikan bagi dirinya.

    3. Berapa cucu Benyamin (anak-anak Bela) ?
    a. 5 orang (I Tawarikh 7: 7).
    b. 9 orang (I Tawarikh 8: 3-5).
    c. 2 orang (Bilangan 26: 40).
    Buka dan bacalah ayat yang dimaksud. Terlihat jelas bahwa semua nama dan jumlah cucu Benyamin tidak ada yang sama.

    Penulisan silsilah bukanlah seperti kitab yang jatuh dari langit yang isinya sudah pasti itu-itu saja. Dalam penulisan silsilah apalagi jika terjadi berulang kali haruslah dilihat periode waktunya. Saat saya telah berkeluarga petugas sensus penduduk datang mendata jumlah angota keluarga saya dimana anak saya baru berjumlah 1 orang, pada sensus berikutnya anak saya sudah berjumlah 3 orang, dan pada sensus berikunya lagi anak saya berjumlah 4 orang. Apakah menurut saudara ketika data-data sensus tersebut diuraikan menurut periode waktu sensunya maka terjadi kontradiksi karena jumlah anak saya yang berbeda-beda antara sensus periode pertama, kedua dan ketiga dan lantas data tersebut bisa dikatakan tidak benar…???

    4. Apakah hukumnya bersunat ?
    a. Sunat itu wajib (Kejadian 17: 10-14, 17: 14, Kejadian 21: 4).

    Apakah saudara membaca kitab Kejadian pasal 17 tersebut mulai dari ayat yang pertama? Atau hanya ayat 10-14 saja sehingga saudara tidak mengerti bahwa sunat itu adalah tanda ikatan perjanjian yang diadakan oleh Tuhan dengan Abram dan keturunannya, dan oleh perjanjian itu pulalah namanya bukan lagi Abram melainkan Abraham. jadi hanya bagi mereka yang terikat dengan perjanjian tersebutlah yang harus disunat, sedangkan yang bukan bersal dari bangsa keturunan Abraham tidak terikat dengan perjanjian tsb.

    b. Yesus tidak membatalkan sunat (Matius 5: 17-20, Lukas 2: 21).

    Betul sekali :)

    c. Yesus juga disunat (lukas 2: 21).

    Sudah barang tentu Yesus disunat, Yesus adalah orang Yahudi, keturunan Abraham yang mengikat perjanjian dengan Tuhan yang ditandai dengan sunat.

    d. Dan orang yang tidak disunat, tidak dapat diselamatkan (Kisah Para Rasul 15: 1-2).

    Kisah Para Rasul 15
    (ayat 1)Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: “Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan.”

    ini adalah ajaran beberapa orang yang datang dari yudea dan Antiokhia, jelas mereka adalah orang-orang Yahudi yang mana sebagai keturunan Abraham terikat dengan perjanjian antara Abraham dengan Tuhan. Sedangkan untuk orang-orang beriman yang bukan berasal dari keturunan Abraham tidak terikat dengan perjanjian itu sehingga tidak diwajibkan untuk bersunat. Walaupun demikian, Tuhan menerima mereka yang tidak bersunat ini sama dengan mereka yang bersunat oleh karena Tuhan mengenal hati manusia, hal ini ditegaskan dalam pasal yang sama ayat 8 dan 9 :

    Dan Allah, yang mengenal hati manusia, telah menyatakan kehendak-Nya untuk menerima mereka, sebab Ia mengaruniakan Roh Kudus juga kepada mereka sama seperti kepada kita,
    dan Ia sama sekali tidak mengadakan perbedaan antara kita dengan mereka, sesudah Ia menyucikan hati mereka oleh iman.

    e. Kata Paulus, sunat tidak wajib, tidak berguna dan tidak penting (Galatia 5: 6, I Korintus 7: 18-19).

    Memang benar, dalam hal ini jika saudara sudah mengerti bahwa sunat itu diadakan HANYA untuk Abraham serta keturunannya, maka tidak ada kontradiksi sama sekali antara Allah, Yesus, Abraham dan paulus.

    Sebenarnya masih banyak pasal yang saling kontradiktif dalam bible bahkan ada yang bahasnya terlalu vulgar tidak layak dibaca oleh anak-anak. Tapi saya memahami hal tersebut bisa terjadi, karena anda sendiri yang mengatakan bible ditulis oleh manusia dan yang menulis pun BUKAN YESUS,

    Saudara boleh-boleh saja mengatakan banyak pasal yang kontradiktif dalam Bible atau mengatakan banyak bahasanya yang vulgar, tetapi sejauh ini tuduhan saudara tidak ada satupun yang terbukti.

    Sekali lagi jika anda seorang yang fair ada baiknya anda memposting email saya ini, agar pembaca blog ini semakin menambah wawasan dan mau membaca bible dengan baik. Masalah keimanan, itu kembali lagi pada setiap pribadi. Silakan anda tetap mempercayai bahwa Yesus adalah Tuhan, itu bukan masalah besar bagi saya dan saya tidak akan memperolok-olok anda sebagaimana yang anda lakukan pada saya. Karena bagi saya Yesus adalah manusia, yang diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel ( Matius 15 : 24 ). Dan saya bukan dari umat Israel.

    Maaf, yang mana saudara merasa saya memperolok-olok saudara? jika bagi saudara Yesus adalah manusia, bagi sayapun Yesus adalah manusia, karena Dia adalah Tuhan yang menjadi manusia (bukan manusia yang menjadi tuhan).

    Banyak pula pengikut Kristus yang bukan umat israel termasuk saya, sehingga tidak terikat perjanjian antara Tuhan dan Abraham serta keturunannya lantas harus ikut-ikutan disunat pula :)

    Tidak ada setupun tulisan saudara yang tidak saya posting….bukankah saya cukup fair dalam hal ini?

    Buat saudara Vincent , maaf bisa anda tunjukkan kalimat saya yang menghujat Yesus ?? , saya tidak mengujat Yesus saya hanya berpendapat bahwa Yesus adalah utusan Tuhan, bukan Tuhan sebagaimana yang dijelaskan dalam beberapa pasal di alkitab. Sekali lagi, jika anda tetap mengimani Yesus adalah Tuhan, itu adalah hak anda bukan masalah besar buat saya, karena saya di sini hanya untuk berdiskusi dan saling memberikan wawasan. Masalah anda setuju dengan pendapat saya atau saudara Febrina itu adalah kehendak bebas anda.

    Terima kasih :-)

    JCBU

  13. Dicky1211 mengatakan:

    Tentang adanya kata kata yg vulgar didalam Alkitab sebenarnya juga ditemukan dalam kitab suci Islam seperti Al Quran,namun mayoritas umat Islam tidak mengerti bahasa “Arab gundul” sehingga pengertiannya telah diubah/disantunkan sehingga tidak persis sama dengan bahasa aslinya,contoh : QS 66:12,QS 21:91 kata FARJAHAA telah disantunkan menjadi “tubuhnya” atau “rahimnya” yang semestinya harus diterjemahkan menjadi “vaginanya” (her vagina),QS 53:46 terdapat MIN NUTHFATIN IDZAA TUMNAA,QS 78:33 tentang wanita wanita muda berpayudara penuh(terjemahan asli Al-Hilal &Khan)), namun dalam terjemahan “santun” menjadi:wanita2 sebagai teman atau pasangan2 sebaya atau wanita2 sebaya,pertanyaannya adalah apakah Wahyu dari Allah boleh “diplintir” dari arti kata yg sebenarnya,Berhubung mayoritas Umat Islam menghafal Al Quran sehingga mereka tidak mengerti bahwa terdapat juga kata kata vulgar didalamnya,Prihal ini(gamblang) lebih jujur Alkitab dari pada Al Quran dalam terjemahannya..namun apabila dibandingkan dengan buku buku biologi atau pun anatomi,hal ini sebenarnya biasa biasa saja.

  14. zekiputra mengatakan:

    siahkan bergabung dengan grup fb… membedah injil dan alquran….. dan tentukan waktu kita berdebat …. karena berdebat melalui fb lebih bagus karena bisa langsung to the point…. ok ..roberto

    Maaf…..saya tidak dapat menemukan grup yang saudara maksud, dan juga apa bila ada maka akan banyak komentar-komentar yang akan tumpang tindih sehingga pembahasan akan menjadi bias jika kita berdiskusi disana. Saya sudah cukup senang dapat berdiskusi dengan saudara di blog My Family ini, saya rasa tidak ada perbedaan denga grup yang saudara maksudkan itu karena saudara juga bisa to the point di blog ini selama masih menggunakan bahasa yang wajar karena daftar black list akan memfilter kata-kata makian dan kata-kata kotor yang bisa mengotori blog My Family ini :)

    JCBU

  15. zekiputra mengatakan:

    saya adalah roberto dari nias…. akun saya pakai nama zekiputra….. buat febrina silahkan masuk di grup fb membedah injil dan alquran…. kita debat disana……

  16. roberto mengatakan:

    yang saya undang adalah saudara febrina untuk gabung di grup itu….. sedangkan saya zekkiputra adalah nama dari akun roberto…… harap maklum

  17. roberto mengatakan:

    kalau hanya di blok ini saya yakin anda hanya ingin blok anda banyak folower

    Terserah bagaimana penilaian Saudara Roberto, yang pasti Blok My Family bartujuan agar dapat memberkati banyak pengunjungnya melalui kebenaran yang sejati :)

  18. Kesaksian Kristen mengatakan:

    bagi saya kebenaran sejati itu lah dari ajaran masing2…
    jika Tuhan itu diadu, ya pasti ngak bakal ketemu siapa yang terbenar..
    satu bilang si ini yang paling benar dan hebat + berkuasa
    satu ngak nerima ap yang sebelumnya dikatakannya
    yang satu lagi ngotot kalo Tuhan ny lah yg paling benar…

    Shallom…
    Kita sebagai manusia dianugrahkan hati nurani untuk menilai mana yang benar dan salah dengan menggunakan HUKUM EMAS sebagai tolok ukurnya, dengan demikian kita dapat mengetahui manakah yang benar dan tidak melalui buah-buahnya.

    ad kutipan2 dari para ahli sana sini
    yg ane sndiri ngak tw itu bnar ato hanya rekayasa saja…

    Kebenaran hanya bisa dilihat dari buah=buahnya

    ad juga yang saking kerasnya mmbela sampai maki2
    baik di blog2 org, di forum2 negeri sendiri, ampe forum negara tetangga juga jadi ajang balas membalas…
    (ane sndiri malu ketika ngecek btapa bnyknnya thread yg dibuat disana hanya untuk ngolok2, dan buat hal2 yg ngak jelas n pastinya melanggar SARA)

    Suatu kenyataan yang sangat memprihatinkan dan sangat disesali, tetapi memang demikianlah kenyataannya….dan itulah sebagian dari buah-buah yang saya maksudkan diatas

    agama itu adalah keyakinan iman
    jika ditanya siapa paling benar, ya situ sndiri yang tw jawabannya siapa…

    Saya setuju dengan pernyataan saudara ini

    bagi pemeluk Kristen ya Yesus lah sang Tuhan n juru selamat
    bagi percaya Islam ya Allah kan?
    dan agama sebagainya

    Bahkan bagi seorang penyembah batupun kita harus menghargai keyakinannya, asalkan jangan dia mengatakan kafir kepada orang lain yang tidak mau ikut-ikutan menyembah batu tersebut….apalagi sampai menyakiti orang lain dengan dengan sengaja melemparkan batu tersebut dan mengatakan bahwa itu adalah azab dari tuhan :)

    itu diatas hanya sebagai penegasan saja kalau:
    1. mau debat, harus tw etika, sebaiknya kalau cuma umat biasa jangan ikut2 bawa smber sana n sini, biar sang kepala agama yg urus itu

    Kepala agama sebaik apapun berpotensi untuk menjadi seorang munafik….jika memang ajaran dari kepercayaannya mengesahkah untuk berdusta

    2. jika merasa dihina, jangan balas dengan hinaan yg menyesatkan

    Amin…tetapi kita boleh untuk menunjukan kebenaran walaupun terkadang kebenaran itu terasa menyakitkan bukan..???

    3. sebelum post sumber sana n sini, jangan asal ngopas n ngak di cek, baca dan yakini dulu itu benar adanya ntar dikira HOAX

    Point ini yang sangan saya perhatikan….ada beberapa posting di blog My Family ini yang menunjukan HOAX-HOAX yang sangat luar biasa, salah satunya seperti Michael Jackson (MJ) Menyanyikan Lagu Islami..???

    ini saran dari ane aj
    biar suasana diskusi jauh lbh baik, tenang dan aman + kondusif

    disini kita maen fair play
    ttpi tidak ada dan menang krn hanya berupa wacana diskusi kan?
    so jangan ada yang merasa dirugikan saja :D

    sekiranya kalau dari tulisan ane diatas ada yg salah ya dimaafiin…
    coz ane msh bsa salah sdkit

    Saran yang sangat baik….semoga para pembaca dan pemulis Blog My Family memperhatikan saran Saudara ini

    JCBU

  19. selalu benar mengatakan:

    wah banyak juga komen disini gabung donk… sebenrnya semua manusia cenderung berpikir logis itu bagus.. cuma perlu penjelasan agar mereka mengerti dengan baik. ok… kalau yang bilang Yesus Tuhan kok manggil Tuhan juga itu karena dia menjadi manusia tetapi keTuhananNya tidak di pake/dikosongkan (Baca : Filipi 4:4-11) dan sebagai manusia Dia memberi teladan untuk diikuti

  20. Alcent mengatakan:

    Baiklah saudara Febrina, seperti dari pernyataan anda :

    “Banyak pula pengikut Kristus yang bukan umat israel termasuk saya, sehingga tidak terikat perjanjian antara Tuhan dan Abraham serta keturunannya lantas harus ikut-ikutan disunat pula :) ”

    akhirnya saya bisa mengambil kesimpulan bahwa ” (sepertinya) Perjanjian Tuhan yang ada di dalam alkitab hanya berlaku/terikat pada Abraham dan keturunannya saja (termasuk Yesus karena dia orang Yahudi), sedangkan yang BUKAN umat ISRAEL tidak terikat Perjanjian tersebut. ”

    ok, pernyataan-pernyataan dan penjelasan anda sudah cukup bagi saya untuk menyimpulkannya :-)

    không có thảo luận thêm

    Gwefusau y cyfiawn bwydo llawer, ond ffyliaid yn marw oherwydd diffyg synnwyr.

    :-)

    Syallom Saudara Alcent…
    Kesimpulan Saudara terhadap apa yang sudah saya sampaikan agak sedikit melenceng, karena saya tidak pernah mengatakan UMAT ISRAEL, tetapi ORANG ISRAEL….Kata umat biasanya digunakan untuk orang-orang yang mengukuti sesuatu seperti agama misalnya, sedangkan ISRAEL BUKANLAH AGAMA, Israel adalah suku bangsa….jadi perbedaan penggunaan kata umat untuk orang-orang Israel adalah tidak tepat seperti jika kita mengatakan umat muslim = umat Arab, atau umat Hindu = umat India, atau umat Khonghucu = umat Cina…..orang Israel bisa dikatakan sebagai umat Kristen apabila ia percaya kepada Kristus Tuhan, demikian pula dengan saya yang berbangsa Indonesia bisa dikatakan sebagai umat Kristen karena menjadi pengikut Kristus….tetapi umat Kristen yang bukan bersuku bangsa Israel adalah sangat lucu jika dikatan juga sebagai UMAT ISRAEL.

    Tuhan mengikat perjanjian dengan ISRAEL dan KETURUNANNYA (suku bangsa), bukan dengan ISREAL dan UMATNYA (pengikut)

    JCLU

  21. Hendri mengatakan:

    Saya sangat tertarik membaca diskusi ini. Saya hanya ingin tambahkan hal ini: Logika mengatakan dua kebenaran apabila bertentangan satu dengan yang lain mustahil keduanya benar pasti hanya satu yang benar dan yang satunya lagi salah atau dua-duanya salah, apabila bila mengatakan bahwa itu berasal dari Allah yang satu yang adalah sumber kebenaran.

    Shallom…

    Tepat sekali yang Saudara Hendri katakan, kebenaran adalah suatu hal yang absolut. Apabila ada satu saja yang tidak benar, maka hasil adalah salah. Logikanya adalah :

    benar+benar+benar+benar+benar = benar
    benar+benar+benar+benar+salah = salah

  22. akhysam mengatakan:

    ada satu pertanyaan diantara sekian banyak pertanyaan yang mengganjal.. apa yang menyebabkan peringatan kelahiran tanggal 25 Desember selalu tepat sementara Kematian dan Kebangkitan selalu berbeda setiap tahunnya??..

    Shallom…

    Perbedaannya adalah kelahiran diperingati berdasarkan penanggalan masehi, sedangkan kematian dan kebangkitan diperingati berdasarkan hari yang ditetapkan sebagai hari paskah yang sudah ada sejak jaman Musa.

    JCBU

  23. okta kurniawan mengatakan:

    Kalian Telah disesatkan oleh ajaran paulus , ajaran nabi isa as menjelaskan akan datangnya nabi akhir jaman. Nabiullah Muhammad Saw . Ini terungkap pada injil bananas yg ditemukan diturki .

    Shallom Saudara Okta…
    Mungkin Anda melewatkan diskusi saya bersama Saudara Alberto dari Nias.
    Pada diskusi tersebut saya membuktikan bahwa injil barnabas diyatakan palsu oleh guru besar islam sendiri

    jadi siapakan sebenarnya yang disesatkan? Saya oleh ajaran Paulus atau Anda dengan ajaran islam yang bahkan apa yang Anda pecayai itu di tolak mentah-mentah oleh Guru besar islam sendiri?

    Untuk membaca diskusi saya bersama Saudara Alberto dari Nias, klik => Disini

    JCBU

  24. Rudi Farmanto mengatakan:

    wahai hambaNya kepastian hanya ada di dalam diriNya bukan pada diri manusia semoga kita semua selalu mendapatkan lindunganNya dari semua godaan iblis. Amin

    Amin

    JCBU

  25. Rudi Farmanto mengatakan:

    Iman adalah keyakinan akan Tuhan semoga kita diberikan keselamatan dengan iman yang kita yakini masing-masing

    Amin

  26. Clue Verity mengatakan:

    Saya sudah membaca dari atas tentang ketuhanan Yesus, dan saya belum mendapatkan penjelasan yang pas….bisa sebutkan satu ayat saja, baik dari nubuat atau ketika Yesus di utus ?

    Saya sudah jelaskan dan menyebutkan lebih daripada satu ayat. Jika ada yang kurang pas menurut Saudara tentang Ketuhanan Yesus, silahkan saudara menunjukan bagian mana dari penjelasan saya yang kurang pas menurut saudara. Terimakasih.

    JCBU

  27. Clue Verity mengatakan:

    Tetapi keimanan dengan sumber yang saling bertentangan merupakan kebinasaan.

    Yesus Tuhan, sama sekali tidak ada !!!, silahkan buktikan kalau mampu…

    Shallom…

    Saya setuju dengan Saudara…sumber keimanan yang saling kontradiksi pasti akan membawa pada kebinasaan.

    Dengan kedatangan-Nya ke dalam dunia, kehidupan-Nya, kematian serta kebangkitan-Nya sudah merupakan bukti sejarah yang tidak dapat dibantah oleh siapapun termasuk Saudara, bahwa Yesus Tuhan ada !!!

    • Clue Verity mengatakan:

      buktikan saja, dimana nubuat tentang Tuhan yang akan “Menjadi” manusia, atau dimana pernyataan Yesus adalah Tuhan God (Theos), Mampu ????

      Shallom Saudara Clue…

      Nubuat tentang Tuhan yang akan menjadi manusia :

      1. Nubuat Allah akan datang kedunia menjadi Anak Manusia dengan kelahiran-Nya melalui seorang perempuan (manusia)

      Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia IMANUEL. (Yesaya 7:14)

      2. Tuhan datang kedalam dunia sebagai Anak Manusia yang merupakan Penggenapan nubuat Yesaya 7:14

      Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”
      Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
      “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita. (Matius 1:21-23)

      3. IMANUEL = TUHAN :

      sebab itu, sesungguhnya, Tuhan akan membuat air sungai Efrat yang kuat dan besar, meluap-luap atas mereka, yaitu raja Asyur dengan segala kemuliaannya; air ini akan meluap melampaui segenap salurannya dan akan mengalir melampaui segenap tebingnya, serta menerobos masuk ke Yehuda, ibarat banjir yang meluap-luap hingga sampai ke leher; dan sayap-sayapnya yang dikembangkan akan menutup seantero negerimu, ya IMANUEL!” (Yesaya 8:7-8)

      Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. (Yohanes 1:1)

      Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. (Yohanes 1:14)

      Firman = Allah (θεος => Theos)
      Firman menjadi Manusia => Allah (θεος => Theos) menjadi Manusia yang di kenal sebagai Yesus Kristus.

      θεος <= Copy paste huruf ini pada penerjemah Google dan pilih bahasa dari Yunani ke Bahasa Indonesia untuk menerjemahkannya

      • Clue Verity mengatakan:

        Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia IMANUEL. (Yesaya 7:14)

        Jawab : Itu adalah untuk Hizkia seorang yang benar-benar keturunan Daud (baca ayat sebelumnya) dan Tuhan juga menyertainya. Ingat ayat diatas adalah untuk seorang perempuan keturunan Daud. Maria bukan keturunan Daud, dia bersaudara dengan Elisabet yang merupakan keturunan Harun dan Harun keturunan dari Lewi.

        Bisakah Saudara menunjukan, atau setidaknya membuktikan bahwa pada ayat diatas yang dikatakan dengan perempuan muda itu adalah keturunan Daud? karena saya tidak menemukannya.
        Dan juga tolong Saudara tunjukan siapa nama perempuan muda itu beserta anak laki-lakinya yang bernama IMANUEL terdapat dalam kitab apa, pasal berapa dan ayat berapa…..jika saudara tidak mampu, maka sesuai dengan judul perikopnya, pasal tersebut menubuatkan bagaimana Tuhan akan datang ke dunia dalam rupa manusia.

        Lalu berkatalah nabi Yesaya: “Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga? (Yesaya 7:14)

        jadi yang dimaksud dengan keluarga/keturunan Daud menurut ayat diatas itu siapa menurut Saudara? Hizkia, Ahas atau si perempuan muda?

        Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. (Lukas 1:5)

        Dan sesungguhnya, Elisabet, SANAK-mu itu (Maria), iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu. (Lukas 1:36)

        Anak-anak Lewi ialah Gerson, Kehat dan Merari. (Kejadian 46:11)

        Anak-anak Kehat: Amram, Yizhar, Hebron dan Uziel (Keluaran 6:18)

        Anak-anak Amram ialah Harun dan Musa; (1 Tawarikh 23:13)

        Sumbernya sudah salah maka salah-lah semua.

        Betul sekali, Sumbernya salah, ya salah semua, apa lagi kalau cuma asal comot :)

        Silsilah Yesus Anak Daud sudah dengan jelas dipaparkan dalam Injil Matius 1:1-17 juga Injil Lukas 3:23-38

        Israel adalah bangsa yang mengatur garis keturunan berdasarkan patrilieal (garis keturunan dari ayah). Maka walaupun dilahirkan oleh Maria, tetapi Yesus lahir bagi Yusuf keturunan Daud.

        Malaikat menyatakan Yesus adalah Keturunan Daud :

        Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. (Matius 1:20)

        Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, (Lukas 1:32)

        Masyarakat dan orang-orang yang mengenal Yesus menyatakan bahwa Dia adalah keturunan Daud :

        Ketika Yesus meneruskan perjalanan-Nya dari sana, dua orang buta mengikuti-Nya sambil berseru-seru dan berkata: “Kasihanilah kami, hai Anak Daud.” (Matius 9:27)

        Maka takjublah sekalian orang banyak itu, katanya: “Ia ini agaknya Anak Daud.” (Matius 12:23)

        Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.” (Matius 15:22)

        Ada dua orang buta yang duduk di pinggir jalan mendengar, bahwa Yesus lewat, lalu mereka berseru: “Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!” (Matius 20:30)

        Tetapi orang banyak itu menegor mereka supaya mereka diam. Namun mereka makin keras berseru, katanya: “Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!” (Matius 20:3)

        Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!” (Matius 21:9)

        Tetapi ketika imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat melihat mujizat-mujizat yang dibuat-Nya itu dan anak-anak yang berseru dalam Bait Allah: “Hosana bagi Anak Daud!” hati mereka sangat jengkel, (Matius 21:15)

        Dll.

        JCBU

    • Clue Verity mengatakan:

      Tunjukkan saja ayatnya yang menyatakan Yesus adalah God (theos) bukan kurie yang kadang diterjemahkan Tuhan atau tuan. monggo….

      Pertanyaan ini sudah saya jawab :)

      • Clue Verity mengatakan:

        Kalau bisa setiap postingan yang masuk langsung dimunculkan, jangan menunggu terlalu lama bersikaplah fair, Apa nanti kalau kamu tidak bisa menjawab maka postingan saya tidak akan dimunculkan…hehehe

        Shallom…
        Maaf jika Saudara merasa lama saya memunculkan postingan Saudara, hal ini karena saya juga punya kesibukan yang lain, dan tidak selalu koneksi internet kami di Indonesia Timur ini berjalan lancar seperti diwilayah lainnya. Belum pernah ada postingan seorangpun yang tidak pernah saya terbitkan, kecuali jika ada yang menggunakan kata-kata yang tidak patas, karena Blog My Family ini memang dipasang filter untuk menyaring kata-kata dalam kalimat yang masuk kedalam kata-kata black list yang secara otomatis akan terhapus sebelum masuk kedalam moderasi. Tetapi hingga saat ini, semua postingan yang masuk selalu saya terbitkan, tidak terkecuali Saudara. Saya selalu menjawab semua pertanyaan, masalahnya apakah yang bertanya bisa menerima jawaban saya atau tidak….tapi itu tidaklah penting, karena yang menilai bukan saya maupun Saudara, melainkan setiap orang yang membaca Blog My Family ini :)

        Bisakah Saudara menunjukan, atau setidaknya membuktikan bahwa pada ayat diatas yang dikatakan dengan perempuan muda itu adalah keturunan Daud? karena saya tidak menemukannya.
        Dan juga tolong Saudara tunjukan siapa nama perempuan muda itu beserta anak laki-lakinya yang bernama IMANUEL terdapat dalam kitab apa, pasal berapa dan ayat berapa…..jika saudara tidak mampu, maka sesuai dengan judul perikopnya, pasal tersebut menubuatkan bagaimana Tuhan akan datang ke dunia dalam rupa manusia

        Lalu berkatalah nabi Yesaya: “Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga? (Yesaya 7:14)

        jadi yang dimaksud dengan keluarga/keturunan Daud menurut ayat diatas itu siapa menurut Saudara? Hizkia, Ahas atau si perempuan muda?

        Jawab : Yesus lahir tanpa bapa, dan Maria itu jelas bukan keturunan dari Daud. Perempuan Muda yang dimaksud adalah Abi anak Zakharia :

        Jika memang perempuan muda yang di maksud dalam Yesaya 7:14 adalah Abi ben Zakharia, lantas anaknya Abi yang mana yang dinamakan dengan IMANUEL? Monggo…

        Ia (Hizkia) berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua puluh sembilan tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Abi, anak Zakharia. (2 Raja Raja 18)
        Apakah Hizkia anak Abi ben Zakharia ini yang dinamakan IMANUEL munurut Saudara?

        Ahas itu menjadi raja pada usia dua puluh tahun dan istrinya pasti lebih muda lagi. dan juga perempuan muda yang dimaksud pada Yesaya adalah bersifat umum yaitu ‘Almah

        A. עַלְמָה = ‘Almah = Perempuan Muda

        Bukan seorang perawan seperti Maria yang seharusnya בְּתוּלָה = Betulah = perawan

        sebab seorang ‘Almah belum tentu suci dan menjadi bertolak belakang bila dikaitkan dengan Maria :

        jalan rajawali di udara, jalan ular di atas cadas, jalan kapal di tengah-tengah laut, dan jalan seorang laki-laki dengan seorang gadis (‘Almah). Inilah jalan perempuan yang berzinah: ia makan, lalu menyeka mulutnya, dan berkata: Aku tidak berbuat jahat. (Amsal 30:19-20)

        Maaf…apakah saudara bisa sedikit lebih logis? Pernyataan Saudara ini sunggauh sangat-sangat mengelikan. Atau saudara mencoba memakai standar ganda? Saudara katakan :

        sebab seorang ‘Almah belum tentu suci dan menjadi bertolak belakang bila dikaitkan dengan Maria

        Belum tentu artinya juga “BISA JADI” kan? Lamtas kenapa Saudara mengatakan itu bertolak belakang? Satu-satunya yang bertolak belakang dengan gadis adalah “PEREMPUAN TUA”. Sedangkan “perawan” sama sekali tidak bertolak belakang dengan “perempuan muda”.

        Apa mungkin “Almah” yang saudara maksudkan ini adalah seperti seorang anak gadis kecil berusia 9 tahun yang kemudian direnggut keperawanannya oleh kakek tua usia 50 tahun seperti yang diteladani oleh Syekh Puji itu :)

        Jadi hentikanlah mengaitkan sesuatu yang tidak ada kaitan-nya, itu hanya menambah dosa kamu saja,
        Tuhan itu telah banyak menyertai orang (kita) seperti Hizkia, Yakub (Kejadian 26:28), Musa (Ulangan 31: 8) dan masih banyak lagi dan mereka semua adalah pemimpin-pemimpin kaumnya dan tinggal bersama kaumnya.

        Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau (Musa), Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” (Ulangan 31: 8)

        Maka Yahweh ( יְהוָה֙ = Tuhan) menyertai dia (Hizkia); ke manapun juga ia pergi berperang, ia beruntung. Ia memberontak kepada raja Asyur dan tidak lagi takluk kepadanya. (2 Raja Raja 18:7)
        Yesaya 7:14 berbicara tentang nama seorang anak manusia yang akan lahir dari seorang perempuan muda yang adalah manusia juga….sedangkan ayat yang saudara bawa-bawa ini bukanlah nama anak manusia. Jadi, siapa diantara kita berdua yang mengait-ngaitkan? Saya atau Saudara?
        —-

        Betul sekali, Sumbernya salah, ya salah semua, apa lagi kalau cuma asal comot :)

        Silsilah Yesus Anak Daud sudah dengan jelas dipaparkan dalam Injil Matius 1:1-17 juga Injil Lukas 3:23-38

        Jawab : Yesus anak Daud dari mana ? kan sudah saya jelaskan diatas bahwa Maria melahirkan Yesus tanpa seorang lelaki. Jadi keturunan Daud dari mana ? aneh sekali…

        Saya sudah sudah tunjukan Silsilah Yesus Anak Daud dari 2 kitab Injil. Apakah Saudara sudah memeriksanya?

        Saya harap Saudara juga fair untuk melihat apa yang di tunjukan oleh lawan diskusi Saudara sehingga tidak terjadi asal klaim saja tanpa pembuktian logis dari data yang diberikan, sehingga menjadi debat kusir.
        Contohnya, Saudara tanpa memeriksa silsilah Maria terlebih dahulu tetapi bisa-bisanya langsung mengklaim kalau Maria sudah pasti mempunyai garis keturunan yang sama denga saudara Elisabet, saudara sepupunya itu.

        Ini sama halnya Saudara mengatakan bahwa diri Saudara seperti ini :
        Ayah dan ibu saya adalah orang papua, dan saya sebagai anaknya tentu mewarisi genetik yang sama, yaitu berkulit hitam dan rambut yang keriting….tetapi saya adalah keturunan orang belanda, karena adik perempuan ayah saya menikah dengan seorang laki-laki asal Belanda, dan mempunyai seorang anak. Oleh karenanya saya adalah keturunan Belanda juga, karena anak tante (saudara sepupu) saya itu adalah keturunan orang Belanda..!!!

        Aneh sekali kalau Saudara tidak merasa diri saudara aneh :)

        Israel adalah bangsa yang mengatur garis keturunan berdasarkan patrilieal (garis keturunan dari ayah). Maka walaupun dilahirkan oleh Maria, tetapi Yesus lahir bagi Yusuf keturunan Daud.

        Jawab : Tapi Yesus jelas bukan keturunan Yusuf. dia keturunan Maria saja. Kalian ngotot sekali menerangkan bahwa ayat dibawah ini adalah untuk Maria yang melahirkan Yesus:

        Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.” (Kejadian 3:15)

        Padahal ayat diatas bercerita tentang hukuman terhadap perempuan (yang akan susah payah mengandung) dan ular (yang akan menjalar dan memakan debu tanah seumur hidup) yaitu permusuhan antara keturunan manusia dan keturunan iblis.

        keturunannya (perempuan) akan meremukkan kepalamu

        artinya : manusia akan melawan iblis dan keturunan-nya dengan iman dan akal

        Tunjukan dimana saya ngotot dengan ayat itu?

        Sekali lagi Saya sarankan Saudara pelajari dulu apa yang ditunjukan oleh lawan diskusi saudara, daripada nanti justru Saudara mempermalukan diri Saudara sendiri. :)

        engkau (ular) akan meremukkan tumitnya

        artinya : iblis akan menggoda manusia dengan kekuasaan (tumit = tempat untuk berpijak) berupa harta, tahta dan kesenangan hidup lan-nya,

        Boleh-boleh saja jika saudara mau menafsirkannya demikian

        —-

        Malaikat menyatakan Yesus adalah Keturunan Daud :

        Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. (Matius 1:20)

        Jawab : Itu untuk Yusuf bukan untuk Yesus…bagaimana anda ini…hehehe

        Saya ulangi lagi, Baca kembali silsilah Yesus dari kedua kitab Injil yang sudah saya berikan pada posting sebelumnya.

        …Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!” (Matius 21:9)

        Jawab : Itu hanya menurut anggapan orang, karena memang Maria mempunyai suami yang bernama Yusuf…hal itu banyak terjadi disekitar kita.

        Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli, (Lukas 3:23)

        Nah….ini kuncinya, Siapakah Eli?

        Pertanyaan ini sudah saya jawab :

        Jawab : Belum sama sekali, bahkan cenderung tidak akan bisa terjawab.

        Ck..ck..ck….Sudah saya jawab disini => diskusi tentang ketuhanan Yesus bersama saudara roberto dari nias #comment-751, Mei 26, 2013 pada 1:57 pm

  28. Clue Verity mengatakan:

    Maaf…apakah saudara bisa sedikit lebih logis? Pernyataan Saudara ini sunggauh sangat-sangat mengelikan. Atau saudara mencoba memakai standar ganda? Saudara katakan :

    sebab seorang ‘Almah belum tentu suci dan menjadi bertolak belakang bila dikaitkan dengan Maria

    Belum tentu artinya juga “BISA JADI” kan? Lamtas kenapa Saudara mengatakan itu bertolak belakang? Satu-satunya yang bertolak belakang dengan gadis adalah “PEREMPUAN TUA”. Sedangkan “perawan” sama sekali tidak bertolak belakang dengan “perempuan muda”.

    ======

    Jawab : Jadi menurutmu Maria “BISA JADI” tidak suci…hehehe…jadi pantaskah bila hal itu dikaitkan dengan Maria yang perawan tulen?…Kecuali bila bahasa Ibrani tidak mempunyai kata untuk “Perawan” maka kamu boleh protes ?

    Betul sekali….dan saya tidak perlu protes.

    Maria juga “BISA JADI” tidak suci seperti contoh pada anak perempuan umur 9 tahun yang disetubuhi oleh kakek-kakek umur 50 tahun.

    tetapi terbukti Maria tetaplah Perawan suci sampai Melahirkan seorang anak laki-laki yang bernama IMANUEL.

    tentang kesucian Maria ini, saya lampirkan sekalian mejawab pernyataan Saudara di bawah ini.

    Salah jelas salah sasaran tuh…sudahlah siapapun tahu bahwa Yesus bukan anak kandung dari Yusuf (fosil tua renta yang mengawini anak abg usia 12-14 th)…bener nggak

    Memang bukan, Yesus adalah anak Yusuf secara hukum….tetapi Yesus juga keturunan Daud secara genetis dari Maria.

    Dan sampai kapanpun kamu tidak akan bisa membantahnya sama sekali….

    Saya tidak mencoba membantahnya….karena (fosil tua renta yang mengawini anak abg usia 12-14 th) ini sudah dibantah sendiri oleh yang ini:

    wa-idz qaalati almalaa-ikatu yaa maryamu inna allaaha isthafaaki wathahharaki waisthafaaki ‘alaa nisaa-i al’aalamiina

    Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu). (Surah: Ali Imran – Ayat: 42)

    —-

    idz qaalati almalaa-ikatu yaa maryamu inna allaaha yubasysyiruki bikalimatin minhu ismuhu almasiihu ‘iisaa ibnu maryama wajiihan fii alddunyaa waal-aakhirati wamina almuqarrabiina

    (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat [195] (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih ‘Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah), (Surah: Ali Imran – Ayat: 45)

    —-

    qaalat rabbi annaa yakuunu lii waladun walam yamsasnii basyarun qaala kadzaaliki allaahu yakhluqu maa yasyaau idzaa qadaa amran fa-innamaa yaquulu lahu kun fayakuunu

    Maryam berkata: “Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-lakipun.” Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): “Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: “Jadilah”, lalu jadilah dia. (Surah: Ali Imran – Ayat: 47)

    —–

    Mengenai pernyataan Saudara tentang fosil tua yang mengawini dan ABG 12-14 tahun, mungkin untuk
    orang-orang seperti Saudara inilah mengapa ayat ini diturunkan :

    wabikufrihim waqawlihim ‘alaa maryama buhtaanan ‘azhiimaan

    Dan karena kekafiran mereka (terhadap ‘Isa) dan tuduhan mereka terhadap Maryam dengan kedustaan besar (zina), (Surah: An-Nisaa – Ayat: 156)

    • Clue Verity mengatakan:

      …tetapi terbukti Maria tetaplah Perawan suci sampai Melahirkan seorang anak laki-laki yang bernama IMANUEL…

      =====

      Jawab : Apa kamu nggak tahu kristen yang bernama Ebionit menyatakan Yesus adalah hasil perkawinan biasa dengan Yusuf…hehehe…Jadi jelas bahwa sebenarnya untuk Maria yang perawan saja kalian itu masih tanda tanya.

      Apa saya juga harus katakan : “apa Saudara tidak tahu nabi terakhir itu bukan Muhammad, tapi Lia Eden….Jadi jelas bahwa sebenarnya untuk nabi terakhir saja Saudara masih bingung”

      …Ebionit mengajarkan bahwa Yesus hanyalah anak Maria dan Yusuf… http://id.wikipedia.org/wiki/Ebionisme

      Kristen Ebionit adalah sebuah sekte…arti sekte dalam lingkungan Agama Kristen adalah ajaran sesat, sama seperti Lia Eden yang diangap sesat oleh umat Islam.

      Arti Sekte dalam lingkungan agama Kristen =>> Sekte

      bahkan orang Yahudi menamakan “Yesus ben Panthera”

      Lucu….lagi-lagi alquran membantah orang Yahudi yang pikirannya sama seperti Saudara. :)

      Silahkan baca artikelnya disini =>> Yesus Anak Haram Panthera?

      =====

      Memang bukan, Yesus adalah anak Yusuf secara hukum….tetapi Yesus juga keturunan Daud secara genetis dari Maria.

      =====

      Jawab : dari mana lagi…hehehe ? coba kau posting !

      Sudah saya katakan di posting sebelunmya, kalau ditanya itu ya dijawab supaya tidak kehilangan alurnya.

      Ini adalah ayat yang Saudara bawa pada diskusi kita sebelumnya disini =>> Clue Verity mengatakan:
      Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli, (Lukas 3:23)

      ini pertanyaan Saya yang saudara tidak jawab :
      Nah….ini kuncinya, Siapakah Eli?

      Sekarang monggo Saudara jawab Eli itu siapanya Yusuf?

      Hadeeeh bawa-bawa Al Qur’an, kalo Al Qur’an itu jelas bahwa Maryam tidak berzinah alias perawan suci…kalo bibel??????

      Lha…bukannya saya sudah sertakan ayat Bible yang menyatakan kesucian Maria dengan begitu jelasnya….Saudara sengaja tidak membacanya ya? Kok bisa masih tanda tanya begitu. benar-benar aneh Saudara ini. :)

      Kelihatannya Saudara mulai bingung karena ternyata alquran membantah tuduhan Saudara atas Maria, bahkan sebaliknya, alquran justru menguatkan apa yang tertulis dalam Bible mengenai Maria, bahwa Maria adalah perawan suci.

      Penerapan standar ganda Saudara sudah gagal total. :)

      • Clue Verity mengatakan:

        …ini pertanyaan Saya yang saudara tidak jawab :
        Nah….ini kuncinya, Siapakah Eli?

        Sekarang monggo Saudara jawab Eli itu siapanya Yusuf?

        =======

        Jawab : hehehe…udah kuno banget ya….ayat “menurut anggapan orang” dianggap serius, suka gosip ya ? maksudnya itu Yusuf mantunya Eli (kalo menurut kristen).
        Sudah saya duga, apa yang akan saudara sodorkan ini. :)

        Tapi kenyataannya “Eli” bukanlah bapak dari Maria :

        http://myquran.org/forum/index.php?topic=26963.0
        link tanggung, ini link untuk artikel yang lebih lengkap di sertai Maryam anak Imran. Lucunya lagi, maryam ternyata berumur lebih dari seribu tahun ketika melahirkan Isa menurut alquran….weleh..weleh…

        Untuk link diatas akan saya imbangi dengan Talmud juga supaya terlihat kontradiksinya. :)
        למרים ברת עלי ==>> Maria binti Eli

    • Clue Verity mengatakan:

      masa mau ngebantah bahwa Maria tidak berzinah nyomot ayat dari Al Qur’an hehehe…nggak pede ama bibel yah ?

      Sebaliknya, justru saya semakin PD. Bukankah sangat luar biasa kalau ternyata ada 2 kitab yang saling bertentangan mengatakan 1 hal yang sama mengenai kesucian Maria dan masih dianggap tidak benar oleh Saudara? kalau masih mau membantah, ya bantahlah kedua sumber itu, tapi saya sangat yakin Saudara tidak akan pernah sanggup untuk melakukannya. :)

      koq bisa ya…Ebionit bilang bahwa Yesus anak Yusuf ?

      lha…sudah dari awal saya katakan dengan beberapa referensi ayatnya bahwa Yesus itu memang dikenal oleh orang-orang yang hidup pada masa itu sebagai anak Yusuf, KETURUNAN DAUD.

      Sebelumnya Saudara ngotot mengatakan kalau Yesus bukanlah anak Yusuf, sekarang Saudara justru mengambil referensi dari sekte Ebionit dan mau ngotot juga mengatakan bahwa Yesus adalah anak Yusuf….???

      Hampir disetiap diskusi saya, hampir semuanya tanpa merasa malu menggunakan standar ganda, apa hal itu sudah lumrah buat kalian? :)

      • Clue Verity mengatakan:

        …Sebaliknya, justru saya semakin PD. Bukankah sangat luar biasa kalau ternyata ada 2 kitab yang saling bertentangan mengatakan 1 hal yang sama mengenai kesucian Maria dan masih dianggap tidak benar oleh Saudara? kalau masih mau membantah, ya bantahlah kedua sumber itu, tapi saya sangat yakin Saudara tidak akan pernah sanggup untuk melakukannya….

        ====

        Jawab : Koq malah PD ? , itu artinya bibel pada waktu awal-awal tidak mempunyai suatu pegangan yang tegas tentang status maria yang sesungguh…

        PD karena ternyata orang yang nyontek Bible tidak berani membantah fakta status kesucian Maria

        – Kebanyakan orang Israel menganggap Yesus adalah hasil dari zina :

        Kamu mengerjakan pekerjaan bapamu sendiri.” Jawab mereka: “Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah.” ada yang mengatakan (Yohanes 8:41)

        Maaf….orang-orang Yahudi masih walaupun sering dikatakan bebal (keras kepala) tetapi sangat terkenal memiliki otak yang cemerlang….untuk menganggap Yesus hasil Zinah karena meraka mengaku tidak dilahirkan Zinah.

        Sekarang coba Saudara jawab pertanyaan saya :
        Saat saya berbicara dengan Saudara dan mengatakan bahwa “saya tidak dilahirkan dari Zinah”, maka kesimpulannya Saudara adalah hasil Zinah.
        Betul atau salah?
        Jangan diabaikan pertanyaan ini karena akan saya tagih lho. :)

        Supaya ngerti berbicara tentang apakah Yohanes 8 ini, mari kita lanjutkan :

        Inilah jawaban Yesus untuk orang Israel Pada aya-ayat berikutnya :

        Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. (Yohanes 8:44)

        Kalau Menurut pola pikir Saudara yang sangat cerdas, berarti Yesus mengatakan bahwa orang-orang israel ini adalah hasil perkawinan ibu mereka dengan iblis. :D

        Padahal, dari judul Perikopnya saja sudah jelas mengenai keturunan Abraham yang tidak berasal dari Allah, bukan mengenai anak hasil perkawinan siapa dengan siapa yang kemudian disimpulkan menjadi siapa berzinah dengan siapa…

        Lanjut…

        Aku tahu, bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha untuk membunuh Aku karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu. Apa yang Kulihat pada Bapa, itulah yang Kukatakan, dan demikian juga kamu perbuat tentang apa yang kamu dengar dari bapamu.” Jawab mereka kepada-Nya: “Bapa kami ialah Abraham.” Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau sekiranya kamu anak-anak Abraham, tentulah kamu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh Abraham. Tetapi yang kamu kerjakan ialah berusaha membunuh Aku; Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, yaitu kebenaran yang Kudengar dari Allah; pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham. Kamu mengerjakan pekerjaan bapamu sendiri.” Jawab mereka: “Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah.” Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku. (Yohanes 8:37-42)

        Ayat-ayat ini semua tidak menunjukan bahwa orang Israel menganggap Yesus adalah hasil Zinah, bahkan tidak ada seorangpun yang mengatakan Yesus adalah hasil zinah, jika ada ayatnya silahkan Saudara kutipkan.

        Itulah sebab Yesus dikaitkan dengan tentara Romawi “Yesus Ben Panthera”

        Sementara yang lain yang percaya menganggap Yesus adalah hasil biasa dari perkawinan Yusuf dan Maria

        Dan Al Qur’an datang sebagai petunjuk bahwa Maryam adalah benar-benar perawan tulen….gitu neng, paham nggak ?

        Terimakasih, sekarang saya sudah paham bagaimana cara berpikir Saudara. Saudara percaya pada yang baru dan abaikan yang lama karena ada segelintir orang yang mengatakan ini dan itu berdasarkan asumsi atau klaim tanpa dasar.
        Berdasarkan cara berpikir dan fakta dibawah ini berarti Saudara adalah seorang jemaah Ahmadiyah dan sejenisnya, betul? :)

        Mirza Ghulam Ahmad, kelahiran Qadian-India 13 Februari 1835, mengaku menerima suara dari langit pada bulan Maret 1882 yang menyatakan diangkatnya Mirza Ghulam sebagai “Ma’mur Minallah” atau “Utusan Allah” dan mengklaimkan diri pula sebagai seorang Mujaddid (pembaharu agama), yang dilanjutkan pada awal tahun 1891 Mirza Ghulam Ahmad mendakwakan bahwa dirinya telah diangkat oleh Allah Swt sebagai Imam Mahdi dan Masih Mau’ud atau Isa yang dijanjikan.
        Mirza Ghulam Ahmad

        Saya mau lihat bagaimana Saudara menjawab kesimpulan saya ini menurut ukuran yang saudara pakai….nubuat saya sih bakalan standar pake ganda lagi nih :)

  29. Clue Verity mengatakan:

    Jika memang perempuan muda yang di maksud dalam Yesaya 7:14 adalah Abi ben Zakharia, lantas anaknya Abi yang mana yang dinamakan dengan IMANUEL? Monggo…

    ========

    Jawab : waduh sudah saya jawab, masih nanya lagi…

    Ya jelas saya nanya, bukankah ayatnya sudah jelas bahwa Imanuel itu “NAMA” anak manusia yang dilahirkan oleh seorang perempuan muda…..atau haruskah saya menjelaskan apa itu definisi dari NAMA…????

    Tuhan itu telah banyak menyertai orang (kita) seperti Hizkia, Yakub (Kejadian 26:28), Musa (Ulangan 31: 8) dan masih banyak lagi dan mereka semua adalah pemimpin-pemimpin kaumnya dan tinggal bersama kaumnya.

    Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau (Musa), Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” (Ulangan 31: 8)

    Maka Yahweh ( יְהוָה֙ = Tuhan) menyertai dia (Hizkia); ke manapun juga ia pergi berperang, ia beruntung. Ia memberontak kepada raja Asyur dan tidak lagi takluk kepadanya. (2 Raja Raja 18:7)

    Ayat diatas tidak ada satupun yang NAMAnya adalah Imanuel.

    Bandingkan dengan ini :

    Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan “MENAMAI“nya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu. (Kejadian 16:11)

    TUHAN juga telah mendengar tentang penindasan atas banyak orang(kita), apa saudara menganggap “NAMA” kita semua ini adalah Ismael..??? :)

    Tanya:
    NAMA” Ismael pada ayat diatas ini adalah untuk semua orang (jamak) yang Tuhan telah mendengar tentang pemnindasanya atau hanya untuk anak laki-laki Hagar saja (tunggal)? monggo dijawab…jangan diabaikan seperti pertanyaan-pertanyaan saya pada posting sebelumnya. :)

    Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan “MENAMAKAN” Dia Imanuel. (Yesaya 7:14)

    “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan “MENAMAKAN” Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita. (Matius 1:23)

    ALLAH juga menyertai saya, tapi sampai detik saya memposting tulisan ini tidak ada seorangpun yang menyebut “NAMA” saya adalah Imanuel. :)

    • Clue Verity mengatakan:

      Emang Yesus itu nama apa bukan…neng ?

      Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” (Matius 1:21)

      aneh banget neng…

      Tidak ada yang aneh, dan sudah saya jawab di posting sebelumnya

      • Clue Verity mengatakan:

        begitu juga Hizkia, apalagi kau katakan :

        Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan “mereka” (jamak => kami semua) akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita. (Mat 1:23)

        Jadi Imanuel itu nama atau gelar, yang tegas dong ah…hehehe

        Duh…memang harus ekstra juga meladeni keceradan Saudara yang luar biasa ini.

        Ayat diatas itu udah tegas….Nama ya nama, gelar ya gelar….dipelototin lagi deh ayat itu, kalau peerlu di eja, jangan bisanya cuma cengangas cengenges aja…ck..ck..ck..

    • Clue Verity mengatakan:

      Jadi nama yang bener siapa “Yesus” atau “imanuel” ?

      Kedua-duanya benar

      Ia akan melahirkan anak laki-laki dan “engkau”(tunggal) akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” (Mat 1:21)

      “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan “mereka” (jamak => kami semua) akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita. (Mat 1:23)

      • Clue Verity mengatakan:

        untuk Yesus benar padahal bukan keturunan Daud, tetapi untuk Hizkia yang benar-bnar keturunan Daud maka kamu bilang salah….hehehe..

        Yang bilang bukan keturunan Daud itukan Saudara.

        Kalau merujuk pernyertaan Tuhan untuk Hizkia benar, tetapi kalau penyertaan Hizkia untuk manusia sehingga dialah yang bernama Imanuel ya salah.

        Matius 28:20
        dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

        IMANUEL ==> Aku (Yesus/Allah/Theos/θεος) menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman ==> inilah nama Yesus yang sudah dinubuatkan

      • Clue Verity mengatakan:

        …Kedua-duanya benar…

        Jawab : standar ganda

        Pernyataan saya disertai dengan argumen mengapa keduanya dikatakan benar.

        Lucu Saudara ini…definisi nama tidak tahu, sekarang apa itu standar ganda juga tidak ngerti. :)

        Satu jawaban yang sama untuk membenarkan dua hal bukanlah standar ganda selama tidak saling bertentangan.

        Standar ganda adalah ketika disatu sisi Saudara mengatakan bahwa Yesus bukanlah anak Yusuf….sedangkan disisi lain mengatakan Yesus adalah anak Yusuf….pernyataan yang bertolak belakang untuk satu hal yang sama dan menganggap keduanya adalah benar…

        Clue Verity mengatakan: Juni 2, 2013 pada 5:33 pm

        Salah jelas salah sasaran tuh…sudahlah siapapun tahu bahwa Yesus bukan anak kandung dari Yusuf

        VS

        Clue Verity mengatakan: Juni 3, 2013 pada 7:38 pm

        Jawab : Apa kamu nggak tahu kristen yang bernama Ebionit menyatakan Yesus adalah hasil perkawinan biasa dengan Yusuf…hehehe…

        hihihihi…maaf, selama ini saya tidak pernah cengengesan seperti Saudara, tapi sungguh, saya tidak bisa menahan rasa geli mengenai kecerdasan Saudara yang satu ini. :D

  30. Clue Verity mengatakan:

    Dengan terpaksa maka :

    SKAK MAT

    Sejak awal diskusi saya sangat salut dengan ke”PD”an Saudara dengan klaim-klaim sepihak tanpa bisa membuktikan esensi dari apa yang sedang dibahas.

    Tidak ada lagi Raja yang seperti Hizkia baik sebelum dan sesudahnya :

    Ia percaya kepada TUHAN, Allah Israel, dan di antara semua raja-raja Yehuda, baik yang sesudah dia maupun yang sebelumnya, tidak ada lagi yang sama seperti dia (Hizkia). (2 Raja Raja 18:5)

    Ada waktu yang diberikan Yesaya :

    Yesaya 8:3-4

    3. Kemudian aku (Yesaya) menghampiri isteriku; ia mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Namailah dia: Maher-Syalal Hash-Bas,

    4. sebab sebelum anak itu (Maher-Syalal Hash-Bas) tahu memanggil: Bapa! Ibu! maka kekayaan Damsyik dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur.”

    Artinya ketika anak Yesaya itu menginjak Dewasa “…kekayaan Damsyik dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur…”

    Maka raja Asyur mendengarkan permintaannya dan maju melawan Damsyik, merebutnya dan mengangkut penduduknya tertawan ke Kir, tetapi Rezin dibunuhnya. (2 Raja Raja 16:9)

    Kemudian majulah raja Asyur menjelajah seluruh negeri itu, ia menyerang Samaria dan mengepungnya tiga tahun lamanya. Dalam tahun kesembilan zaman Hosea maka raja Asyur merebut Samaria. Ia mengangkut orang-orang Israel ke Asyur ke dalam pembuangan dan menyuruh mereka tinggal di Halah, di tepi sungai Habor, yakni sungai negeri Gozan, dan di kota-kota orang Madai. (2 Raja Raja 17 :5-6)

    Tidak ada satupun yang menggenapi nubuat di Yesaya 7:14

    “Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.”

    Nama anak laki-laki Yesaya adalah Maher-Syalal Hash-Bas, kok namanya mau dipaksakan menjadi Imanuel? Kalau Saudara hidup di jaman Yesaya bisa-bisa udah kena tabok karena ngerubah nama anak orang seenak udhele dhewek…Saat ini saja kalau ada yang coba-coba ngerubah nama anak saya tanpa persetujuan saya pasti akan saya tuntut orang yang tidak tahu diri seperti itu.

    Imanuel lagi, Imanuel lagi :

    sebab itu, sesungguhnya, Tuhan akan membuat air sungai Efrat yang kuat dan besar, meluap-luap atas mereka, yaitu raja Asyur dengan segala kemuliaannya; air ini akan meluap melampaui segenap salurannya dan akan mengalir melampaui segenap tebingnya, serta menerobos masuk ke Yehuda, ibarat banjir yang meluap-luap hingga sampai ke leher; dan sayap-sayapnya yang dikembangkan akan menutup seantero negerimu, ya Imanuel!” (Yesaya 8:7-8)

    Buatlah rancangan, tetapi akan gagal juga; ambillah keputusan, tetapi tidak terlaksana juga, sebab Allah menyertai kami (imanuel)! (Yesaya 8:10)

    Jadi waktunya “imanuel” itu saat adanya suatu sistem pengairan “…akan mengalir melampaui segenap tebingnya, serta menerobos masuk ke Yehuda, ibarat banjir yang meluap-luap hingga sampai ke leher sayap-sayapnya yang dikembangkan akan menutup seantero negerimu, ya Imanuel!”.

    http://wol.jw.org/id/wol/pc/r25/lp-in/1200004775/503/0

    Selebihnya dari riwayat Hizkia, segala kepahlawanannya dan bagaimana ia membuat kolam dan saluran air dan mengalirkan air ke dalam kota, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda? (2 Raja Raja 20:20)

    —-

    Koq jadi nyasar ke Yesus….bikin malu

    Akan terlihat siapa yang malu-maluin

    Terlalu sempit jika Saudara mencoba menerapkan Imanuel (penyertaan Allah) itu hanya ketika saat adanya suatu sistem pengairan saja, sebab Allah sudah menyertai manusia sejak jaman Adam.

    Esensi pembahasan ini adalah untuk membuktikan apakah Imanuel itu hanya sekedar ungkapan untuk menyatakan penyertaan Allah ataukah merupakan NAMA seorang anak manusia menurut Yesaya 7:14 ini:

    Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

    Silahkan nilai sendiri ayat tersebut

  31. Clue Verity mengatakan:

    …maryam ternyata berumur lebih dari seribu tahun ketika melahirkan Isa menurut alquran….weleh..weleh…

    Jawab : pernyataan diatas jelas cuma pernyataan domba potong siap sembelih…hehehe

    Tenang saja, tidak perlu main sembelih-sembelihan segala yang menjadi ciri khas penjahat padang pasir kalau sudah kepepet, nanti juga ayatnya akan saya tampilkan… :)

    “…saudara perempuan Harun…”

    Kamu ama nenekmu buyutmu saudara nggak yah ?…nunjukin link nggak jelas lagi hehehe

    Yang gak jelas link-nya, atau Saudara yang bingung… :)

    Kalau saya sudah pasti saudaraan dengan nenek buyut saya, tapi dengan buyutnya Anda ya jelas tidak saudaraan lah, kecuali ada silsilahnya…, tidak tahu malukan namanya kalau saya ngaku-ngaku sebagai cucunya buyut Anda.
    Begitu juga hubungan Maryam dengan Harun ya harus dibuktikan dulu silsilahnya, kalau cuma ngekalaim doang ya amit-amit deh Saudara ini gak tahu malunya, Monggo dibuktikan dulu silsilahnya…mau mulai dari Harun dulu boleh, atau dari Maryam dulu juga tidak apa-apa, fleksibel saja…yang penting Saudara mampu :D

    Ingat, Klaim saudara ini akan saya tagih lagi lho selama Saudara tidak menunjukan SILSILAH antara Harun dan Maryam SEBAGAI BUKTI bahwa mereka adalah dua orang bersaudara dalam artian Harun adalah nenek/kakek buyut dari Maryam….tapi kalau Saudara tidak mampu ya tinggal akui saja, jadi saya tidak perlu untuk menagihnya terus seperti saya menagih jawaban Saudara atas pertanyaan saya pada posting sebelumnya yang juga tidak Saudara jawab… ;)

    —-

    “Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.”

    Jawab : hehehe…modal cuma komentar banyak-banyak isi kosong sama sekali…Udah skak mat tuh….kalo ayat diatas sama kayak gini :

    Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau (Musa), Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” (Ulangan 31: 8)

    Dan ternyata ayat diatas sama sekali tidak sama dengan ayat ini…kalau sama, tolong Saudara tunjukan NAMA seorang anak manusia yang bernama Imanuel pada ayat tsb….mampu..???

    —-

    …Terlalu sempit jika Saudara mencoba menerapkan Imanuel (penyertaan Allah) itu hanya ketika saat adanya suatu sistem pengairan saja, sebab Allah sudah menyertai manusia sejak jaman Adam…

    Jawab : lha wong itu syaratnya koq….maksa jadi Yesus yang nggak pernah bikin….hehehe

    baca lagi deh pelan-pelan tentang siapa itu Imanuel:

    Syaratnya tentu harus ada anak-laki yang bernama Imanuel, ayat itu tidak berbicara tentang siapa itu Imanuel, melainkan menubuatkan akan lahir seorang anak laki-laki yang bernama Imanuel, Sudah jelas gitu kok masih mau main tafsir-tafsiran segala…kebiasaan sama alquran yang bisa ditafsirin seenaknya itu ya :)

    Ada waktu yang diberikan Yesaya

    Ini waktu yang diberikan Yesaya untuk apa?
    Waktunya penjarahan yang dibatasi oleh anak Yesaya yang bernama Maher-Syalal Hash-Bas…..atau kelahiran anak laki-laki yang bernama Imanuel?

    Yesaya 8:3-4

    3. Kemudian aku (Yesaya) menghampiri isteriku; ia mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Namailah dia: Maher-Syalal Hash-Bas,

    Ayat ini merujuk pada NAMA seorang anak manusia.
    Berarti sudah jelas siapa NAMA anak Yesaya pada ayat ini, yaitu Maher-Syalal Hash-Bas ==> bukan Imanuel

    bandingkan :

    Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7:14)

    Ayat inipun merujuk pada NAMA seorang anak manusia, dan sudah jelas berdasarkan ayat yang Saudara berikan nama anak Yesaya bukanlah berNAMA Imanuel, sehingga tidak dapat menggenapi nubuat pada Yesaya 7:14 itu.

    Saya sarankan Saudara untuk melajar dulu mengenai definisi “NAMA”. :)

    4. sebab sebelum anak itu (Maher-Syalal Hash-Bas) tahu memanggil: Bapa! Ibu! maka kekayaan Damsyik dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur.”

    Artinya ketika anak Yesaya itu menginjak Dewasa “…kekayaan Damsyik dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur…”

    Maka raja Asyur mendengarkan permintaannya dan maju melawan Damsyik, merebutnya dan mengangkut penduduknya tertawan ke Kir, tetapi Rezin dibunuhnya. (2 Raja Raja 16:9)

    Kemudian majulah raja Asyur menjelajah seluruh negeri itu, ia menyerang Samaria dan mengepungnya tiga tahun lamanya. Dalam tahun kesembilan zaman Hosea maka raja Asyur merebut Samaria. Ia mengangkut orang-orang Israel ke Asyur ke dalam pembuangan dan menyuruh mereka tinggal di Halah, di tepi sungai Habor, yakni sungai negeri Gozan, dan di kota-kota orang Madai. (2 Raja Raja 17 :5-6)

    =====

    Nama anak laki-laki Yesaya adalah Maher-Syalal Hash-Bas, kok namanya mau dipaksakan menjadi Imanuel?…

    Jawab : Ya gini ini kalau cuma domba (nggak bisa mikir), Anak Yesaya itu menjadi patokan umur dari terjadinya :

    lha….ini yang lagi di omongin apa to….sejak kapan anak Yesaya yang berNAMA Maher-Syalal Hash-Bas itu menjadi Imanuel? Mau pengairan kek, mau penjarahan kek, mau dunia ini jungkir balik kek, Sampai detik inipun NAMA anaknya Yesaya ya tetap Maher-Syalal Hash-Bas, tidak pernah menjadi Imanuel.

    Imanuel itu NAMA anaknya orang….bukan NAMA anaknya Yesaya….hihihihi….

    4. sebab sebelum anak itu (Maher-Syalal Hash-Bas) tahu memanggil: Bapa! Ibu! maka kekayaan Damsyik dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur.” (Yesaya 8:4)

    PAHAM NGGAK!, kalo Yesus kejauhan tuh…hehehe

    Boleh-boleh saja kalau patokan waktu penjarahan adalah Maher-Syalal Hash-Bas, tetapi tidak merubah fakta bahwa anak laki-laki Yesaya bukan bernama Imanuel. Nubuat kelahiran anak laki-laki yang bernama Imanuel hanya tergenapi pada Yesus, sebab hanya Dialah yang bernama Imanuel.

    Untuk mempermudah pembahasan kita ini mari kita fokus pada nubuatannya itu sendiri tentang Imanuel.

    Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7:14)

    Sekarang jawab dengan tegas, Nubuat pada Yesaya 7:14 tersebut berbicara tentang apa?

    a. akan adanya sistem pengairan.
    b. akan adanya penjarahan.
    c. akan adanya kelahiran anak Yesaya yang benama Maher-Syalal Hash-Bas.
    d. akan adanya kelahiran seorang anak laki-laki yang bernama Imanuel.

  32. Clue Verity mengatakan:

    Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

    Jawab : Perempuan muda itu Abi yang melahirkan Hizkia, Yesus mah kejauhan lha wong ada jangka waktu yang diberikan Yesaya koq, makanya baca komentar tuh pelan-pelan….MAKSA…dah skak mat lagi

    Nubuat tidak terikat dengan waktu, nubuat hanya tergenapi apa bila apa yang dinubuatkan itu terjadi. Jika yang dinubuatkan adalah seorang perempuan muda akan melahirkan seorang anak laki-laki yang bernama Imanuel, maka sesuai nubuatannya harus ada seorang anak laki-laki bernama Imanuel yang dilahirkan oleh seorang perempuan muda.

    Apalagi Yesus nggak pernah bikin pengairan…nih yang dipanggil Imanuel :

    sebab itu, sesungguhnya, Tuhan akan membuat air sungai Efrat yang kuat dan besar, meluap-luap atas mereka, yaitu raja Asyur dengan segala kemuliaannya; air ini akan meluap melampaui segenap salurannya dan akan mengalir melampaui segenap tebingnya, serta menerobos masuk ke Yehuda, ibarat banjir yang meluap-luap hingga sampai ke leher; dan sayap-sayapnya yang dikembangkan akan menutup seantero negerimu, ya Imanuel!” (Yesaya 8:7-8)

    Buatlah rancangan, tetapi akan gagal juga; ambillah keputusan, tetapi tidak terlaksana juga, sebab Allah menyertai kami (imanuel)! (Yesaya 8:10)

    Jadi waktunya “imanuel” itu saat adanya suatu sistem pengairan “…akan mengalir melampaui segenap tebingnya, serta menerobos masuk ke Yehuda, ibarat banjir yang meluap-luap hingga sampai ke leher sayap-sayapnya yang dikembangkan akan menutup seantero negerimu, ya Imanuel!”.

    Ungkapan “ya Imanuel” tidak memenuhi nubuatan diatas, karena nubuatan tersebut tidak mengatakan akan lahir seorang anak laki-laki yang bernama “ya Imanuel” karena “ya Imanuel” bukanlah sebuah nama.

    Ungkapan “ya Imanuel” menunjuk kepada pribadi yang bernama Imanuel itu sendiri, dan ungkapan itu bukan hanya dikatakan oleh Yesaya saja, tetapi setiap kali saya ibadah ungkapan tersebut diucapkan oleh pemimpin ibadah dalam doa berkat untuk menunjuk kepada pribadi yang bernama Imanuel, ya itu Yesus Kristus.

    Satu hal lagi, waktunya Imanuel tidak terbatas, sebab Dia adalah Alfa dan Omega.

    Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa. (Wahyu 1:8)

    Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan. (Wahyu 21:6)

    Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.” (Wahyu 22:13)

    Alfa :

    Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.” (Yohanes 8:58)

    Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. (Yohanes 1:3)

    Omega:

    dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:20)

    IMANUEL ==> Aku (Yesus/Allah/Theos/θεος) menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman ==> inilah nama Yesus yang sudah dinubuatkan

    Selebihnya dari riwayat Hizkia, segala kepahlawanannya dan bagaimana ia membuat kolam dan saluran air dan mengalirkan air ke dalam kota, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda? (2 Raja Raja 20:20)

    Pembaca disini pada menertawakan kamu tuh(termasuk saya sampe guling-gulingan) , dan ada juga yang telah sadar ternyata selama ini mereka hanya kena kibul hehehe…

    Oya…, Saudara berani terima tantangan untuk membuktikan tuhan yang tukang ngibul dan yang sudah kena kibul itu siapa..?? :)

  33. Clue Verity mengatakan:

    …Aku tahu, bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha untuk membunuh Aku karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu. Apa yang Kulihat pada Bapa…
    (Yohanes 8:37-42)

    Jawab : untuk Yohanes pasal 8, Jangan dilewatkan ayat yang sangat penting ini :

    Mereka tidak mengerti, bahwa Ia (Yesus) berbicara kepada mereka tentang Bapa. (Yohanes 8:27)

    Jadi semua pembicaraan Yesus pada saat itu adalah tentang Bapa, tetapi mereka (orang-orang Israel) menganggap Yesus berbicara tentang dirinya sendiri…paham neng?!

    Paham…dan ayat yang Saudara pakai untuk membuktikan bahwa Yesus hasil zinah adalah ini :

    Clue Verity mengatakan: Juni 5, 2013 pada 6:28 pm
    – Kebanyakan orang Israel menganggap Yesus adalah hasil dari zina :

    Kamu mengerjakan pekerjaan bapamu sendiri.” Jawab mereka: “Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah.” ada yang mengatakan (Yohanes 8:41)

    Pertanyaan Saya : pada ayat tersebut orang israel sedang berbicara tentang Yesus atau tentang dirinya sendiri..???

    Sekalian jawab pertanyaan saya yang Saudara abaikan, padahal sudah saya katakan akan saya tagih jawaban Saudara :

    My Family mengatakan : Juni 5, 2013 pada 6:28 pm
    Sekarang coba Saudara jawab pertanyaan saya :
    Saat saya berbicara dengan Saudara dan mengatakan bahwa “saya tidak dilahirkan dari Zinah”, maka kesimpulannya Saudara adalah hasil Zinah.
    Betul atau salah?
    Jangan diabaikan pertanyaan ini karena akan saya tagih lho. :)

    Monggo…

  34. Clue Verity mengatakan:

    Clue Verity mengatakan: Juni 2, 2013 pada 5:33 pm

    Salah jelas salah sasaran tuh…sudahlah siapapun tahu bahwa Yesus bukan anak kandung dari Yusuf

    Jawab : emang bener…hehehe

    Lho…Saya juga setuju kok dengan Saudara mengenai Yesus bukan anak kandung dari Yusuf, trus masalahnya opo to…

    —-

    VS

    —-

    Clue Verity mengatakan: Juni 3, 2013 pada 7:38 pm

    Apa kamu nggak tahu kristen yang bernama Ebionit menyatakan Yesus adalah hasil perkawinan biasa dengan Yusuf…hehehe…

    Jawab : Itukan si ebionit yang kamu bilang sesat, tetapi menurut mereka (Ebionit) kamulah yang sesat.

    Sudah tau sesat masih juga Saudara sodorkan untuk dijadikan argumentasi…ck..ck..ck..

    Saya hanya menyampaikan fakta bahwa kristen-kristen awal mempunyai keyakinan seperti itu.

    Ini klaim, kalau fakta harus ada buktinya.

    Jadi yang standar ganda itu “kristen” betul donk…hehehe

    Wahahahahaha…..kali ini saya benar-benar tidak bisa tahan tertawa….silahkan para pembaca blog My Family menilai sendiri pernyataan yang sangat-sangat cerdas Saudara kita ini….hihihihihi…(Maaf, gak bisa nahan)

  35. Clue Verity mengatakan:

    Karena Imanuel sudah saya anggap SKAK MAT, pernyataan saya sekarang adalah :

    “Yang disalib adalah YUDAS YANG DIMASUKI IBLIS”

    Siapa berani membantah ?!

    Nabi sama umat podho wae….bisanya cuma main klaim, disuruh membuktikan paling-paling juga cuma klaim kosong dari tuhannya yang disodorin….tuhan tukang tipu gitu kok masih mau-maunya dipercaya. :)

    Baik, saya yang bantah pernyataan Saudara itu, sekarang buktikan bahwa “Yang disalib adalah YUDAS YANG DIMASUKI IBLIS”

    Monggo…

  36. My Family mengatakan:

    Tidak seperti biasanya pada setiap diskusi kami, Saudara Clue Verity selalu memposting setiap tanggapan dan pernyataannya begitu cepat. Sebaliknya, terkadang saya sendiri yang agak lambat untuk membalasnya yang disebabkan oleh kesibukan saya dan juga oleh karena jaringan yang tidak stabil sehingga saudara Clue Verity pernah meminta saya agar dapat cepat dalam membalas setiap postingannya, bahkan sempat melontarkan tuduhan bahwa saya tidak akan menerbitkan postingannya karena tidak dapat menjawab apa yang dinyatakannya. Tetapi hingga saat ini, saya tidak pernah tidak menerbitkan setiap postingan yang masuk, terkecuali jika ada postingan yang menggungakan kata-kata yang tidak pantas sehingga akan langsung terhapus secara otomatis oleh sistem.

    Walaupun demikian saya tetap menantiknan untuk berdiskusi dengan saudara Clue Verity karena masih ada beberapa pertanyaan yang masih belum dijawabnya pada diskusi kami.

    Dan mengenai statement dan tantangan saudara Clue Verity mengenai ““Yang disalib adalah YUDAS YANG DIMASUKI IBLIS”, saya sangat-sangat tertarik untuk membahasnya lebih dalam lagi.

    Saya berharap agar saudara Clue Verity cukup jantan seperti pada awal-awal postingnya untuk mempertahankan pernyataannya tersebut dan tidak meninggalkan diskusi seperti neter-neter sebelumnya di Blog My Family ini tanpa bisa mempertanggung jawabkan statementnya sendiri.

    JCBUs

    • Clue Verity mengatakan:

      @myfamily
      …Saya berharap agar saudara Clue Verity cukup jantan seperti pada awal-awal postingnya untuk mempertahankan pernyataannya…

      jawab : Saya juga berharap agar saudara @pecundangmyfamily cukup jantan untuk menampilkan langsung setiap komentar yang masuk tanpa harus menahannya berlama-berlama, sehingga berkesan tidak akan mempos-nya bila tidak bisa menjawab (dan ini menjadi komen saya terakhir di blog ini, bila itu terjadi lagi)

      Nah…dari bahasanya, karakter yang dibentuk oleh nabinya sudah mulai terlihat kalau sudah terdesak :)

      Sudah saya jelaskan, jika saya agak lama memposting adalah karena saya sibuk, namun masih bisa saya usahakan secepatnya. Tetapi kalau sudah masalah koneksi, apa boleh buat….sebelum bisa connect tentunya saya tidak bisa on line untuk memposting tanggapan saya. Dan kalau hal itu terjadi lagi, ya jelas diluar kemampuan saya….kalau ini adalah posting saudara yang terakhir, ya biarlah seperti itu…toh saya tidak mengundang saudara di blog saya ini, dan juga saudara tidak perlu cengang dan seperti anak kecil yang merajuk sambil ngancam-ngancam segala. Namun saya tetap menghargai saudara sebagai tamu yang masuk dalam diskusi…..terlepas dari itu semua, saya sudah cukup puas karena pada akhirnya pembaca blog My Family ini bisa melihat bagaimana tingkat kecerdasan ala pesantren dan kearoganan yang ditularkan oleh nabinya :)

      @myfamily
      Satu hal lagi, waktunya Imanuel tidak terbatas, sebab Dia adalah Alfa dan Omega…

      jawab : melki sedek lebih top lagi heheheh….penulis kitab wahyu adalah orang nggak jelas juntrungannya, mbak…belajar lagi deh

      Saudara ini lagi ngomongin apa sih? Dikasih referensi malah mbulet.
      Jadi maksud saudara kitab Wahyu itu sama seperti alquran yang disampaikan oleh orang yang nggak jelas juntrungannya, begitu?

      oh ya…yang dimaksud alfa dan omega disana adalah Allah :

      Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa. (Yohanes 1 : 8)

      seperti begini mbak :

      saya tukang tipu, kata paulus….

      oya? apa karena paulus berkata seperti itu maka dia adalah tukang tipu?

      lebih tegas lagi yang harus disembah (Tuhan) adalah Allah :

      dan ia berseru dengan suara nyaring: “Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air…” (Wahyu 14:7)

      Maka tersungkurlah aku di depan kakinya untuk menyembah dia, tetapi ia berkata kepadaku: “Janganlah berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama dengan engkau dan saudara-saudaramu, yang memiliki kesaksian Yesus. Sembahlah Allah! Karena

      Siapakah yang dimaksud dengan “Aku adalah hamba” pada ayat tsb?

      Tetapi ia berkata kepadaku: “Jangan berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama seperti engkau dan saudara-saudaramu, para nabi dan semua mereka yang menuruti segala perkataan kitab ini. Sembahlah Allah!” (Wahyu 22:9)

      Pertanyaannya sama seperti diatas

      koq kamu malah nyembah Yesus ? hehehe…

      Ya jelas dong….karena Yesus adalah Allah.
      Saya sudah membuktikannya pada awal diskusi kita disini =>> Yesus = Allah

      Sampai saat inipun Saudara tidak sanggup untuk mematahkan pembuktian saya bahwa Yesus = Allah (Theos).

      —-

      @myfamily
      Saya hanya menyampaikan fakta bahwa kristen-kristen awal mempunyai keyakinan seperti itu.

      Ini klaim, kalau fakta harus ada buktinya.

      —-

      Jawab : ayat dibawah ini adalah buktinya, masih mau membantahnya ?

      Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli, (Lukas 3:23)

      Mengapa Lukas mengatakan menurut anggapan orang? itu karena memang Yesus bukanlah anak biologis dari Yusuf.

      Jadi benarlah sudah bahwa “…menurut anggapan orang…” Yesus adalah anak diluar nikah (zina) antara Maria dan Yusuf sama persis dengan keyakinan Ebionit (kristen awal kalau kamu udah kristen bentukan paulus tarsus).

      memang benar….makanya untuk menjawab “…menurut anggapan orang…” Yesus adalah anak diluar nikah (zina) antara Maria dan Yusuf tsb, makanya saya kasih referensi ayatnya pada diskusi kita disini ==>> Bukti Yesus bukan anak diluar nikah

      wabikufrihim waqawlihim ‘alaa maryama buhtaanan ‘azhiimaan

      Dan karena kekafiran mereka (terhadap ‘Isa) dan tuduhan mereka terhadap Maryam dengan kedustaan besar (zina), (Surah: An-Nisaa – Ayat: 156)

      =============

      Yang di salib adalah Yudas yang dimasuki iblis.

      Kalau kamu cerdas (bukan tipe domba siap sembelih…hehehe), maka dengan pikiran yang waras kamu akan paham tanpa perlu dijelaskan :

      sebelum penangkapan :

      Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia. (Yohanes 13:19)

      dia siapa ? yaitu dia yang memakan roti (tubuh) Yesus yang diberikan kepadanya :

      Jawab Yesus: “Dialah itu, yang kepadanya Aku akan memberikan roti, sesudah Aku mencelupkannya.” Sesudah berkata demikian Ia mengambil roti, mencelupkannya dan memberikannya kepada Yudas, anak Simon Iskariot. (Yohanes 13 : 26)

      Saya pikir Saudara memang benar-benar cerdas….rupa-rupanya cuma menerapkan cara nyusun ayat alquran aja to :)

      Dia pada Yohanes 13:19 dijelaskan pada ayat berikutnya, Yohanes 13:20 :

      Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku.”

      Jadi Dia yang dimaksud pada Yohanes 13:19 adalah “Dia yang mengutus Aku” pada Yohanes 13:20

      Saudara mau memcoba ngeaitkannya dengan Yudas, dimana selain ayatnya terlalu jauh, perikopnyapun sudah berbeda…..Alkitab mempunyai kronologis yang jelas, kalau hal ini saudara terapkan pada alquran ya cocok, karena kronologis yang nggak jelas, isinya juga kacau balau sehingga bisa loncat semaunya nyomot ayat disana sini supaya kelihatan nyambung :)

      si “dia” yang dimasuki iblis :

      Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: “Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera.” (Yohanes 13:27)

      Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas, yang bernama Iskariot, seorang dari kedua belas murid itu. (Lukas 22:3)

      Hihihihi….Jadi cerita lucu ala pesantren karena mau memaksakan Dia pada Yohanes 13:19 adalah Yudas. :)

      dan kata “akulah dia” kembali diucapkan Yesus saat penangkapan :

      Jawab mereka: “Yesus dari Nazaret.” Kata-Nya kepada mereka: “Akulah Dia.” Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama mereka. (Yohanes 18:5)

      Lha…Yesus ada disitu, Yudas juga ada…..lantas mana buktinya bahwa yang disalibkan itu adalah Yudas?

      saya berikan klu-klu lain :

      Yesus berjanji tidak akan minum anggur kecuali setelah disorga (Matius 26:29), tetapi orang yang disalib meminum anggur sebelum matinya (Yohanes 19:30).

      Kita harus menyadari bahwa masyarakat Indonesia bukanlah peminum Wine, budaya Wine di masyarakat kita tidak begitu menonjol, sehingga kita mempunyai kata-kata yang sangat terbatas untuk bermacam-macam bentuk Wine. Dalam bahasa Indonesia macam-macam jenis wine diungkapkan dengan kata “anggur” padahal belum tentu minuman yang diistilahkan dengan “wine” itu berasal dari bahan yang sama, yaitu buah anggur. Untuk itu marilah kita tinjau hal yang Anda istilahkan dengan “kesaksian Ayat Yohanes Aneh…” dengan naskah bahasa asli Yunani, saya percaya nantinya Anda tidak akan memandangnya “aneh” lagi.

      Kata yang lazim digunakan untuk merujuk Wine yang berasal dari fermentasi buah anggur adalah kata Yunani οινος – OINOS ‘wine/anggur’ (bandingkan dengan kata Ibrani יַיִן – YAYIN).

      * Yohanes 2:9-10
      2:9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu — dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya — ia memanggil mempelai laki-laki,
      KJV, When the ruler of the feast had tasted the water that was made wine, and knew not whence it was: (but the servants which drew the water knew;) the governor of the feast called the bridegroom,
      TR, hôs de egeusato ho arkhitriklinos to hudôr oinon gegenêmenon kai ouk êdei pothen estin hoi de diakonoi êdeisan hoi êntlêkotes to hudôr phônei ton numphion ho arkhitriklinos

      2:10 dan berkata kepadanya: “Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang.”
      KJV, And saith unto him, Every man at the beginning doth set forth good wine; and when men have well drunk, then that which is worse: but thou hast kept the good wine until now.
      TR Translit, kai legei autô pas anthrôpos prôton ton kalon oinon tithêsin kai hotan methusthôsin tote ton elassô su tetêrêkas ton kalon oinon heôs arti

      Ayat ayat di atas menggunakan kata Yunani οινος – OINOS

      Terhadap ayat-ayat yang dipermasalahkan, mari kita cek ayat-ayatnya :

      * Matius 26:29
      LAI TB, Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku.”
      KJV, But I say unto you, I will not drink henceforth of this fruit of the vine, until that day when I drink it new with you in my Father’s kingdom.
      TR, λεγω δε υμιν οτι ου μη πιω απ αρτι εκ τουτου του γεννηματος της αμπελου εως της ημερας εκεινης οταν αυτο πινω μεθ υμων καινον εν τη βασιλεια του πατρος μου
      Translit interlinear, legô {Aku berkata} de {tetapi} humin {kepada kalian} hoti {bahwa} ou mê {pasti tidak} piô {Aku akan minum} ap {sejak} arti {sekarang} ek {yang keluar} toutou {ini} tou gennêmatos {hasil} tês ampelou {ini tanaman anggur} heôs {hingga} tês hêmeras {pada hari} ekeinês {itu} hotan {ketika} auto {-nya} pinô {Aku minum} meth {bersama} humôn {kalian} kainon {(anggur) yang baru} en {di dalam} tê basileia {Kerajaan} tou patros {Bapa} mou {-Ku}

      * Markus 14:25
      LAI TB, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, dalam Kerajaan Allah.”
      KJV, Verily I say unto you, I will drink no more of the fruit of the vine, until that day that I drink it new in the kingdom of God.
      TR, αμην λεγω υμιν οτι ουκετι ου μη πιω εκ του γεννηματος της αμπελου εως της ημερας εκεινης οταν αυτο πινω καινον εν τη βασιλεια του θεου
      Translit interlinear, amên {sesungguhnya} legô {Aku berkata} humin {kepada kalian} hoti ouketi ou mê {pasti tidak lagi} piô {Aku akan minum} ek {yg keluar} tou {dari} gennêmatos {hasil} tês ampelou {ini tanaman anggur} heôs {hingga} tês hêmeras {hari} ekeinês {itu} hotan {ketika} auto {nya} pinô {Aku minum} kainon {yang baru} en {di dalam} tê basileia {Kerajaan} tou theou {Allah}

      Matius 26:29 dan Markus 14:25 mencatat jelas bahwa Yesus tidak akan minum minuman yang berasal dari tanaman anggur, ini merujuk kepada minuman οινος – OINOS.

      Alkitab membedakan, selain ada kata οινος – OINOS ada juga kata οξος – OXOS, yang terdapat dalam ayat-ayat ini :

      * Matius 27:34
      LAI TB, Lalu mereka memberi Dia minum anggur bercampur empedu. Setelah Ia mengecapnya, Ia tidak mau meminumnya.
      KJV, They gave him vinegar to drink mingled with gall: and when he had tasted thereof, he would not drink.
      TR, εδωκαν αυτω πιειν οξος μετα χολης μεμιγμενον και γευσαμενος ουκ ηθελεν πιειν
      Translit, edôkan autô piein oxos {anggur asam/ cuka/ vinegar} meta kholês memigmenon kai geusamenos {setelah Ia mengecap} ouk {tidak} êthelen {Ia ingin} piein {meminum}

      * Markus 15:36
      LAI TB, Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: “Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia.”
      KJV, And one ran and filled a spunge full of vinegar, and put it on a reed, and gave him to drink, saying, Let alone; let us see whether Elias will come to take him down.
      TR, δραμων δε εις και γεμισας σπογγον οξους περιθεις τε καλαμω εποτιζεν αυτον λεγων αφετε ιδωμεν ει ερχεται ηλιας καθελειν αυτον
      Translit, dramôn de eis kai gemisas spoggon oxous {anggur asam/ cuka/ vinegar} peritheis te kalamô epotizen auton legôn aphete idômen ei erkhetai êlias kathelein auton

      Dan memang benar Yesus tidak minum minuman yang berasal dari tanaman Anggur (οινος – OINOS) sebagaimana yang telah Ia katakan dalam Matius 26:29 dan Markus 14:25:

      * Markus 15:23
      LAI TB, Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepada-Nya, tetapi Ia menolaknya.
      KJV, And they gave him to drink wine mingled with myrrh: but he received it not.
      TR, και εδιδουν αυτω πιειν εσμυρνισμενον οινον ο δε ουκ ελαβεν
      Translit, kai edidoun autô piein esmurnismenon oinon {wine/ anggur (yang berasal dari tanaman anggur)} ho de ouk elaben

      Lalu, Apakah sebenarnya yang diminum oleh Yesus?

      * Markus 15:36
      LAI TB, Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: “Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia.”
      KJV, And one ran and filled a spunge full of vinegar, and put it on a reed, and gave him to drink, saying, Let alone; let us see whether Elias will come to take him down.
      TR, δραμων δε εις και γεμισας σπογγον οξους περιθεις τε καλαμω εποτιζεν αυτον λεγων αφετε ιδωμεν ει ερχεται ηλιας καθελειν αυτον
      Translit, dramôn de eis kai gemisas spoggon oxous {anggur asam/ cuka/ vinegar} peritheis te kalamô epotizen auton legôn aphete idômen ei erkhetai êlias kathelein auton

      Ayat diatas ini tidak dijelaskan Yesus minum atau tidak, tetapi bandingkan dengan ayat yang Anda persoalkan :

      * Yohanes 19:30
      LAI TB, Sesudah Yesus meminum (?) anggur asam itu, berkatalah Ia: ‘Sudah selesai.’ Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.
      KJV, When Jesus therefore had received the vinegar, he said, It is finished: and he bowed his head, and gave up the ghost.
      TR, οτε ουν ελαβεν το οξος ο ιησους ειπεν τετελεσται και κλινας την κεφαλην παρεδωκεν το πνευμα
      Translit interlinear, hote {sesudah} oun {oleh karena itu} elaben {Dia menerima} to oxos {anggur asam/ cuka/ vinegar} ho iêsous {Yesus} eipen {Dia berkata} tetelestai {(sudah) selesai} kai {dan} klinas {menunduk} tên kephalên {kepala} paredôken {Dia menyerahkan} to pneuma {Roh}

      Yohanes 19:30 tidak menggunakan kata πινω – PINÔ, minum, sebagaimana ada di ayat Matius 26:29 dan Markus 14:25 perhatikan yang saya beri tanda tanya (?). Dalam Yohanes 19:30 menggunakan kata “ELABEN” berasal dari kata λαμβανω – LAMBANÔ, harfiah, menerima.
      Terjemahan “meminum” untuk kata “ELABEN” mungkin kurang pas, lebih pas diterjemahkan “menerima,” dalam artian menerima belum tentu meminum, atau menerima tetapi hanya “mengecap” (Yunani, γευομαι – GEUOMAI dan tidak meminumnya sebagaimana dalam Matius 27:34.

      Dalam Yohanes 19:28 dituliskan Yesus berkata “Aku haus”. Seorang Prajurit memberikan kepada Yesus anggur asam (vinegar) yang diberi mur untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi Yesus menolak (Ia hanya mengecap, lihat Matius 27:34 bandingkan Yohanes 19:30). Ini menunjukkan Ia hendak merasakan semua kesakitan salib ketika Ia menjadi Kurban karena dosa manusia. Dengan demikian Ia sungguh mengambil bagian penderitaan manusia. Yesus yang memberikan air hidup kepada manusia (Yohanes 4:14, 7:37-38) merasa sangat haus pada saat kematian-Nya bagi kita. Syukur kepada Allah!

      Banyak sekali minuman keras/ wine yang tidak berasal dari buah Anggur. Buah Apel bisa dijadikan wine dan cuka/ vinegar, sake (Japanese wine) berasal dari beras. Dan bir adalah minuman fermentasi dari gandum. Cuka/ Vinegar kebanyakan tidak berasal dari buah tanaman Anggur. Perhatikan, KJV membedakan jelas bahwa apa yang diberikan kepada Yesus dan dikecap oleh Yesus adalah VINEGAR, bukan dengan kata WINE, sebab WINE lebih ditujukan kepada kata οινος – OINOS yang berasal dari fermentasi buah Anggur. Sedangkan οξος – OXOS adalah minumam biasa bagi pekerja di ladang dan bagi tentara dari kelas rendah.

      Perbedaannya jelas, bukan?, bahwa yang sebenarnya Yesus tidak minum (Ia hanya mengecap, lihat Matius 27:34 bandingkan Yohanes 19:30), dan yang “dikecap”{ oleh Yesus di atas Kayu salib adalah οξος – OXOS, anggur asam/ cuka/ vinegar}, bukan οινος – OINOS.

      tentang selamatnya Yesus, telah dijelaskan pada Mazmur, dengan tanda tidak di permainkan musuh-musuhnya (bandingkan dengan orang yang disalib yang dipermainkan musuh-musuhnya) :

      Tetapi Engkau, ya TUHAN, kasihanilah aku dan tegakkanlah aku, maka aku hendak mengadakan pembalasan terhadap mereka. Dengan demikian aku tahu, bahwa Engkau berkenan kepadaku, apabila musuhku tidak bersorak-sorai karena aku. (Mazmur 41:10-12)

      Bandingkan dengan nubuatan yang tergenapi ini :

      Nubuat :

      Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, mereka mencibirkan bibirnya, menggelengkan kepalanya: (Maz 22:7)

      Penggenapan :

      Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala, (Mat 27:39)

      Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia, dan sambil menggelengkan kepala mereka berkata: “Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, (Markus 15:29)

      Bukti bahwa yang disalib itu adalah Yesus :

      1. Markus 15:29 diatas

      Orang-orang yang lewat berkata : “Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari”.

      yang mengatakan mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari adalah Yesus, bukan Yudas.

      Orang-orang Yahudi menantang Yesus, katanya: “Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?” Jawab Yesus kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.” Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: “Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?” (Yoh 2:18-20)

      Jadi Orang-orang yang mengolok-olok itu secara tidak langsung sudah mengkonfirmasi bahwa yang disalib itu adalah Yesus. kalau itu Yudas, apa dasarnya mereka berkata seperti itu?

      2. Yudas mati gantung diri, bukan disalib.

      Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua, dan berkata: “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah.” Tetapi jawab mereka: “Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!” Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.

      Kalau menurut Saudara yang disalib itu Yudas, lantas yang gantung diri ini siapa?

  37. Clue Verity mengatakan:

    Sebelum kamu berkomentar nggak karu-karuan dalam menanggapi komentar saya, maka saya jelaskan :

    Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa. (Wahyu 1:8)

    Lha…yang nggak karu-karuan itu siapa to :)

    seperti begini :

    paulus adalah tukang tipu, kata saya.

    sebab paulus memang telah mengaku dia berkata tidak menurut firman Tuhan.

    Apa yang aku katakan, aku mengatakannya bukan sebagai seorang yang berkata menurut firman Tuhan, melainkan sebagai seorang bodoh yang berkeyakinan, bahwa ia boleh bermegah. (2 Korintus 11:17)

    Nyomot cuma satu ayat terus bikin kesimpulan sendiri tanpa ngerti alurnya, lagi-lagi kebiasaan baca alquran diterapkan pada Alkitab….perikopnya saja sudah jelas “Paulus tidak mementingkan diri”. Apa yang diucapkan Paulus adalah sindiran untuk rasul-rasul palsu yang memegahkan diri, dan jelas sindiran tersebut bukanlah Firman Tuhan tentunya, melainkan perkataan Paulus sendiri.

    Sama seperti halnya ketika saya mengatakan bahwa saudara “SANGAT CERDAS” karena “TIDAK MENGERTI” definisi nama itu apa, dan juga yang dimaksud dengan standar ganda itu yang seperti apa….atau jangan-jangan saudara merasa bangga ya ketika saya katakan “SANGAT CERDAS” itu, sehingga menganggap apa yang dikatakan Paulus memang seperti apa adanya.

    maklum paulus hanyalah mendapat bisikan dari roh jahat yang berada dikota damsyik (tempat iblis) yang mengaku sebagai Yesus :

    ..Gunung Azazil (Jabal Muntar) di Gurun Yudea, Suriah, yang dianggap sebagai tempat dimana Azazil (iblis) dibuang ke bumi…

    How art thou fallen from heaven, O Lucifer, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations! (KJV)

    Tidak membuktikan bahwa penanpakan yang dilihat Paulus adalah iblis hanya berdasarkan teritorial saja, padahal iblispun bisa berada di sorga, dan hal tsb tidak menjadikan penghuni sorga sudah pasti iblis.

    Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis. (Ayub 1:6)

    Yesus sudah bilang agar waspada terhadap :

    1. ajaran orang Farisi

    Ketika itu barulah mereka mengerti bahwa bukan maksud-Nya supaya mereka waspada terhadap ragi roti, melainkan terhadap ajaran orang Farisi dan Saduki. (Matius 16:12)

    dan si paul adalah orang Farisi (keturunan ular beludak yang dipastikan masuk neraka) yang mengajar :

    …katanya (paulus): “Hai saudara-saudaraku, aku adalah orang Farisi, keturunan orang Farisi…(Kis 23:6)

    Hai kamu ular-ular, hai kamu keturunan ular beludak! Bagaimanakah mungkin kamu dapat meluputkan diri dari hukuman neraka? (Matius 23:33)

    Memang benar, dan bahkan Paulus berusaha membinasakan Jemaat, menyeret laki-laki dan perempuan untuk dimasukan kedalam penjara.

    Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara. (Kis 8:3)

    Bahkan dia mengancam untuk membunuh murid-murid Yesus.

    Sementara itu berkobar-kobar hati Saulus untuk mengancam dan membunuh murid-murid Tuhan. Ia menghadap Imam Besar, dan meminta surat kuasa dari padanya untuk dibawa kepada majelis-majelis Yahudi di Damsyik, supaya, jika ia menemukan laki-laki atau perempuan yang mengikuti Jalan Tuhan, ia menangkap mereka dan membawa mereka ke Yerusalem. (Kis 9:1)

    2. akan ada yang menipu dengan mengaku sebagai Yesus dan menyesatkan banyak orang :

    Jawab-Nya: “Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka. (Lukas 21:8)

    Lihat yang saya tebalin, ayat ini berbicara tentang “banyak orang” (manusia).

    inilah dia si jahat (iblis) yang mengaku sebagai Yesus :

    Kenapa disini jadi iblis yang dituduh? iblis itukan bukan manusia…maksa, tapi tetap saja nggak cocok :)

    Jawab Saulus (mr. paul): “Siapakah Engkau, Tuhan?” Kata-Nya: “Akulah Yesus yang kauaniaya itu. (Kis 9:5)

    dan kejadian si jahat yang menaburkan benih jahat kepada orang jahat, tepat di suatu jalan dekat kota Damsyik :

    Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia. (Kisah Para Rasul 9:3)

    Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat (iblis) dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu (paulus yang tidak mengerti); itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan. (Matius 13:19)

    Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. (Mat 7:20)

    Paulus adalah orang yang jahat sebagaimana yang dikisahkan oleh beberapa ayat yang saya kutip sebelumnya.

    Sekarang saya tantang saudara, setelah bertemu Yesus yang saudara katakan sebagai si jahat yang menaburkan benih jahat kepada Paulus si orang jahat ini, dapatkah saudara menunjukan satu ayat saja dimana Paulus melakukan kejahatan seperti sebelum bertemu dengan si “jahat” ini?

    Kemudian akan kita uji perbuatan Paulus si orang jahat ini ketika telah ditaburi benih oleh si jahat dengan melihat buahnya supaya kita bisa mengenal siapa Paulus dan siapa si “jahat” ini sebenarnya, karena dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

    monggo saudara buktikan kejahatan Paulus :)

    sebagaimana perkataan Petrus menanggapi surat-surat paulus :

    Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh (Taurat). (2 Petrus 3:17)

    Hihihihi….maksa lagi…..Alkitab bukan alquran yang katanya sempurna tapi nggak jelas bahasanya sehingga butuh bantuan manusia untuk menambahkan kata dalam tanda kurung supaya bisa dipahami.

    Tolong kasih link ayat yang saudara kutip diatas supaya pembaca semua bisa melihatnya kalau benar ayat tsb ada kata “Taurat” didalam tanda kurung. :)

    Tanggapan Petrus terhadap surat-surat Paulus bukan terdapat dalam 2 Petrus 3:17, tetapi 2 Petrus 3:15.

    Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya. (2 Petrus 3:15)

    Jadi sudah clear bahwa “kristen” yang tidak pernah dibuat Yesus adalah suatu ajaran sesat yang menuhankan Yesus. Dan tentang mereka (orang-orang yang telah menjadi mangsa dari serigala berbulu domba), Yesus akan menyatakan sebagai penjahat dan tak mengenal sama sekali mereka :

    Memang tidak, karena ketika datang dan masih di dalam dunia Yesus adalah manusia….tetapi ketika kembali ke sorga, maka semua kemuliaan dalam ke-Ilahian yang ditanggalkan-Nya kembali kepada-Nya. Dialah Yesus, Sang Firman yang hidup.

    Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:23)

    Nah…inilah kesempatan saudara untuk membuktikan koar-koar saudara bahwa Paulus pasti masuk neraka dengan menunjukan satu saja kejahatan yang diperbuatnya setelah bertemu dengan si “jahat”. Kalau tidak sanggup berarti saudara hanya memfitnah Paulus dan Yesus dong. :)

    silahkan direnungkan, dengan pikiran yang waras!

    Silahkan jawab saja tantangan saya diatas, dan kita lihat siapa sebenarnya yang masih waras….nuduh tanpa bukti ya tidak waras namanya, jadi silahkan jawab dan buktikan bahwa saudara memang masih waras. :)

    @myfamily
    Oya…, Saudara berani terima tantangan untuk membuktikan tuhan yang tukang ngibul dan yang sudah kena kibul itu siapa..?? :)

    Jawab : dari penjelasan saya diatas maka dengan jelas bahwa kamu (kristen yang memanggil Yesus dengan tuhan) akan masuk neraka sebagai pembuat kejahatan…jadi sudah jelas siapa yang kena kibul paulus dari tarsus dari si jahat (iblis) padang gurun suriah.

    Hihihihi….kata siapa memangil Yesus sebagai Tuhan adalah perbuatan jahat?

    Perbuatan jahat itu adalah ketika saudara melakukannya kemudian dihukum karena merugikan atau menyakiti orang lain, bahkan ketika masih hidup didunia ini, misalnya :

    Membunuh, memperkosa, menyetubuhi anak kecil usia 9 tahun (pedophilia), merampok, berzinah dengan budaknya istri, ngawinin menantu sendiri, dll. Kalau mau jelas apa itu kejahatan, baca aja kisah-kisah tentang nabi saudara itu….tidak ada satu manusiapun di dunia ini yang kejahatannya seperti beliau.

    Paulus sangat jahat sebelum bertemu dengan Yesus, tetapi setelah bertemu Yesus dia menjadi orang yang baik. Berbeda dengan nabi Saudara itu, beliau orang baik sebelum bertemu jibril di gua hira, dan setelah menjadi nabi, kejahatannya sampai saat ini belum ada satu manusia terjahat sekalipun yang mampu menandingi kebiadaban beliau.

    Cobalah saudara renungkan, ketika ada seseorang yang memancung kepala saudara, mertua saudara, serta seluruh kaum saudara demi harta duniawi kemudian memperkosa istri saudara pada hari yang sama, lalu dengan semua yang dilakukannya itu si pembunuh dan pemerkosa ini mengaku sebagai nabi, apakah menurut saudara nabi ini adalah nabi Tuhan atau nabi iblis?

    Itulah yang diperbuat oleh nabi saudara terhadap Zaynab binti al-Harith yang kemudian nabi saudara itu tewas oleh racun perempuan dari Khaibar ini.ironis, nabi yang paling diagungkan tewas oleh seorang wanita Yahudi

    Jadi manakah yang perbuatan jahat?
    1. Memanggil Yesus sebagai Tuhan atau…
    2. Melakukan perbuatan-perbuatan biadab seperti kelakuan nabi saudara itu?

  38. Clue Verity mengatakan:

    @myfamily

    Setelah menunggu terlalu lama (padahal saya tidak butuh jawaban, saya hanya ingin komentar saya diposting langsung secara utuh. Jangan kamu potong-potong terus kau jawab…heheheh),

    Enak sekali mau ngatur-ngatur…memangnya saudara ini siapa? sudah bagus saya tayangkan semua posting saudara! Ini ruang diskusi dan sebagai Admin blog My Family ini, beginilah cara saya berdiskusi dengan menanggapi setiap pernyataan saudara sebagian demi sebagian supaya tidak keluar dari topik yang didiskusikan….kenapa saudara tidak membuat blog saja dan menjadi admin di blog saudara itu, dengan begitu bukankah saudara bisa membuat pernyataan semau saudara lalu mengomentari peryataan saudara sepuasnya disitu tanpa ada yang memotong dan menanggapinya kecuali saudara sendiri!
    Kalau saudara tidak suka dengan cara orang lain dalam melakukan sesuatu, ya tidak usah seperti gembel yang nyampah di rumah orang dong…apa saudara nggak malu punya kelakuan seperti itu :)

    maka saya putuskan untuk mengakhiri komentar saya di blog pecundang ini…hehehe…bye, saya akan mencari blog “penyembah manusia terkutuk” yang lain…

    Silahkan…saya tidak heran dengan mental gembel saudara itu (maaf, kata gembel saya pakai buat orang yang tidak punya rumah, tapi suka ngotorin rumah orang). Silahkan cari sebanyak-banyaknya rumah orang lain dan nyampahlah semau saudara disitu….tetapi ingat, dimanapun saudara mau nyampah nantinya, tuan rumah tetap punya kuasa untuk menolak sampah dari gembel gentayangan yang tidak punya rumah seperti saudara ini. :)

    Posting saudara di blog ini tidak akan saya hapus….supaya setiap pembaca blog My Family ini dapat melihat sejauh mana “KECERDASAN” pengikut nabi yang kelakuannya sangat tidak bermoral itu.

    Terakhir…
    Karena saudara Clue Verity sudah memutuskan untuk mengakhiri komentarnya dan sudah pula pamit untuk mencari rumah lain yang bisa disampahinya, maka inipun adalah posting terakhirnya yang ditayangkan pada blog My Family ini.
    Selanjutnya Setiap komentar dengan alamat e-mail milik saudara Clue Verity akan secara otomatis masuk “TONG SAMPAH” dan langsung dihapus oleh Akismet sebagai spam.

    JCBUs

  39. My Family mengatakan:

    Sungguh memalukan Saudara kita yang satu ini, setiap pernyataannya sudah saya bantah dengan referensi yang jelas dan tidak ada satupun yang dapat dibantahnya melainkan mengalihkan topik pada posting berikutnya. Dan dari sekian pertanyaan saya, tidak ada satupun yang dapat dijawabnya.

    Setelah dia bongkar sendiri kearoganannya dan pamit dari blog My Family ini untuk bergentayangan nyampah di blog yang lainnya, sekarang muncul lagi degan nama dan email yang lain untuk mengajak saya berdiskusi. Mungkin karena melihat keadaan dirinya sendiri, lantas dipikirnya semua orang itu sama dengan dia, dapat dibodoh-bodohin dengan mudah.

    Setiap orang mempunyai ciri khas gaya bahasa tersendiri yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya dalam menulis, sehingga walaupun berganti nama ataupun email (diganti 100 kali juga bisa kalau mau), tetapi kita tetap dapat mengenali siapa orang tersebut dari gaya bahasa tulisannya tsb….jadi maaf Saudara Crustiery alias Clue Verity, silahkan bergentayangan dan mencari blog lain untuk disampahi. Sampah saudara di blog My family ini sudah cukup banyak, tetapi seperti yang saya katakan, saya tidak akan menghapusnya supaya pembaca blog My family ini dapat melihat bahwa tidak ada apapun yang dapat dibanggakan dari keyakinan saudara selain sampah. :)

    NB:
    Sama seperti sebelumnya, posting denga alamat email Crustiery juga akan secara otomatis masuk “TONG SAMPAH” dan langsung dihapus oleh Akismet sebagai spam sebelum saya sendiri sempat membacanya.

    JCBUs

    • toni mengatakan:

      Tidak semua kebenaran agama bisa diungkapkan dan didefinisikan dengan jelas dan logis, karena semua agama diarahkan kepada realitas tak terucapkan yang melampaui konsep dan kategori rasional sehingga ucapan pun jadi membatasi dan membingungkan.

      Shallom…

      Menurut saya, justru kebenaran agama harus bisa diungkap, jika tidak bisa maka sangatlah bodoh apabila kita mengikuti agama yang kita sendiri tidak mengetahui kebenarannya.

  40. Abdillah Aji Sasmito mengatakan:

    Hmm panjang amat komentarnya pegel sampe bawah scrolling mouse :)

  41. Abdillah Aji Sasmito mengatakan:

    Panjang amat komentarnya pegel scroling mouse sampai ke bawah :)

  42. telo mengatakan:

    semua takhayul belaka, angan2, ilusi, penuh dengan kepalsuan

    Betul….tetapi hanya bagi mereka yang tidak tahu kebenarannya :)

  43. R.Abdullah Sani mengatakan:

    mohon maaf saudaraku sebelumnya.sebagai manusia yg diberi akal & fikiran yg bisa membedakan yang benar & yang tidak benar harus melalui belajar &belajar serta mengkaji apa yg telah kita dapat dari pejaran itu seblelum menentukan keyakinan kita,apakah kita suda mencari atau pengakuan dlam sebuah kiatab yg menyatakan akulah tuhanmu & sembahlah aku ! kalau tidak ada ngapain kita repot2 menyembahnya.gitu aja kok repoooot…

    Shallom…
    Menurut saya itu adalah pemikiran yang naif…

    Kita sebagai manusia dikaruniakan nurani dan akal budi agar digunakan untuk mengenal Tuhan Yang benar. Bagi saya pribadi, Tuhan bisa dikenali melalui kuasa dan kasihnya tanpa harus mengatakan apapun.

    Adalah bodoh jika kita menyembah si kuntet hanya karena si memed membuat kitab yang didalamnya berisi kuntet berkata : “akulah tuhanmu, tiada tuhan selain aku, sembahlah aku”…..lalu dengan begitu bodohnya otak untuk berpikir ditaruh ditempat yang paling bawah, sementar pantat menggantikan posisi otak yang seharusnya mendapat tempat paling atas dari tubuh kita. Bukan tanpa alasan Tuhan meletakan otak dikepala, tetapi si memed telah membuatnya menjadi terbolak-balik…pernahkah penyembah si kuntet memikirkan hal ini…???

    Bagaimana menurut Saudara R.Abdullah Sani :)

  44. toni mengatakan:

    injil yohanes 13:13 sangat menyesatkan karena yesus mengatakan dirinya Tuhan hanya ada di injilnya umat kristen Indonesia, injil tertua itu berbahasa yunani dan tdk ada kata Tuhan tetapi tuan sehingga terjemahan dalam bhs Inggris itu Lord=tuan jadi bukan Tuhan. Pernah dikisahkan seorang penerjemah dari Ende thn 1965 ingin menterjemahkan alkitab Yunani kedalam bhs Indonesia sempat bingung dia mengatakan “sebenarnya kata Tuhan dlm injil yg sekarang tdk tepat tapi kami sungkan untuk menggantinya karena sdh terlanjur umum dipakai”. saya kira umat kristen Indonesia banyak2 belajar bhs yunani dan baca bible bhs Inggris.

    Apakah Saudara Toni sudah mencek dan ricek dikamus Inggris-Indonesia arti dari kata “Lord” = “Tuan” saja, ataukah “Lord” = “Tuhan” juga?

    Kejujuran saudara menjawab pertanyaan saya diatas akan membuktikan siapa yang berada dalam kebenaran dan siapa yang sesat.

    Setelahnya baru akan saya jabarkan mengapa “Lord” dipahami sebagai “Tuhan” :)

    JCBU

    • toni mengatakan:

      dasarnya alkitab dari bahasa yunani bukan inggris jadi anda harus menjabarkan dalam bahasa yunani ke dalam bahasa Indonesia bukan dalam bahasa inggris ke bahasa Indonesia.

      Lantas apa maksudnya saudara menulis seperti ini sebelumnya? Tolong jelaskan kalimat saudara yang saya tebalin :

      toni mengatakan: Agustus 10, 2013 pada 8:42 pm
      injil yohanes 13:13 sangat menyesatkan karena yesus mengatakan dirinya Tuhan hanya ada di injilnya umat kristen Indonesia, injil tertua itu berbahasa yunani dan tdk ada kata Tuhan tetapi tuan sehingga terjemahan dalam bhs Inggris itu Lord=tuan jadi bukan Tuhan. Pernah dikisahkan seorang penerjemah dari Ende thn 1965 ingin menterjemahkan alkitab Yunani kedalam bhs Indonesia sempat bingung dia mengatakan “sebenarnya kata Tuhan dlm injil yg sekarang tdk tepat tapi kami sungkan untuk menggantinya karena sdh terlanjur umum dipakai”. saya kira umat kristen Indonesia banyak2 belajar bhs yunani dan baca bible bhs Inggris.

      Dan juga, siapa nama penerjemah Ende dalam kisah tsb? kalau ada tolong disertakan referensinya, lebih baik lagi jika Saudara sertakan linknya kalau ada supaya bisa kita periksa bersama apakah memang benar pernyataannya seperti yang Anda katakan itu, atau hanya hoax saja yang memang sudah menjadi hal biasa dikalangan umat islam….atau mungkin juga hanya bisa-bisanya Saudara saja agar Alkitab kelihatan salah terjemahan :)

      JCBU

  45. toni mengatakan:

    yohanes 13:13 sangat menyesatkan karena yesus menyatakan Tuhan hanya dalam alkitabnya kristen Indonesia, injil tertua bahasa aslinya Yunani tdk ada kata Tuhan melainkan tuan, sehingga dlm terjemahan bahasa inggris lord=tuan bukan God=Tuhan. silahkan baca sendiri dalam bible yunani atau inggris. Pernah dikisahkan seorang penerjemah alkitab dari Ende thn 1965 yg ingin menterjemahkan alkitab bhs yunani sempat bingung shg dia berkata “sebenarnya kata Tuhan dlm alkitab itu tdk tepat tapi kami segan untuk menggantinya karena sdh terlanjur umum dipakai”. jadi sangat lucu jika anda memakai dasar yohanes 13:13 untuk memperkuat argumen bahwa yesus itu Tuhan.

  46. toni mengatakan:

    jika anda tahu itu adalah kesesatan tapi tetap mempertahankan kesesatan itu maka dosa besarlah bagi anda karena memelihara kesesatan dan mengajak orang lain ikut tersesat, serta berpaling dari kebenaran.

    Benar sekali bagi orang yang mempertahankan kesesatan….kebenaran itu absolut, dan Alkitab adalah kebenaran, justru sesat dan besarlah dosa saya apabila mengatakan kebenaran Alkitab sebagai sesuatu yang tidak benar :)

  47. Rinto mengatakan:

    semua yang diajarkan yesus umat islamlah yang melaksanakan apa yang diperintahkan Allah pada umatnya dengan perantaranya,

    Kalau memang benar seperti yang Saudara katakan itu…, bisakah Saudara sebutkan ajaran Yesus yang mana yang dilaksanakan oleh umat isalam?
    Apakah umat islam melaksanakan amanat agung Yesus berikut ini?

    Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”(Matius 28:19-20)

    Adakah 1 orang saja umat islam yang dibaptis mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus? Anda sendiri mungkin orangnya? Jika tidak ada, dan Anda sendiri juga tidak melaksanakan ajaran Yesus tersebut, lha…koq bisa-bisanya ngaku-ngaku kalau umat islamlah yang melaksanakan ajaran Yesus…??? Self proclaim itu namanya bung :)

    sementara umat kristen meninggalkannya dan mengikuti ajaran paulus diantaranya makan babi, tidak sunat, minum minuman keras dan msh bnyk lagi.

    Loh…justru umat kristen yang melaksanakan ajaran Yesus yang ini:

    Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang. (Matius 15:11)

    Mengenai sunat sudah pernah saya bahas pada posting-posting sebelumnya klik ==>> disini

    Mengenai minum minuman keras, bisakah Saudara tunjukan ayatnya? Sekalian “dan msh bnyk lagi” itu apa saja? Supaya bisa kita buktikan disini siapakah yang melaksanakan ajaran Yesus, umat islam atau kristen….jadi tidak asal klaim yang menjadi ciri khas umat islam itu :)

    sementara yesus dalam beribadah selalu hari sabat (sabtu) sedangkan umat kristen yg mengatakan pengikut yesus beribadah hari minggu. bagaimana mungkin hari sabat yg diagungkan dlm alkitab berubah jd hari minggu. apa ada dasarnya ibadah itu hari minggu?.

    Dasarnya, karena Yesus yang adalah Tuhan atas hari sabat berkata demikian:

    Lalu kata Yesus kepada mereka: “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat, jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat.” (Markus 2:27)

  48. Rinto mengatakan:

    banyak sekali ayat di dalam injil yg kontradiksi dan berselisih jadi tidak pantas injil dikatakan kitab suci, lebih pantas disebut buku sejarah yg amburadul.

    Shallom…

    Semua orang bisa asal claim begini dan begitu…..tetapi tanpa ada pembuktian ya hanya sekedar claim kosong saja to :)

    JCBU

    • arga makmur mengatakan:

      UNTUK BPK. PENDETA COBALAH MELAKUKAN DEBAT AGAMA KHUSUSNYA DENGAN AGAMA ISLAM JADI DAPAT MEMBERIKAN PEMAHAMAN KE ANGGOTA DAN MENDAPATKAN PEMAHAMAN YANG SEIMBANG..LAKUM DIINUKUM WAALIYADIN.

  49. Mbahe mengatakan:

    @Rinto
    Memang Injil adalah buku sejarah tetapi sejarah yang memiliki PESAN,….apa pesan dan sejarah Al’Koran dan hadist…… ?

    salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s