bagian 3_bab18

Bagian 3
Warisan Yesus dan Muhammad Dalam Perkataan dan Perbuatan

Bab 18
Perbandingan Pengajaran Praktis

Sekarang anda memiliki latarbelakang sepenuhnya untuk memahami Yesus dan Muhammad, perbandingan sederhana ayat dengan ayat.akan lebih jelas bagi anda. Berikut ini adalah delapan contoh pengajaran praktis.

MAKANAN DAN MINUMAN TERLARANG

Muhammad

Baik minum alkohol dan makan babi dilarang untuk Muslim (dan lain-lainnya).

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan.

Surah 5:90

Katakanlah: ‘Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi, karena sesungguhnya semua itu kotor atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah.

Surah 6:145

Muhammad sendiri menghukum beberapa orang yang telah meminum anggur.

‘Anas melaporkan bahwa Rasul Allah sering memukul empat puluh kali dengan sepatu dan cabang palem (yang meminum) anggur’1.

Yesus

Yesus tidak menentukan keimanan seseorang dari apa yang mereka makan atau minum. Dia berkata :

‘Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya, karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?’ Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal. Kata-Nya lagi : ‘Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.’

Markus 7:18-23

penekanan ditambahkan

PUASA

Muhammad

Muhammad memerintahkan Muslim untuk puasa dari doa yang pertama (sekitar pukul 4 pagi) dan doa keempat (sekitar pukul 5 sore) selama bulan suci Ramadan.

‘(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Surah 2:185

Yesus

Yesus tidak mewajibkan murid-murid untuk puasa

Pada suatu kali ketika murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa, datanglah orang-orang dan mengatakan kepada Yesus: ‘Mengapa murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?’ Jawab Yesus kepada mereka: ‘Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka? Selama mempelai itu bersama mereka, mereka tidak dapat berpuasa. Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

Markus 2: 18-20

Yesus jarang menyebutkan puasa, kecuali sekali saat Ia mengatakan iblis akan diusir hanya melalui ‘doa dan puasa’ (Matius 17:21; Markus 9:29).

MENGHAKIMI SESAMA

Muhammad

Jika Muslim melihat seseorang melanggar hukum Islam, Muhammad memerintahkan mereka untuk melakukan sesuatu tentang itu :

‘Saya mendengar Rasulullah berkata:’ Siapa di antara Anda harus melihat sesuatu yang buruk harus mengubahnya dengan bantuan tangannya, dan jika ia tidak cukup kuat untuk melakukannya, maka harus melakukannya dengan ucapannya, dan jika ia tidak cukup kuat melakukannya, maka harus (membencinya) dari hati, dan ini adalah yang paling sedikit dari iman’ 2.

Yesus

Yesus mengatakan pada pengikutNya untuk memeriksa diri sendiri, bukan mencari kesalahan orang lain.

Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.’

Matius 7:1-5

DENDAM

Muhammad

‘Jika kamu mendapat luka (pembunuhan), maka sesungguhnya kaum (kafir) itu pun mendapat luka (pembunuhan) yang serupa.

Sura 3:140

Yesus

Kamu telah mendengar firman : Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Matius 5:38-42.

MENGUTUK MUSUH

Muhammad

Muhammad, pada saat berdoa terkadang mengutuki orang-orang.  Seorang Muslim melaporkan cerita berikut :

Kemudian ia mendengar bahwa Nabi, setelah mengangkat kepalanya dari sujud di sembahyang subuh, berkata: ‘Ya Allah, Tuhan kami! Semua pujian bagiMu. ‘ Dan pada (Rak’a) terakhir berkata: ‘Ya Allah kutuklah orang ini dan itu ‘3.

Yesus

Bandingkan perilaku Muhammad SAW dengan doa Yesus saat ia menderita di salib :

Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan-Nya dan seorang di sebelah kiri-Nya. [Demikian genaplah nas Alkitab yang berbunyi: ‘Ia akan terhitung di antara orang-orang durhaka.’] Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia, dan sambil menggelengkan kepala mereka berkata: ‘Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, turunlah dari salib itu dan selamatkan diri-Mu!’ Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli Taurat mengolok-olokkan Dia di antara mereka sendiri dan mereka berkata: ‘Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Baiklah Mesias, Raja Israel itu, turun dari salib itu, supaya kita lihat dan percaya.’ Bahkan kedua orang yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela Dia juga.

Markus 15:27-32

Yesus berkata : ‘Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.’ Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.

Lukas 23:34

MENGAMPUNI ORANG-ORANG YANG MENYAKITI KAMU

Muhammad

Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka Barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang lalim. Dan sesungguhnya orang-orang yang membela diri sesudah teraniaya, tidak ada suatu dosa pun atas mereka. Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat lalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih. Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.

Surah 42:40-42

Yesus

Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu. Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu. Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka. Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosa pun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka. Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun berbuat demikian. Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak. Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

Lukas 6:29-35

PEDANG

Muhammad

Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin itu untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antaramu, mereka dapat mengalahkan seribu daripada orang-orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.

Surah 8:65

Yesus

Maka majulah mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya. Tetapi seorang dari mereka yang menyertai Yesus mengulurkan tangannya, menghunus pedangnya dan menetakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya. Maka kata Yesus kepadanya: ‘Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang.

Matius 26:50-52

TAHANAN

Muhammad

Tidak patut, bagi seorang Nabi mempunyai tawanan sebelum ia dapat melumpuhkan musuhnya di muka bumi.

Sura 8:67

Yesus

Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.

Lukas 4:18-19,

penekanan ditambahkan

Kesimpulan

Ada banyak perbandingan lain yang dapat dibuat, tetapi ini akan memberikan anda beberapa contoh yang cukup. Jika anda melanjutkan terus mempelajari kehidupan Yesus dan Muhammad, anda akan menemukannya lebih banyak sendiri.

Bab ini menyimpulkan bagian ke tiga dari buku ini : ‘Warisan Mereka Dalam Perkataan Dan Perbuatan‘. Di bagian terakhir bagian dari buku ini, saya mempersembahkan bab yang merangkum semua informasi yang telah anda baca sejauh ini, dan saya memakai bab terakhir untuk mengakhiri kisah pribadi saya tentang menemui Yesus dan Muhammad berdampingan.

Bagian 4

Kesimpulan Buku Yesus dan Muhammad

Bab 19
Rangkuman Poin Kunci Buku Yesus dan Muhammad